x

Pulang ke Tanah Air usai TC di Eropa, Timnas Indonesia U-20 Resmi Dibubarkan

Sabtu, 26 November 2022 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia U-20 kembali ke Indonesia usai TC di Eropa. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 telah menyelesaikan pemusatan latihan dan uji coba di Eropa, tepatnya Turki dan Spanyol. Skuad Garuda Nusantara habiskan waktu selama dua bulan untuk mengasah mental, skill dan performa tim maupun individu.

Timnas Indonesia U-20 kembali ke Tanah Air pada 25 November 2022 dan 35 pemain tersebut pun dipulangkan ke klub masing-masing.

Nantinya, skuad ini akan kembali dikumpulkan pada tahun depan untuk persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023

“Setelah ini pemain akan kembali ke klub terlebih dahulu. Setelah itu, akan ada pemusatan latihan lagi jelang persiapan menghadapi Piala AFC U-20 dan tentunya Piala Dunia U-20 tahun depan," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

"Kami berharap di dua ajang tersebut, Indonesia mampu meraih prestasi terbaik," imbuhnya.

Baca Juga

Saat latihan di Spanyol, Timnas U-20 jalani empat laga uji coba. Tim asuhan Shin Tae-yong kalah dari Valeranga U-20 (0-4), kalah 0-6 dari Prancis U-20, takluk 1-2 dari Slovakia U-20 dan imbang 0-0 kontra Malaga FC U-20.

Sebelum latihan di Spanyol, Timnas U-20 sempat berlatih di Turki dan jalani tujuh laga uji coba lawan klub dan negara Eropa. Hasilnya, Ronaldo Kwateh dkk tiga kali menang, dua kali seri dan dua kali alami kekalahan.

Baca Juga

Timnas U-20 menang lawan Cakallikli Spor (2-1), Moldova U-20 (3-1), Antalyaspor U-20 (3-2), seri kontra Moldova U-20 (0-0) dan Baerum SK (3-3) serta kalah dari Turki U-20 (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Pada TC di Eropa, ada empat pemain calon naturalisasi yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Mereka adalah Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick dan Zico Soree.

Akan tetapi, baru Ivar dan Justin sudah mulai menjalani proses naturalisasi. Mereka datang ke Jakarta pada Oktober lalu guna melengkapi semua berkas dan menjalani wawancara dengan Badan Intelejen Negara (BIN) hingga tes medis.

Baca Juga

1. Tahap Penilaian

Timnas Indonesia U-20 kembali ke Indonesia usai TC di Eropa. (Foto: PSSI)

Sementara Rafael Struick dan Zico Soree baru belakangan dipanggil ke TC Timnas U-20 di Spanyol. Keduanya masih dalam tahap penilaian pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong.

Apabila dirasa sesuai kriteria yang dibutuhkan, maka Shin Tae-yong bisa merekomendasikan Rafael dan Zico untuk diproses naturalisasinya.

Baca Juga

Sementara itu, tidak semua pemain Timnas U-20 dipulangkan ke klub. Ada tiga pemain yang dipanggil ke timnas senior untuk Piala AFF 2022. Mereka adalah Muhammad Ferrari, Marcelino Ferdinan dan Dzaky Asraf.

Untuk pemain yang tidak masuk dalam skuad timnas senior akan kembali ke klub masing-masing. Sebab, kompetisi Liga 1 akan bergulir kembali bulan depan.

Baca Juga

Marselino sudah langganan Timnas senior sejak Kualifikasi Piala Asia 2023, sedangkan Ferrari baru jalani debut saat uji coba lawan Curacao. Lalu untuk Dzaky, ini adalah panggilan pertama.

Ketiganya akan mulai menjalani pemusatan latihan bersama Timnas di Bali mulai 28 November. Nanti begitu mendekati pertandingan pertama Piala AFF pada 23 Desember 2022, tim akan pindah latihan ke Jakarta.

Baca Juga
SpanyolPSSIPiala Dunia U-20TurkiLiga IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini