x

3 Fakta Mengejutkan Jelang Laga Hidup Mati Jepang vs Spanyol di Piala Dunia 2022

Kamis, 1 Desember 2022 17:16 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi pertandingan antara Jepang vs Spanyol (Piala Dunia Qatar 2022).

INDOSPORT.COM - Berikut tiga fakta mengejutkan jelang pertandingan hidup mati antara Jepang vs Spanyol di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan pamungkas Grup E Piala Dunia 2022 antara Jepang vs Spanyol bakal tersaji di Khalifa International Stadium pada Jumat (02/12/22) pukul 02.00 dini hari WIB.

Duel Jepang vs Spanyol diprediksi bakal berjalan panas dan keras, karena kedua tim sama-sama butuh kemenangan demi lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Saat ini, La Furia Roja memang duduk di pemuncak klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022. Namun torehan empat poin dari dua laga belum membuat mereka aman.

Setidaknya pasukan Luis Enrique harus meraih hasil imbang saat bersua tim nasional Matahari Terbit untuk memastikan lolos ke sistem gugur.

Baca Juga

Sementara itu, Jepang sendiri kini barada di posisi kedua klasemen sementara Grup E. Pasukan Hajime Moriyasu mengoleksi tiga poin dari kemenangan atas Jerman dan sekali kalah dari Kosta Rika.

Bagi Jepang, tidak ada pilihan selain menang bagi mereka. Hal ini untuk mengantisipasi bila nantinya Kosta Rika bisa membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman.

Baca Juga

Meski berat bagi Jepang, namun Spanyol juga memiliki rasa takut. Pasalnya, di laga perdana Jepang mampu membuat kejutan dengan menundukan tim favorit juara, Jerman dengan skor 2-1.

Jelan duel hidup mati Jepang vs Jerman di laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022, INDOSPORT telah menemukan beberapa fakta mengejutkan. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

1. Jepang dan Spanyol Baru Bersua Sekali

Selebrasi para pemain Spanyol usai melibas Kosta Rika di Grup E Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Dalam sejarah pertemuan Jepang dan Spanyol, kedua tim ternyata baru bersua sekali. Mereka bertemu saat pertandingan persahabatan pada 2001 silam.

Saat itu Spanyol berhasil meraih kemenangan atas Jepang dengan skor tipis 1-0. Dalam duel tersebut, satu-satunya gol kemenangan Spanyol diciptakan Ruben Baraja pada menit ke-90.

Spanyol saat itu di bawah asuhan Jose Antonio Camacho dan Jepang berada di bawah asuhan Philippe Troussier. Tim Matahari terbit kala itu sedang menjalani persiapan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.

Baca Juga

Spanyol Terkena Kutukan Sejak Piala Dunia 2014

Spanyol pernah dalam masa keemasan pada Piala Dunia 2010 silam. Ketika itu Xavi Hernandez dan Andres Iniesta sukses membawa La Furia Roja meraih juara.

Baca Juga

Namun setelah mengangat trofi, Spanyol terkena kutukan. Di edisi 2014 mereka malah tidak mampu lolos dari fase grup karena dihajar Belanda (1-5), ditekuk Chili (0-2) dan hanya meraih kemenangan atas Australia (3-0).

Sementara itu, di Piala Dunia edisi 2018 Rusia lalu, Spanyol mampu lolos dari fase grup. Namun di babak 16 besar mereka dibungkam oleh tuan rumah dengan skor 3-4 lewat drama adu penalti.

Baca Juga

2. Jepang Punya 2 Skenario untuk Lolos

Skuat Timnas Jepang berpose untuk foto di grup E sebelum pertandingan. (Foto: REUTERS/Carl Recine)

Ada due skenario untuk Jepang bila ingin lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Yang pertama, tidak ada pilihan selain menang atas Spanyol pada dini hari nanti.

Hal ini untuk mengantisipasi bila nantinya Kosta Rika bisa membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman di laga pamungkas Grup E.

Di skenario kedua, bila tidak mampu menang setidaknya Jepang bisa menahan imbang Spanyol. Akan tetapi, fans Matahari Terbit harus berdoa agar laga Kosta Rika vs Jerman berakhir sama kuat.

Hal ini membuat Jepang dan Kosta Rika memiliki poin sama yakni empat. Tetapi, Jepang yang berhak lolos sebagai runner up Grup E karena unggul agregat gol.

SpanyolJepangKosta RikaJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022

Berita Terkini