x

Profil Mohammed Al-Owais, Kiper Arab Saudi yang Sukses Membuat Argentina Menangis

Rabu, 23 November 2022 08:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Aksi Mohammed Al-Owais menyelamatkan gawang Arab Saudi dari gempuran Argentina di Piala Dunia 2022 (REUTERS/Marko Djurica)

INDOSPORT.COM - Berikut profil kiper Arab Saudi bernama Mohammed Al-Owais yang baru saja tampil luar biasa dengan membuat Argentina menangis di laga perdana Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Mohammed Al-Owais tampil kesetanan saat Arab Saudi bersua Argentina di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 pada Selasa (22/11/22) malam WIB.

Bermain di Lusail Stadium, Doha, Qatar, penampilan Mohammed Al-Owais sukses membawa Arab Saudi meraih kemenangan bersejarah atas Argentina dengan skor 2-1.

Tim besutan Herve Renard sebenarnya sempat kebobolan lebih dulu setelah Lionel Messi mampu mencetak gol lewat titik putih pada menit ke-10.

Namun usaha keras tim nasional berjulukan Green Falcons membuahkan hasil dengan berhasil membobol gawang Argentina sebanyak dua kali.

Baca Juga

Arab Saudi melakukan comeback berkat gol dari Saleh Al-Shehri pada menit ke-48 dan tembakan indah, Salem Al-Dawsari di menit ke-53.

Tertinggal dua gol membuat Lionel Messi dkk tidak menyerah. Mereka terus mengurung Arab Saudi dan melakukan gempuran ke jantung pertahanan lawan.

Baca Juga

Akan tetapi, penampilan luar biasa Mohammed Al-Owais di bawah mistar gawang Arab Saudi membuat Argentina harus gigit jari.

Hingga wasit meniupkan peluit akhir babak kedua, Arab Saudi sukses memenangkan laga perdana Piala Dunia 2022 dengan skor 2-1 atas Argentina.

Baca Juga

1. Mohammed Al-Owais Jadi Pahlawan di Laga Argentina vs Arab Saudi

Aksi Kiper Arab Saudi, Mohammed Al-Owais di Piala Dunia 2022 (REUTERS/Carl Recine)

Mohammed Al-Owais tampil kesetanan saat membela Arab Saudi melawan Argentina di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022 Qatar.

Menurut perhitungan Squawka, Mohammed Al-Owais melakukan rekor penyelamatan terbanyak dalam satu laga di Piala Dunia 2022. Ia tercatat sukses melakukan lima kali penyelamatan.

Salah satu penyelamatan luar biasa terjadi di masa injury time, saat itu dirinya berhasil menahan tandukan Julian Alvarez dari jarak dekat.

Baca Juga

Selain itu, Al-Owais juga tampil brilian dengan gerakan off-the-ball. Ia memainkan peran sebagai sweeper-keeper, melakukan intervensi untuk menghalau bola-bola panjang dari lini tengah.

Sebelumnya, rekor penyelamatan terbanyak dalam satu laga di Piala Dunia 2022 dipegang oleh kiper Belanda, Andries Noppert.

Baca Juga

Noppert tercatat melakukan empat kali penyelamatan. Namun rekor tersebut kini pecah di tangan kiper Arab Saudi, Mohammed Al-Owais.

Untuk mengetahui profil singkat Mohammed Al-Owais, kalian bisa klik slide ketiga berita ini.

Baca Juga

2. Profil Singkat Mohammed Al-Owais

Selebrasi Arab Saudi Salem Al-Dawsari merayakan gol kedua mereka dengan rekan setimnya. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Mohammed Al-Owais lahir di Al Hofuf, Arab Saudi pada 10 Oktober 1991 silam. Ia memulai karier sebagai pemain sepak bola profesional dengan bergabung Al-Shabab pada Juli 2012 silam.

Lima tahun bersama Al-Shabab, ia kemudian pindah ke Al-Ahli pada Juli 2017 hingga 2022. Kini kiper berusia 31 tahun tersebut memperkuat Al-Hilal.

Melihat dari catatat Transfermarkt, Mohammed Al-Owais tidak memiliki pengalaman berkarier di luar Arab Saudi. Bahkan musim ini ia menjadi pemain terpinggirkan di klub.

Sejak bergabung Al-Hilal, dirinya hanya jadi penghangat bangku cadangan. Di musim ini, Mohamed Al-Owais sama sekali belum pernah tampil di kompetisi Arab Saudi.

Meski begitu, ia memiliki pengalaman luar biasa di bawah mistar dengan pernah meraih pengharagaan kiper terbaik di Liga Profesional Saudi pada musim 2017/18 lalu.

Kemudian di level tim nasional, Al-Owais tercatat sudah tampil sebanyak 42 kali. Patut untuk ditunggu penampilan selanjutnya di laga kedua Grup C Piala Dunia 2022.

Setelah mengalahkan Argentina, Arab Saudi dijadwalkan bersua Polandia di pertandingan kedua fase Grup C Piala Dunia 2022 pada Sabtu (26/11/22) pukul 20.00 WIB.

ArgentinaLionel MessiPiala DuniaQatarArab SaudiPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini