x

Piala Dunia 2022: Berkat AC Milan, Olivier Giroud Ukir Tinta Emas Bersama Timnas Prancis

Rabu, 23 November 2022 16:18 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Selebrasi striker Prancis, Olivier Giroud usai menjebol gawang Australia di pertandingan Grup D Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Issei Kato).

INDOSPORT.COM – Bintang AC Milan, Olivier Giroud berhasil mengukir tinta emas di Timnas Prancis pada ajang Piala Dunia 2022.

Olivier Giroud berhasil mencetak gol yang ke-51 dengan berseragam timnas Prancis. Dengan torehan ini ia berhasil menyamai rekor Thierry Henry, sang legenda Les Bleus.

Pemain berusia 36 tahun ini berhasil mencetak dua gol ketika melawan Australia dalam pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia 2022.

Prancis berhasil menang 4-1 atas tim negara Kanguru. Olivier Giroud tampil gemilang dengan dua gol yang dilesatkan pada menit ke-32’ dan 71’. Dua gol lain dicetak oleh Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe.

Torehan ini menjadi bersejarah karena, bukan hanya total 51 gol yang ia lesatkan, striker AC Milan itu menjadi pemain tertua di Piala Dunia dengan usia 36 tahun 54 hari.

Baca Juga

Olivier Giroud mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2022 pada menit ke-32. Ia berhasil memanfaatkan assist dari gelandang Juventus, Adrien Rabiot.

Lalu, gol keduanya pada laga ini tercipta melalui kerjasama apik Giroud bersama Kylian Mbappe. Dimana gol ini menjadi catatan sejara bagi dirinya.

Baca Juga

Selain itu, Olivier Giroud turut mencetak sejarah dengan menjadi pemain tertua pada gelaran ini, striker AC Milan itu turut menjadi pemain paling tua yang mencetak gol di Piala Dunia 2022.

Butuh 11 tahun bagi Giroud untuk dapat mencapai 51 gol di Timnas Prancis. Kala itu, pemain AC Milan debut dengan Les Bleus pada laga persahabatan melawan AS pada 11 November 2011.

Sementara itu, gol pertama Olivier Giroud bersama dengan timnas Prancis terjadi pada pertandingan melawan Jerman pada Februari 2012.

Baca Juga

1. Tulang Punggung AC Milan

Olivier Giroud, pemain AC Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Olivier Giroud namanya melambung setelah berhasil mengantarkan Montpellier juara Ligue 1. Dimana saat itu, klub ini tidak diunggulkan sama sekali.

Berhasil menorehkan penampilan gemilang di Ligue 1, striker Les Blues itu dilirik oleh banyak klub top Liga Inggris seperti Arsenal hingga Chelsea. Sampai pada akhirnya ia bergabung dengan AC Milan pada awal musim lalu.

Bergabung dengan AC Milan pada awal musim 2021-2022, Giroud memberikan penampilan ciamiknya pada musim pertama bersama dengan Rossoneri.

Menariknya, Giroud turut menyebutkan, AC Milan merupakan klub yang ia idolakan sejak kecil. Bukan tanpa sebab, tim Stefano Pioli itu mejeng di klasemen atas Serie A.

Saat ini, pada klasemen Serie A, AC Milan bertengger di posisi kedua berada di bawah Napol dengan selisih delapan poin. Sementara, kasta tertinggi Italia ini akan bergulir kembali pada 4 Januari 2023.

Baca Juga

Melansir dari Transfermsrkt, Olivier Giroud berhasil mencetak 14 gol serta empat assist dari 38 pertandingan. Tentu, perolehan ini terbilang mentereng bagi pemain yang usianya tak muda lagi.

Pemain andalan Timnas Prancis ini berhasil mengantarkan AC Milan juara Piala Italia 2021/2022. Hingga saat ini, Giroud masih menjadi pemain andalan Stefano Pioli.

Baca Juga

Kini, ia menjadi pemain andalan AC Milan dalam beberapa pertandingan. Selama musim 2022-2023, Giroud berhasil menorehkan 17 laga di berbagai kompetisi.

Dalam musim ini, Olivier Giroud masih menunjukkan tajinya dengan menorehkan delapan gol dan empat assist untuk AC Milan sepanjang musim ini.

Sementara itu, kontrak Olivier Giroud dengan Rossoneri akan berakhir pada akhir musim ini. menurut beberapa pakar, AC Milan tak ingin melepasnya dengan sia-sia.

Baca Juga

Sumber: Football Italia

PrancisAC MilanOlivier GiroudPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini