x

Kepincut Piala Dunia 2022, Pochettino Buka Peluang Latih Tim Nasional

Kamis, 1 Desember 2022 21:58 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Mauricio Pochettino, tertarik latih tim nasional.

INDOSPORT.COM - Pagelaran Piala Dunia 2022 membuat mantan pelatih PSG, Mauricio Pochettino tertantang untuk melatih sebuah tim nasional.

Pochettino saat ini sedang menganggur usai dipecat dari PSG pada akhir musim 2021-22 lalu dan sejauh ini belum ada tawaran yang datang untuknya, meski namanya sempat dikaitkan dengan sejumlah klub top Eropa.

Setelah hampir setengah tahun beristirahat, pelatih asal Argentina ini mengaku jika dirinya tertarik untuk membuka peruntungan dengan melatih sebuah tim nasional.

Baca Juga

“Sekarang saya terbuka untuk melatih (tim internasional) mengapa tidak? Dulu mungkin tak ada dalam benak saya,” jelas Pochettino kepada SkySports.

“Ya, sekarang tim kami memang masih muda, banyak tenaga, dan setiap hari saya selalu mencari tantangan untuk melatih. Mungkin, level internasional adalah tugas yang berbeda, kenapa kita tidak coba saja?” lanjutnya.

“Kalau bukan sekarang, ya mungkin bisa saja di masa depan. Kalau sekarang mungkin saya maunya latih Argentina, tapi kalau bisa negara lain kenapa tidak? Pastinya itu juga bagus kok,” tutup Mauricio Pochettino.

Baca Juga

Mauricio Pochettino saat ini sedang mencari klub kelimanya dalam karier kepelatihannya.

Sebelumnya, Pochettino sudah pernah melatih Espanyol, Southampton, Tottenham Hotspur, dan PSG.

Ia melambungkan namanya bersama Tottenham Hotspur. Meski gagal mempersembahkan gelar juara untuk Tim London Utara, namun dirinya sukses membawa Tottenham bersaing di papan atas Liga Inggris dan Eropa.

Pochettino pernah membawa Tottenham menjadi runner Piala Liga Inggris di tahun 2015 dan Liga Champions di tahun 2019.

Setelah itu, ia pindah ke PSG dan mulai mengembangkan sedikit namanya dengan meraih gelar juara Liga Prancis, Piala Prancis, dan Piala Super Prancis.

Baca Juga

1. Peluang Mauricio Pochettino di Tim Nasional

Striker dan pelatih Timnas Inggris, Harry Kane (kiri) dan Gareth Southgate saat sedang latihan jelang lawan Amerika Serikat di pertandingan kedua Grup B Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Paul Childs).

Jika berbicara mengenai peluang pelatih berusia 50 tahun itu di kancah internasional, rasanya sulit baginya untuk menangani tim-tim seperti Spanyol, Belanda, Argentina, Jerman, maupun Prancis.

Negara-negara tersebut pastinya selalu punya kans untuk mendapatkan kans juara dalam setiap kompetisi yang digelar.

Baca Juga

Namun, setidaknya masih ada tim besar lainnya di kancah internasional yang bisa ia latih dan masuk kategori tim unggulan, seperti Timnas Inggris, Timnas Belgia, dan sejumlah tim nasional dari Amerika Selatan.

Hal itu didasari dari nasib-nasib pelatih yang menangani dua negara tersebut. Di mana pelatih Timnas Inggris saat ini, Gareth Southgate tengah mengalami ancaman pemecatan jika gagal menjadi juara Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sama halnya dengan pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez yang kontraknya tidak akan diperpanjang usai Piala Dunia 2022 berakhir.

Tentu menjadi awal yang baik bagi Mauricio Pochettino jika bisa melatih Timnas Inggris atau Timnas Belgia dalam kariernya sebagai pelatih di level tim nasional.

Baca Juga
InggrisArgentinaPiala DuniaPSGMauricio PochettinoPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini