x

Spanyol dan Jerman Waspada, 5 Negara Top yang Terancam Gagal Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Kamis, 1 Desember 2022 09:54 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi para pemain Spanyol usai melibas Kosta Rika di Grup E Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

INDOSPORT.COM – Berikut lima negara top di Piala Dunia 2022 yang terancam gagal melanjutkan kiprahnya ke babak 16 besar.

Saat ini Piala Dunia 2022 telah memasuki babak akhir fase grup, di mana hampir seluruh kontestan telah mendapati nasibnya, baik itu melangkah jauh ataupun tersingkir.

Setidaknya sudah ada 10 tim yang dipastikan akan melangkah jauh di Piala Dunia 2022 ini setelah lolos dari fase grup dan meraih tiket ke babak 16 besar.

Ke-10 tim tersebut antara lain, Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Polandia, dan Denmark.

Kini, masih ada enam tiket tersisa untuk melaju ke babak 16 besar yang akan diperebutkan oleh 13 tim tersisa di fase grup Piala Dunia 2022.

Baca Juga

13 tim yang akan bersaing memperebutkan enam tiket tersisa ini berasal dari grup E hingga grup H yang baru akan bertanding dimulai dari hari ini, Kamis (01/12/22).

Dari 13 tim yang akan bersaing memperebutkan tiket tersisa ke babak 16 besar itu beberapa di antaranya adalah negara-negara top.

Baca Juga

Karena masih akan bersaing memperebutkan tiket ke babak 16 besar, maka ada kemungkinan bahwa negara-negara top ini juga tak bisa lolos atau angkat koper lebih cepat.

Sejauh ini sebagian negara top sudah memastikan tiket babak 16 besar dari grup A hingga grup D Piala Dunia 2022. Hanya Denmark saja negara top yang telah dipastikan tersingkir.

Lalu, negara mana saja terancam menyamai torehan buruk Denmark dengan gagal ke 16 besar Piala Dunia dan angkat koper lebih cepat dari ajang empat tahunan inI? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Spanyol dan Jerman Was-was

Skuat Jerman di grup E Piala Dunia Qatar 2022 sebelum pertandingan. (Foto: REUTERS/John Sibley)

1. Spanyol

Spanyol merupakan salah satu negara yang sejatinya dijagokan lolos ke babak 16 besar dari grup E. Apalagi dengan catatan satu kemenangan dan satu hasil imbang yang dimilikinya.

Apalagi dengan status Spanyol saat ini yang memuncaki klasemen grup E dengan raihan empat poin dan keunggulan selisih gol yakni plus enam gol.

Tapi raihan itu belum membuat Spanyol aman sepenuhnya. Anak asuh Luis Enrique ini bisa saja gagal melangkah ke babak 16 besar di laga terakhir grup E.

Spanyol bisa saja tersingkir andai kalah di laga terakhir dari Jepang dan Kosta Rika mencuri kemenangan atas Jerman, yang otomatis membuat poin La Furia Roja tersalip.

Baca Juga

2. Jerman

Tak hanya Spanyol, ada pula Jerman yang sama-sama berasal dari grup E dan juga berpotensi gagal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Prediksi Jerman tak lolos ke babak 16 besar ini hadir setelah Die Mannschaft belum pernah meraih satu kemenangan pun, dengan catatan satu kali imbang dan satu kali kalah dengan minus satu gol.

Karena poin yang dimiliki itu, Jerman yang punya peluang lolos babak 16 besar, mau tak mau harus menang dengan skor besar di laga terakhir kontra Kosta Rika dan berharap Jepang tumbang dari Spanyol.

Jika Jerman imbang dan kalah dari Kosta Rika atau Jepang menang atas Spanyol, maka Der Panzer harus tersingkir lebih cepat seperti Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga

3. Belgia

Saat Piala Dunia 2022 akan digelar, banyak yang memprediksi Belgia akan lolos dengan mudah dari grup F yang berisikan Kroasia, Maroko, dan Kanada.

Namun langkah Belgia di grup F malah jauh dari kata memuaskan. Usai menang di laga pertama, De Rode Duivels malah tumbang di laga kedua kontra Maroko.

Kekalahan tersebut membuat Belgia pun kini terpaut satu poin dari Kroasia dan Maroko dan terancam gagal ke babak 16 besar.

Di laga terakhir, Belgia akan menghadapi Kroasia. Jika kalah atau imbang dari lawannya itu dan Maroko menang atas Kanada, maka De Rode Duivels bisa saja tersingkir lebih cepat.

Baca Juga

2. Juara Dunia 2 Kali Juga Bisa Pulang Lebih Cepat

Skuat Timnas Uruguay di Grup H Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

4. Kroasia

Kondisi Kroasia saat ini hampir sama dengan Spanyol, yakni berstatus pemuncak grup dan terancam tak lolos ke babak 16 besar.

Saat ini, Kroasia yang telah mengumpulkan empat poin, memiliki poin yang sama dengan Maroko dan terpaut satu poin saja dari Belgia.

Untuk lolos ke babak 16 besar, Kroasia hanya membutuhkan minimal hasil imbang di laga terakhirnya di grup F kontra Belgia.

Kroasia terancam tak lolos jika tumbang dari Belgia di laga terakhir dan Maroko meraih hasil imbang atau menang atas Kanada.

Baca Juga

5. Uruguay

Negara peringkat tiga Piala Dunia 2010, Uruguay, menjadi salah satu negara yang juga berpotensi tak lolos ke babak 16 besar.

Saat ini, Uruguay menduduki posisi juru kunci di grup H dengan raihan satu poin dan memiliki selisih gol yakni minus dua gol.

Sejatinya Uruguay masih bisa lolos menemani Portugal, dengan catatan harus menang atas Ghana di laga terakhir dan Korea Selatan tumbang dari Portugal.

Tapi, kemenangan Uruguay atas Ghana bisa saja tak berarti apa-apa jika Korea Selatan bisa membuat kejutan dengan menang atas Portugal.

Baca Juga
KroasiaUruguayJermanBelgiaPiala DuniaPiala Dunia 2022Tim Nasional SpanyolOne Football

Berita Terkini