x

Debut di Piala Dunia 2022, 2 Wonderkid Jepang Pernah 'Belajar' dari Timnas Indonesia

Jumat, 25 November 2022 11:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pernah beruji tanding dengan Timnas Indonesia U-19, dua wonderkid asal Jepang, Takefusa Kubo dan Hiroki Ito, kini mentas di Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Pernah beruji tanding dengan Timnas Indonesia U-19, dua wonderkid asal Jepang kini mentas di Piala Dunia 2022.

Flashback pada Piala Asia U-19 2018 lalu, Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri pernah menghadapi Timnas Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kala itu, Timnas U-19 diperkuat oleh Riyandi, Asnawi Mangkualam, Kadek Raditya, Indra Mustafa, Rachmat Irianto, Firza Handika.

Kemudian, ada pula Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Hanis Saghara, dan juga Witan Sulaeman. Egy Maulana Vikri saat itu tidak masuk dalam starting line up.

Pertandingan berlangsung menegangkan dan cukup seru. Namun skuat Garuda Muda akhirnya menerima kekalahan di angka 2-0.

Baca Juga

Dua gol Jepang pada laga ini dicetak oleh Shunki Higashi pada babak pertama, dan disusul Miyashiro Taisei pada babak kedua.

Hanya cukup dua gol saja, Timnas Jepang sukses memupus impian Timnas Indonesia untuk bermain di pentas Piala Dunia U-20. Meski kalah, Timnas indonesia bisa memberikan pengalaman berharga untuk sejumlah bintang masa depanJepang.

Lantas, bagaimana kabar para alumni Timnas Jepang U-19 saat ini? Apakah ada yang bermain di Piala Dunia 2022 Qatar?

Baca Juga

Berdasarkan penelusuran, rupanya ada dua nama pemain jebolan Jepang U-19 yang kini tercatat sebagai penggawa Samurai Biru di penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Salah satu yang cukup dikenal di kalangan penggemar sepak bola Indonesia adalah Takefusa Kubo, yang berkarier di Eropa. Satu pemain lainnya adalah Hiroki Ito, yang kini juga sukses berkarier di kancah Eropa.

Baca Juga

1. Takefusa Kubo Debut di Piala Dunia 2022

Takefusa Kubo tampak berusaha akan melewati pemain Chile di stadion Morumbi. (06/18/19). Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

Setelah pernah mengobok-obok Timnas Indonesia U-19, skuat Jepang kini membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Jerman di laga perdana Piala Dunia 2022 Grup E.

Jerman awalnya unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol penalti Ilkay Gundogan.

Namun di babak kedua, Takefuso Kubo dkk berhasil melakukan comeback, lewat gol milik Ritsu Doan dan Takuma Asano. Skor akhir 1-2.

Di antara line up pemain Jepang di laga kontra Jerman, ada salah satu penggawa muda yang pernah jadi musuh besar Witan Sulaeman Cs, tentu saja Takefusa Kubo.

Setelah sempat bermain di Real Madrid, Takefusa Kubo musim ini bermain untuk Real Sociedad. Di usia yang ke-21 tahun ini, Kubo juga menjadi andalan Timnas Jepang.

Baca Juga

Pada laga kontra Jerman di Piala Dunia 2022, Kubo memakai nomor punggung 11. Selain Kubo, ada satu lagi alumnus Timnas Jepang U-19 2018 yang dipanggil ke skuat Piala Dunia 2022 Qatar, ia adalah Hiroki Ito.

Saat bersua Timnas Indonesia U-19, Hiroki Ito bermain sebagai gelandang. Namun saat ini pemain berusia 23 tahun itu lebih sering bermain di posisi bek tengah atau bek kiri.

Baca Juga

Memang, pada laga kontra Jerman, Hiroki Ito belum diturunkan. Namun, pemain Stuttgart di Jerman itu ikut dalam skuad Jepang di Piala Dunia perdananya. 

Di sisi lain, Shunki Higashi yang kala itu membobol gawang Riyandi, saat ini tidak dipanggil ke Timnas Jepang. Ia bermain untuk tim lokal, Sanfrecce Hiroshima.

Sementara Taisei Miyashiro yang juga turut mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia U-19, ia dikontrak oleh Kawasaki Frontale, tapi sedang dipinjamkan ke Sagan Tosu.

Baca Juga
JepangJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Timnas IndonesiaTakefusa KuboTimnas Indonesia U-19Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini