x

4 Tim Masih Bisa ke 16 Besar, Hitung-hitungan Peluang Lolos Penghuni Grup E Piala Dunia 2022

Kamis, 1 Desember 2022 09:12 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selebrasi Niclas Fullkrug usai cetak gol penyama kedudukan kontra Spanyol di Piala Dunia 2022 REUTERS-Matthew Childs

INDOSPORT.COM – Dibandingkan dengan grup lainnya di Piala Dunia 2022 ini, empat penghuni grup E masih memiliki peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar. Bagaimana perhitungannya?

Salah satu grup neraka di Piala Dunia 2022, grup E, akan memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar pada Selasa (02/12/22) dini hari WIB.

Perebutan tiket ke babak 16 besar itu akan disajikan dalam balutan duel panas antara keempat tim, yakni Jepang vs Spanyol dan Kosta Rika vs Jerman.

Saat ini, keempat tim tersebut masih berpeluang untuk lolos karena perbedaan poin yang tak cukup masif di antara penghuni grup E itu.

Spanyol yang dijagokan lolos ke 16 besar, untuk sementara duduk di peringkat pertama klasemen grup E dengan raihan empat poin.

Baca Juga

Lalu di posisi kedua dan ketiga ada Jepang serta Kosta Rika dengan raihan tiga poin. Samurai Biru lebih unggul ketimbang Los Ticos karena unggul selisih gol.

Sedangkan tim unggulan Jerman berada di peringkat paling buncit dengan koleksi satu poin saja, menyusul belum adanya kemenangan yang diraih Der Panzer di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Melihat poin-poin yang dimiliki oleh masing-masing tim dengan satu pertandingan tersisa, secara matematis keempat tim ini masih berpeluang untuk lolos.

Alhasil, keempat tim ini bisa saja merebut dua dari enam tiket tersisa untuk melaju ke fase gugur yakni babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Melihat kondisi ini, bagaimana perhitungan peluang lolosnya Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika? Berikut ulasan INDOSPORT.

Baca Juga

1. Jalan Mudah Spanyol

Prediksi pertandingan antara Jepang vs Spanyol (Piala Dunia Qatar 2022).

1. Spanyol

Seperti yang diketahui, Spanyol untuk sementara duduk di puncak klasemen grup E dengan raihan empat poin, berbekal hasil satu kemenangan dan satu hasil imbang dalam dua laga.

Di laga terakhir grup E, Spanyol akan berhadapan dengan Jepang. Saat ini, kedua tim hanya terpaut satu poin saja di tabel klasemen.

Dengan kata lain, poin Spanyol di tabel klasemen bisa saja dilewati dan disamai lawan-lawannya di grup E. Alhasil kemenangan menjadi harga mati bagi La Furia Roja.

Untuk lolos ke babak 16 besar, Spanyol sejatinya tak butuh kemenangan. Andaipun imbang ataupun kalah dari Jepang, La Furia tetap bisa lolos dengan syarat-syarat tertentu.

Jika imbang dari Jepang, Spanyol akan tetap lolos dengan catatan Kosta Rika tak menang atas Jerman. Jika tumbang dari Jepang, Spanyol tetap bisa lolos dengan catatan Kosta Rika dan Jerman bermain imbang karena keunggulan selisih gol.

Baca Juga

2. Jepang

Jepang saat ini mengantongi poin tiga di grup E berbekal kemenangan yang didapat atas Jerman dengan skor 2-1 dan kekalahan 0-1 dari Kosta Rika.

Karena hasil di dua pertandingan tersebut, Jepang pun hanya memiliki selisih gol nol, unggul atas Kosta Rika dengan minus enam gol dan Jerman dengan minus satu gol.

Baca Juga

Melihat tabel klasemen saat ini, Jepang punya potensi lolos ke babak 16 besar dengan catatan wajib menang atas Spanyol di laga terakhir grup E.

Jikapun laga melawan Spanyol berakhir imbang, Jepang masih punya peluang lolos dengan catatan Kosta Rika dan Jerman berakhir dengan skor imbang.

Jika Kosta Rika dan Jerman menemukan pemenang, Jepang pun mau tak mau harus terhindar dari kekalahan saat menghadapi Spanyol atau mimpinya ke 16 besar harus pupus.

Baca Juga

2. Jalan Terjal Jerman

Prediksi pertandingan antara Kosta Rika vs Jerman (Piala Dunia Qatar 2022).

3. Kosta Rika

Dibandingkan tiga kontestan lainnya, Kosta Rika merupakan tim paling apes kendati punya poin yang sama dengan Jepang dan hanya berselisih satu poin saja dari Spanyol.

Nasib apes yang diterima Kosta Rika tak lepas dari selisih gol yang dimiliki. Karena kekalahan 0-7 di laga perdana kontrra Spanyol, Los Ticos pun memiliki selisih gol minus enam gol.

Sehingga, untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Kosta Rika harus mengandalkan poin yang dimiliki dan tak bergantung pada perbedaan selisih gol.

Melihat poin dan kemungkinan yang ada, Kosta Rika hanya punya satu jalan saja untuk lolos, yakni menang di laga terakhir atas Jerman.

Kemenangan akan membuat poin Kosta Rika menjadi enam poin. Raihan itu bisa membuat Los Ticos finis sebagai pemuncak grup andai Spanyol dan Jepang berbagi angka.

Baca Juga

4. Jerman

Jerman yang sebelumnya dijagokan bakal lolos dengan mudah dari grup E bersama Spanyol justru harus terseok-seok di Piala Dunia 2022 ini.

Saat ini Jerman berada di posisi juru kunci grup E dengan raihan satu poin saja dari dua pertandingan dan memiliki selisih minus satu gol.

Baca Juga

Meski begitu, Jerman masih berpeluang besar untuk lolos lewat sistem poin di laga terakhir. Kelolosan ini bisa didapatkan andai Der Panzer menang atas Kosta Rika.

Tak hanya sekadar menang saja, Jerman sebisa mungkin harus pesta gol agar memperbaiki catatan selisih gol yang dimilikinya.

Selain itu, Jerman juga harus berharap Spanyol bisa mengalahkan Jepang agar Der Panzer naik ke posisi kedua atau Spanyol dan Jepang bermain imbang 0-0 agar Jerman bisa lolos dengan keunggulan selisih gol atas Samurai Biru.

Baca Juga
JepangKosta RikaJermanPiala DuniaPiala Dunia 2022Tim Nasional SpanyolOne Football

Berita Terkini