x

Butuh 17 Tahun Untuk Pendukung Manchester United Bikin Glazer Out

Rabu, 23 November 2022 21:22 WIB
Editor: Juni Adi
Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Christian Eriksen ke gawang Fulham, Senin (14/11/22) dini hari WIB REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM - Perjuangan pendukung klub Liga Inggris (PremIer League), Manchester United untuk mengusir keluarga Glazer dari kepemilikan klub akhirnya segera menemui titik terang.

Di sela-sela kemeriahan Piala Dunia 2022, publik sepak bola dunia dikejutkan dengan kabar akan dijualnya Manchester United oleh pemilik saat ini, keluarga Glazer.

Hal itu dikonfirmasi oleh Manchester United langsung melalui laman resmi klub, pada Rabu (23/11/22) dinihari WIB. 

Dalam rilis yang disampaikan, Dewan Direksi Manchester United siap mencari alternatif strategi untuk masa depan

Manchester United, di antaranya opsi untuk membuka investasi baru dan penjualan klub.

Baca Juga

"Manchester United salah satu klub sepak bola bersejarah dan salah satu tersukses di dunia, mengumumkan akan memulai proses penjajakan alternatif strategi klub dari Dewan Direksi," tulis rilis MU.

"Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain yang melibatkan Perusahaan," jelas pernyataan The Red Devils.

Baca Juga

Dalam pengumuman itu juga keluarga Glazer memberikan satu syarat untuk melepas klub, yakni pemilik baru bisa mengembangkan secara prestasi atau global komersial.

"Ini akan mencakup penilaian terhadap beberapa inisiatif untuk memperkuat klub, termasuk pembangunan kembali stadion dan infrastruktur, dan perluasan operasi komersial klub dalam skala global,

"Masing-masing dalam konteks meningkatkan kesuksesan jangka panjang tim putra, putri, dan akademi klub, serta membawa manfaat bagi penggemar dan pemangku kepentingan lainnya," tulis Setan Merah.

Baca Juga

1. Dijual Usai Dibongkar Boroknya Oleh Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saat laga Liga Inggris antara Everton vs Manchester United

Gonjang ganji internal Manchester United hingga memaksa pemilik saat ini keluarga Glazer pergi dari klub, tidak lepas dari konflik yang tercipta baru-baru ini dengan pemainnya Cristiano Ronaldo.

Bintang asal Portugal itu membongkar borok klub mulai dari manajemen, fasilitas klub, para pemain muda hingga pelatih Erik ten Hag.

Wawancara ini lantas mengguncang sepak bola dunia dan membuat timbulnya pro-kontra terkait Ronaldo. 

MU dan para pemain kabarnya sudah dibikin kecewa dengan pernyataan tersebut. 

Selang sepekan setelahnya, Setan Merah lantas mengumumkan kepergian Ronaldo yang baru kembali ke Old Trafford dua tahun lalu. 

Baca Juga

Pada periode keduanya ini, Ronaldo telah membuat 27 gol dari 54 laga. 

"Cristiano Ronaldo secepatnya akan meninggalkan Manchester United setelah kedua belah pihak mencapai kesepakatan bersama," bunyi rilis Manchester United.

Baca Juga

"Klub berterima kasih atas kontribusi luar biasa dari Cristiano dalam dua periode berseragam Manchester United di Old Trafford."

Jika United dijual langsung, itu akan menjadi klub papan atas terbaru yang berpindah tangan.

Setelah Roman Abramovich menyetujui penjualan £2,5 miliar Chelsea ke konsorsium yang dipimpin oleh pengusaha Amerika Serikat, Todd Boehly awal tahun ini. 

Baca Juga

2. Butuh 17 Tahun untuk Buat Glazer Out

Suporter Man United bentangkan spanduk bertuliskan 'Cinta United, Benci Malcolm Glazer'.

Keluarga Glazer menjadi pemilik dari Manchester United pada tahun 2005. Namun caranya merebut klub mendapat kecaman dari banyak pihak termasuk pendukungnya sendiri.

Sebab, keluarga Glazer membeli Manchester United tanpa mengeluarkan sepeserpun uang, ia membeli dengan cara berhutang menggadaikan seluruh aset klub kepada bank.

Setelah resmi membeli Manchester United, Glazer kemudian menjadikannya mesin uang, mengingat klub ini adalah salah satu yang memiliki basis penggemar terbanyak di dunia.

Di sisi lain, sejak saat itu juga pendukung Manchester United terus mengkampanyekan aksi untuk mengusir Glazer keluar dari klub.

Keluarga Glazer semakin mendapat pandangan sinis dari para penggemar usai melempemnya performa tim dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga

Dikutip dari Sky News, pasukan Old Trafford tidak pernah lagi meraih trofi Liga Inggris sekali sejak 2013 silam. Krisis manajer setelah kepergian Sir Alex Ferguson disinyalir sebagai akar persoalan.

Perjuangan para pendukung Manchester United untuk menolak kehadiran Glazer akhirnya mulai membuahkan hasil setelah 17 tahun.

Baca Juga

Basis fans United ikut ambil bagian dalam berbagai protes, karena kurangnya investasi Glazers dan keterlibatan besar dalam bencana Liga Super Eropa. 

Apalagi, klub tetap tanpa trofi Liga Primer Inggris sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013.

Ketika penjualan apa pun kemungkinan akan memakan waktu, calon pelamar sebelumnya akan siap-siap mengambil alih. 

Miliarder fans United Sir Jim Ratcliffe merupakan salah satu nama yang dikaitkan dengan klub di masa lalu.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoMalcolm GlazerAvram GlazerLiga Primer InggrisLiga InggrisEdward GlazerJoel Glazer

Berita Terkini