x

Piala Dunia 2022: Arab Saudi, Jepang, dan Iran Bukti Asia Tak Bisa Diremehkan

Sabtu, 26 November 2022 07:33 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Para pemain Jepang meluapkan kegembiraannya usai mengalahkan Jerman terlihat pemain Jerman Antonio Rudiger terlihat sedih. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Arab Saudi, Jepang, dan Iran membuktikan diri jika Benua Asia tak bisa dipandang remeh di pentas Piala Dunia 2022.

Pembuktian itu didapat saat mereka berhasil meraih kemenangan melawan tim-tim unggulan di grupnya masing-masing.

Dimulai dari Arab Saudi yang kerap dipandang sebelah mata dalam kompetisi piala Dunia.

Baca Juga

Menghadapi salah satu tim kandidat favorit juara, Argentina yang digelar hari Selasa (22/11/22) kemarin di Stadion Lusail, Arab Saudi secara mengejutkan sukses meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1.

Gol kemenangan Arab Saudi diciptakan oleh Saleh Al-Shehri di menit ke-49 dan Salem Al-Dawsari di menit ke-53.

Sementara gol tunggal Argentina dikemas oleh megabintang dan kapten mereka, Lionel Messi di menit ke-10 dari titik penalti.

Selebrasi Arab Saudi Salem Al-Dawsari merayakan gol kedua mereka dengan rekan setimnya. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Meski terus mendapat serangan bertubi-tubi, Arab Saudi nyatanya masih bisa melakukan serangan ke jantung pertahanan Tim Tango.

Buktinya, mereka sukses meraih kemenangan hingga akhir laga melawan tim unggulan juara tersebut.

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina ini pun langsung menjadikan momen ikonik pertama di Piala Dunia, di mana setiap event empat tahunan ini, pastinya selalu ada momen tak terlupakan.

Baca Juga

Setelah Arab Saudi, kejutan lainnya datang dari tim Asia lainnya, yakni Jepang yang juga mampu memberikan kejutan.

Salah satu tim raksasa Asia ini nyatanya berhasil meraih kemenangan atas tim unggulan juara lainnya, Jerman dengan skor 2-1 dalam pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/22) kemarin.

Skenario kemenangan Jepang pun nyaris serupa dengan Arab Saudi, di mana mereka tertinggal lebih dulu lewat gol penalti playmaker Jerman, Ilkay Gundogan di menit ke-33.

Jalannya pertandingannya juga Jerman mampu sedikit dominan, namun Jepang yang tak mau kalah, secara mengejutkan sukses mengembalikan kedudukan hanya dalam waktu delapan menit, melalui Ritsu Doan di menit ke-75 dan Takuma Asano di menit ke-83.

Kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 pun menjadi kejutan kedua atau momen ikonik kedua di ajang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Setelah Arab Saudi dan Jepang, kemenangan yang didapat dari benua Asia lainnya adalah Iran.

Pada laga pembuka, Iran memang dipaksa berlutut oleh keperkasaan Timnas Inggris di laga pertama Grup B Piala Dunia 2022 dengan skor telak 2-6 pada hari Senin (21/11/22) kemarin di Stadion Internasional Khalifa.

Meski kalah dibantai pada laga pertama, Iran nyatanya mampu bangkit di pertandingan kedua.

Menghadapi lawan yang lebih diunggulkan dalam pertandingan tersebut, yakni Wales, Iran mampu memetik kemenangan dengan skor 2-0 di menit akhir laga lewat gol Roozbeh Cheshmi di menit ke-90+8 dan Ramin Rezaeian di menit ke-90+11.

Sementara negara unggulan Asia lainnya, yakni Korea Selatan kurang beruntung, karena meraih hasil imbang 0-0 melawan Uruguay pada pertandingan pertama Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/22) di Education Stadium.

Meski hanya meraih hasil imbang, setidaknya Son Heung-min dkk masih bisa meraih satu poin dan terhindar dari kekalahan di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Benua Asia Kerap Dipandang Remeh di Piala Dunia

Logo Piala Dunia 2022

Tak dapat dipungkiri, setiap ajang Piala Dunia digelar, biasanya negara-negara yang diunggulkan menjadi juara adalah mereka yang berasal dari benua Eropa dan Amerika.

Sebut saja seperti Jerman, Belanda, Inggris, Spanyol, dan Prancis dari benua Eropa, lalu di Amerika latin seperti Brasil dan Argentina yang dinilai bisa bersaing dalam perebutan gelar juara.

Sementara untuk tim batu sandungan, lebih dipilih berasal dari Benua Afrika yang dinilai bisa mengacaukan kepercayaan diri atau merusak tren positif dari kedua benua unggulan tersebut.

Baca Juga

Sedangkan dari benua Asia? Harus diakui memang jika negara-negara dari benua Asia kerap dipandang remeh.

Hal itu tak lepas dari kualitas, stamina, statistik pertandingan, dan fisik pemain yang dinilai tak mampu mengimbangi para pemain dari Eropa maupun Amerika.

Meski demikian, semua itu hanyalah berdasarkan catatan di atas kertas saja, karena jika sudah berada di lapangan, maka hasil yang akan berbicara.

Baca Juga

Pembuktian pun sudah dilakukan oleh Arab Saudi, Jepang, dan Iran, termasuk Korea Selatan yang lebih dulu melakukan kejutan di Piala Dunia, saat mereka menggagalkan Jerman lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2018 Rusia lalu.

Terlepas dari lolos atau tidaknya para negara Asia ini dan sejauh mana mereka akan melaju, setidaknya kontestan dari negara Asia tersebut, sudah membuktikan jika mereka tak bisa dipandang remeh di Piala Dunia 2022.

Baca Juga
JepangIranPiala DuniaKorea SelatanArab SaudiPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini