x

Gemilang di Laga Jepang vs Jerman, Takehiro Tomiyasu Beri Pengakuan Memalukan di Piala Dunia 2022

Kamis, 24 November 2022 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sebelum tampil gemilang di laga Jepang vs Jerman, pemain Arsenal Takehiro Tomiyasi sempat membuat pengakuan memalukan di Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Sebelum tampil gemilang di laga Jepang vs Jerman, pemain Arsenal, Takehiro Tomiyasi, sempat membuat pengakuan memalukan di Piala Dunia 2022.

Dalam pengakuannya, Takehiro Tomiyasu rupanya tidak mengetahui bahwa Thiago Alcantara tidak diikutsertakan timnas Spanyol di pesta sepak bola empat tahunan ini.

Seperi diketahui, Jepang haru saja memberi kejutan di Piala Dunia 2022 saat melakoni partai Grup E melawan Jerman yang digelar pada Rabu (23/11/22) malam WIB.

Tak disangka-sangka skuad besutan Hansi Flick yang menjadi salah satu favorit untuk juara justru takluk 1-2 dari The Blue Samurai.

Jerman lebih dominan saat bermain di Khalifa International Stadium. Mereka bahkan mampu unggul lebih dulu lewat penalti dari Ilkay Gundogan.

Baca Juga

Namun Jepang selaku underdog mampu bangkit dan berbalik unggul di babak kedua setelah Ritsu Doan dan Takuma Asano mencetak gol, masing-masing pada menit ke-75’ dan 83’.

Takehiro Tomiyasu tidak menjadi starter pada pertandingan hari ini karena masih belum fit sepenuhnya. Namun, dia masuk setelah jeda dan membantu timnya menahan Jerman.

Baca Juga

Bermain selama 45 menit, bek Arsenal itu mencatat 2 kali sapuan dan melakukan 18 dari 20 upaya umpan dengan akurasi 90 persen.

Sebelum menenggelamkan Jepang, Tomiyasu sempat menyatakan bahwa dirinya tidak sabar berhadapan dengan Thiago Alcantara yang membela Spanyol.

"Thiago," sebut Tomiyasu menjawab pertanyaan jurnalis AS soal pemain favoritnya di Spanyol, melansir dari Mirror.

Baca Juga

1. Thiago Alcantara Tak Dipanggil Timnas Spanyol

Selebrasi para pemain Jepang usai Takuma Asano menjebol gawang Jerman di Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Matthew Childs)

Namun, mimik bek berusia 24 tahun itu mendadak berubah dan terkejut saat diberi tahu bahwa gelandang Liverpool tersebut tidak masuk daftar 26 pemain Tim Matador.

"Dia tak ikut? Oh, oke. Maaf, saya tidak tahu," ujar Tomiyasu setelah menyadari Thiago tak ikut ambil bagian di Piala Dunia Qatar.

Tidak dipanggilnya Thiago Alcantara ke timnas Spanyol untuk Piala Dunia 2022 memang cukup mengejutkan. Pasalnya, Thiago termasuk pemain yang berpengalaman.

Thiago bahkan menjadi pemain reguler Spanyol di Euro 2020 lalu, di mana dia tercatat bermain empat kali dari total lima pertandingan yang dimainkan Spanyol.

Namun, Enrique dengan berat hati harus meninggalkan Thiago di Piala Dunia Qatar kali ini karena sang gelandang masih berjuang dengan cederanya sejauh musim ini.

Baca Juga

Malah, Enrique memutuskan untuk memilih Sergio Busquets, Rodri, Gavi, Carlos Soler, Marcos Llorente, Pedri, Koke sebagai opsi lini tengahnya.

Selain Thiago, bek PSG Sergio Ramos, kiper Manchester United David de Gea dan kiper Chelsea Kepa Azzizabalaga juga tak dilirik pelatih Spanyol Luis Enrique.

Baca Juga

Sementara Tomiyasu sendiri tetap dipanggil membela Timnas Jepang, meski dia sempat mengalami cedera saat pertandingan Liga Europa Arsenal melawan FC Zurich pada 3 November lalu.

Usai menaklukkan Jerman, Takehiro Tomiyasu bersama Jepang selanjutnya akan menghadapi Kosta Rika pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2022 pada Minggu, 27 November 2022 pukul 17.00 WIB.

Jika menang lagi atas Kosta Rika, Jepang hampir pasti lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga
JepangJermanArsenalThiago AlcantaraPiala Dunia 2022Takehiro TomiyasuUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini