x

Selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Baru Ada 3 Pemain yang Tampil di 5 Piala Dunia

Senin, 28 November 2022 21:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo sedang latihan jelang lawan Ghana di laga pembuka Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Paul Childs).

INDOSPORT.COM - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang belum pernah menjuarai Piala Dunia. Tetapi, mereka mencatatkan rekor sebagai pemain yang bermain di lima edisi Piala Dunia.

Rekor fantastis ini bisa diraih bukan oleh sembarang pemain. Hanya pemain-pemain berkualitas dan fisik yang kuat saja yang sanggup bermain di lima edisi Piala Dunia.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Messi dan Ronaldo adalah dua megabintang terhebat di era sepak bola modern saat ini.

Ada berbagai rekor yang tercipta dari megabintang asal Argentina dan Portugal tersebut, baik di level klub maupun di level internasional.

Di usianya yang sudah menyentuh 35 tahun dan 27 tahun, Messi dan Ronaldo resmi masuk dalam daftar pemain yang bermain di lima edisi Piala Dunia.

Baca Juga

Sejak debutnya di Piala Dunia 2006, keduanya terus mencatatkan rekornya masing-masing saat bermain di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018.

Kini di Piala Dunia 2022, kedua pemain sarat akan prestasi ini terus berkompetisi di level tertinggi meski usianya sudah tak lagi muda.

Selain Messi dan Ronaldo, masih ada tiga pemain lain yang pernah bermain di lima edisi Piala Dunia.


1. Antonio Carbajal

Kiper legendaris Meksiko, Antonio Carbajal.

Orang-orang Meksiko diketahui memiliki umur yang lebih panjang dari manusia di negara lainnya. Hal ini terbukti di ajang Piala Dunia.

Dari lima pemain yang pernah bermain di lima edisi Piala Dunia, dua di antaranya merupakan orang Meksiko, salah satunya adalah Antonio Carbajal.

Baca Juga

Carbajal adalah kiper legendaris Meksiko yang telah bermain di Piala Dunia pada 1950 sampai 1966.

Dari kelima edisi Piala Dunia tersebut, Carbajal tampil sebanyak 11 kali dengan catatan kebobolan 25 kali dan clean sheet sekali.

Kini setelah pensiun bermain, Carbajal masih tetap berumur panjang hingga hari ini di mana usianya sudah menyentuh 93 tahun.

Baca Juga

Rafael Marquez

Selain Antonio Carbajal, Rafael Marquez menjadi pemain kedua asal Meksiko yang mampu bermain di lima edisi Piala Dunia.

Debut pertamanya di Piala Dunia adalah pada tahun 2002 dan berlanjut ke Piala Dunia 2006, 2010, 2014, dan terakhir di 2018 kemarin.

Baca Juga

Sejatinya, Rafael bisa menjadi pemain pertama dalam sejarah yang bermain di enam Piala Dunia karena dia sudah debut di Timnas Meksiko sejak 1997.

Akan tetapi, mantan pemain Barcelona ini tidak terpilih dalam skuad Timnas Meksiko saat negaranya bermain di Piala Dunia 1998.


2. Lothar Matthaus

Legenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaus kunjungi Jakarta untuk menyapa penggemar Liga Jerman di Indonesia dalam acara Bundesliga Experience.

Lothar Matthaus adalah bukti sejati kualitas pemain asal Jerman. Berbagai prestasi telah ia dapatkan semasa aktif bermain.

Dia tampil di lima edisi Piala Dunia (1982, 1986, 1990, 1992, 1996). Inilah yang membuat dirinya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak untuk Timnas Jerman.

Baca Juga

Dengan tampil sebanyak 25 kali di lima edisi Piala Dunia, Matthaus sukses membawa Der Panzer menjuarai turnamen akbar ini di tahun 1990.

Kesuksesan ini membuat pria yang kini sudah berusia 61 tahun tersebut dianugerahi trofi Ballon d'Or pada 1990.

Cristiano RonaldoLionel MessiPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini