x

Rekor Enner Valencia di Piala Dunia Usai Cetak Gol dan Bawa Ekuador Imbangi Belanda

Sabtu, 26 November 2022 05:59 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Penyerang Timnas Ekuador, Enner Valencia kembali tunjukkan taji dan cetak gol saat tahan imbang Belanda (1-1) di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Penyerang Timnas Ekuador, Enner Valencia kembali tunjukkan taji dan cetak gol saat hadapi Belanda di penyisihan Grup A Piala Dunia 2022 pada Jumat (25/11/22) malam WIB.

Bertanding di Khalifa International Stadium, satu gol yang dibuat Enner Valencia berhasil menghindarkan Ekuador dari kekalahan usai laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Sempat tertinggal lebih dulu lewat sontekan Cody Gakpo menit ke-9’, skuad La Tricolor mampu menyamakan kedudukan setelah Enner Valencia menyambar bola rebound hasil tendangan Pervis Estupinan di awal babak kedua.

Tambahan satu angka membuat Belanda dan Ekuador bertengger kokoh di peringkat pertama serta kedua klasemen sementara Grup A Piala Dunia 2022.

Kedua tim tersebut sama-sama punya peluang besar lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, andai di pertandingan terakhir mampu amankan poin penuh atau minimal bermain seri.

Baca Juga

Bagi Ekuador, andai mampu lolos ke fase knock out maka gelaran Piala Dunia kali ini akan jadi pencapaian terbaik kedua mereka setelah edisi 2006 silam.

Sepanjang tampil di Piala Dunia, catatan terbaik Ekuador hanyalah lolos ke babak 16 besar dan itu baru terjadi sekali di tahun 2006.

Baca Juga

Khusus untuk gelaran Piala Dunia 2022, apresiasi tinggi bakal diberikan para pendukung Ekuador kepada sosok Enner Valencia yang tampil menggila sepanjang babak penyisihan.

Tercatat, pemain berusia 33 tahun tersebut mampu mencetak dua gol dari dua pertandingan dan membawa Ekuador belum terkalahkan di fase grup.

Bahkan, satu gol tambahan yang dibuat Enner Valencia ke gawang Belanda tadi membuatnya sukses pecahkan serta hampir menyamai prestasi mega bintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di Piala Dunia.

Baca Juga

1. Enner Valencia Pecahkan Rekor di Piala Dunia

Selebrasi dari striker sekaligus kapten Timnas Ekuador, Enner Valencia usai mencetak gol ke gawang Belanda dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Melansir dari Squawka, disebutkan bahwa satu gol Enner Valencia pada Piala Dunia 2022, membuat dirinya jadi pemain Amerika Latin pertama yang bisa buat 6 gol beruntun di ajang FIFA World Cup.

Sebagai informasi, Enner Valencia sebelumnya sudah mencetak tiga gol pada gelaran Piala Dunia 2014, tepatnya saat Ekuador menghadapi Swiss serta Honduras.

Ditambah tiga gol tambahan di Piala Dunia 2022, praktis Enner Valencia sudah mengoleksi 6 gol dari 6 penampilannya di putaran final kompetisi tertinggi antar negara tersebut.

Tak hanya jadi pemain Amerika Selatan pertama yang mampu cetak 6 gol beruntun, Enner Valencia juga mampu menorehkan prestasi lain.

Yakni bertengger di daftar top skor fase grup Piala Dunia. Enner Valencia hanya kalah dari catatan gol milik dua mega bintang Lionel Messi (7 gol) serta Cristiano Ronaldo (8).

Baca Juga

Bahkan mungkin Enner Valencia punya rekor yang lebih baik, lantaran baru tampil dalam dua edisi Piala Dunia (2014 dan 2022), sementara Ronaldo dan Messi sudah tampil dalam lima edisi Piala Dunia.

Berbekal statistik serta rekor yang baru saja dipecahkan tersebut, patut ditunggu kelanjutan perjalanan Ekuador bersama Enner Valencia di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Pada pertandingan terakhir, Ekuador akan menghadapi kuda hitam Afrika yakni Senegal yang baru saja raih kemenangan perdana di Piala Dunia 2022 usai mengalahkan tuan rumah Qatar (2-0).

Andai Ekuador sukses menang atau minimal tidak kalah, maka La Tricolor dipastikan bisa lolos ke babak knockout Piala Dunia 2022.

Lantas, mampukah Ekuador kembali lolos dari fase grup seperti yang mereka lakukan pada Piala Dunia 2014 lalu? Menarik dinantikan.

Baca Juga
BelandaEkuadorPiala DuniaEnner ValenciaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini