x

5 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dengan Harga Termahal: Sandy Walsh Teratas

Jumat, 2 Desember 2022 18:40 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 dengan harga pasar tertinggi, di mana Sandy Walsh sukses menempati posisi puncak.

Jelang Piala AFF 2022, saat ini Timnas Indonesia tengah menjalani persiapan serius dengan mengadakan pemusatan latihan di bawah asuhan Shin Tae-yong sejak 28 November lalu.

Piala AFF 2022, dijadwalkan berlangsung pada 23 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Timnas Indonesia sendiri telah tergabung ke dalam Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Skuat Garuda senior memiliki kans besar lolos lantaran AFF telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Grup A. Apalagi Shin Tae-yong juga baru saja mendapatkan amunisi baru yakni Sandy Walsh serta Jordi Amat yang sudah resmi menjadi WNI.

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga bakal menggunakan dua pemain naturalisasi lainnya yaitu Marc Klok dan Ilija Spasojevic alias Spaso.

Baca Juga

Hanya saja, sejumlah alumni Timnas Indonesia di Piala AFF edisi 2020 lalu secara mengejutkan malah dicoret. Seperti Evan Dimas, Alfeandra Dewangga, Irfan Jaya dan Ezea Walian.

Tentu dicoretnya para alumni tersebut bukan tanpa alasan dilakukan oleh pelatih asal Korea Selatan. Menurunnya performa mereka pada musim ini menjadi alasan utama.

Baca Juga

Patut untuk ditunggu bagaimana kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 setelah Shin Tae-yong melakukan perombakan pemain.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022 dengan nilai pasar termahal:

Baca Juga

1. 5 Pemain Timnas Indonesia dengan Harga Pasar Tertinggi

Pemain Indonesia Marc Klok melakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti untuk memenangkan adu penalti perebutan medali perunggu Indonesia vs Malaysia di Stadion Nasional My Dinh - Hanoi, Vietnam 2022. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

Asnawi Mangkualam

Yang pertama ada bek kanan milik klub Korea Selatan, Ansan Greeners FC yakni Asnawi Mangkuama Bahar. Eks bintang PSM Makassar ini memiliki harga pasar, 345 Euro atau sekitar Rp5,6 miliar di Transfermarkt.

Asnawi Mangkualam memiliki harga yang lebih tinggi dari tiga pemain Timnas Indonesia di Eropa yaitu Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott.

Pratama Arhan

Bintang klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy yakni Pratama Arhan tercatat memiliki harga pasar sama dengan Asnawi Mangkualam.

Dilansir dari Transfermarkt, Pratama Arhan punya nilai jual sebesar 345 Euro atau sekitar Rp5,6 miliar. Nominal ini tidak mengalami perubahan sejak Desember 2021 lalu.

Marc Klok

Sebelumnya, Marc Klok sempat menempati posisi pertama sebagai pemain Timnas Indonesia dengan harga pasar tertinggi. Namun kini gelandang Persib Bandung ini hanya menempati posisi ketiga.

Baca Juga

Nilai transfer Marc Klok masih tertbilan tinggi yakni mencapai Rp8,26 miliar. Hal ini berkat penampilan apiknya bersama Persib Bandung dan selalu menjadi andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Jordi Amat

Jordi Amat resmi dilantik sebagai Warga Negara Indonesia atau WNI pada Kamis (17/11/22) lalu. Setelah resmi menjadi pemain naturalisasi, ia mampu mengalahkan nilai pasar Marc Klok.

Eks pemain Espanyol tersebut tercatat memiliki nilai transfer sebesar Rp17,38 miliar sejak gabung raksasa Liga Super Malaysia, JDT.

Baca Juga

Sandy Walsh

Di posisi pertama ada klub kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen yaitu Sandy Walsh. Sama seperti Jordi Amat, dirinya ikut dilantik sebagai WNI pada Kamis (17/11/22) lalu.

Setelah menunggu lama, akhirnya Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa berseragam Timnas Indonesia. Ia bakal menjadi pemain termahal di Piala AFF 2022 dengan nilai transfer sebesar Rp34,76 miliar.

Baca Juga
Timnas IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharSandy WalshMarc KlokShin Tae-yongPratama ArhanJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini