x

Termasuk Brasil vs Argentina, 5 Rivalitas Paling Panas Antar Negara Piala Dunia

Kamis, 24 November 2022 15:41 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Dani Alves menggiring bola sambil dikawal ketat oleh pemain Argentina.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah 5 rivalitas paling panas antar negara Piala Dunia, di mana ada duel dua negara dari Amerika Selatan, Brasil vs Argentina.

Dalam olahraga terkhusus sepak bola rivalitas antar klub mungkin sudah menjadi hal yang biasa di antara pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Namun, jika yang terjadi adalah rivalitas antar negara itu baru hal lain. Tidak ada bedanya dengan rivalitas antar klub, rivalitas antar negara pastinya juga berjalan sengit.

Biasanya, rivalitas yang terjadi diakibatkan adanya hubungan politik yang memanas hingga sejarah pahit di antara kedua negara.

Selain itu, hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya rivalitas di antara kedua negara adalah karena seringnya dua negara itu bertemu.

Baca Juga

Sebut saja rivalitas yang terjadi di antara Brasil dan Argentina. Kedua negara tersebut memang terkenal sebagai poros sepak bola di benua Amerika.

Tak hanya itu, kedua negara tersebut juga menjadi produsen utama pemain-pemain terbaik dunia saat ini. Sebut saja Pele, Diego Maradiona, Ronaldo, Ronaldinho, Gabriel Batistuta, Neymar, hingga Lionel Messi.

Baca Juga

Atas situasi tersebut pertemuan antara Brasil melawan Argentina kerap menjadi duel yang selalu dinantikan bagi seluruh pecinta sepak bola di seluruh dunia.

Paling panas, duel dua negara tersebut terjadi saat final Copa America 2021 yang lalu. Terlebih lagi, Argentina akhirnya berhasil menjadi juara di stadion kebanggaan, Brasil.

Selain Brasil vs Argentina, ada 5 duel lain yang menjadi rivalitas terpanas antar negara Piala Dunia. Negara mana saja tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga

1. 5. Jerman vs Belanda

Striker Belanda, Johan Neeskens, mengeksekusi penalti dalam pertandingan final Piala Dunia kontra Jerman Barat, 7 Juli 1974.

Jerman dan Belanda telah menjadi salah satu suguhan terpanas di antara dua negara peserta Piala Dunia selama ini.

Sebagaimana diketahui, Jerman seperti punya kebencian khusus terhadap Timnas Belanda. Begitu pun sebaliknya.

Panasnya duel dua negara ini tak lain dan tak bukan karena situasi politik saat itu ketika Nazi dari Jerman menginvasi Belanda di perang dunia kedua.

Semenjak saat itu, sepak bola pun terkena imbasnya. Seperti pada Piala Dunia 1974 saat Belanda berhadapan dengan Jerman Barat di partai final.

Para pemain Belanda bahkan tak hanya ingin sekedar memberikan kekalahan kepada Jerman tetapi juga rasa malu.

Baca Juga

Alih-alih mewujudkan tujuan tersebut, pada saat itu pertandingan justru dimenangkan oleh Jerman dengan skor 2-1.

4. Serbia vs Kroasia

Rivalitas paling panas antar negara Piala Dunia selanjutnya datang dari Serbia vs Kroasia. Rivalitas di antara dua negara ini dipicu oleh masalah politik dan sejarah.

Baca Juga

Sebelum terpecah, kedua negara ini sebenarnya adalah satu kesatuan dengan nama Yugoslavia. Jarang bertemu, pertemuan kedua negara akhirnya terwujud pada tahun 2013.

Pada pertemuan tersebut, para pemain Serbia bahkan mendapat chants yang sangat provokatif dari para pendukung Kroasia saat itu yang berbunyi “musnahkan orang-orang Serbia”.

Meski berlangsung panas, pada pertemuan 2013 lalu akhirnya berhasil dimenangkan oleh kubu Kroasia dengan skor, 2-0.

Baca Juga

2. Jepang vs Korea Selatan

Bek Italia, Marco Materazzi, tersungkur setelah dadanya ditanduk oleh Zinedine Zidane, pada final Piala Dunia 2006.

Bergeser ke benua Asia, rivalitas panas juga turut terjadi antara Jepang dan Korea Selatan. Masalah politik lagi-lagi menjadi pemicu dari rivalitas sepak bola dua negara ini.

Korea Selatan yang merupakan bekas daerah jajahan Jepang pernah diwanti-wanti oleh sang presiden untuk menang saat berhadapan dengan Samurai Biru.

Momen itu terjadi setelah masa kependudukan Jepang pada tahun 1950-an. Rhee Syngman, presiden Korea Selatan saat itu sampai tidak memperbolehkan para pemain Taeguk Warrior pulang jika kalah dari Jepang.

Ancaman tersebut ternyata manjur, Korsel pun akhirnya menang saat pertandingan digelar di Tokyo dan berhasil melaju ke Piala Dunia 1954.

Amerika Serikat vs Meksiko

Dalam dunia sepak bola, Amerika Serikat memang tidak begitu kerap menunjukkan tajinya. Sebabnya, sepak bola tidak terlalu populer di negeri paman sam tersebut.

Baca Juga

Kendati begitu, bukan berarti Amerika Serikat tak punya rivalitas dalam sepak bola. Meksiko adalah negara yang menjadi rival terpanas mereka.

Kerapnya masalah yang terjadi di daerah perbatasan dikabarkan menjadi pemicu rivalitas di antara dua negara ini.

Baca Juga

Prancis vs Italia

Pada gelaran Piala Dunia 2022, Italia memang tidak berpartisipasi, akan tetapi tim berjuluk Gli Azzurri ini memiliki sejarah rivalitas dengan Prancis.

Italia dan Prancis memang sering dipertemukan dalam turnamen-turnamen bergengsi, seperti pada Piala Dunia 1998 yang akhirnya saat itu dimenangkan Les Bleus.

Pada Piala Dunia 2006, kedua negara tersebut kembali bertemu di partai final. Italia yang sempat kalah akhirnya berhasil membalaskan dendam dan menjadi juara dunia saat itu.

Baca Juga
ArgentinaBrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022

Berita Terkini