x

Selamat! ASIOP dari Indonesia Rebut Gelar Juara Thailand International Cup 2022

Senin, 5 Desember 2022 13:34 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Perwakilan DKI Jakarta, Asiop saat juara Piala Soeratin U-15. Kali ini tim kelahiran tahun 2005 juga menjuarai Thailand International Cup 2022. Foto: Da'Yerimon/Indosport.com

INDOSPORT.COM - ASIOP Apacinti sebagai perwakilan dari Indonesia, sukses merebut gelar juara di ajang Thailand International Cup 2022 di Pattaya, Minggu (4/12/22).

ASIOP Class of 2005 mengirimkan pemain rata-rata berusia 16-17 tahun, dan akhirnya meraih gelar juara di ajang internasional.

Perjalanan ASIOP meraih titel juara cukup mulus, padahal turnamen ini tidak hanya diikuti oleh tim asal Indonesia dan Thailand.

Beberapa tim penantang juga datang dari Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapura, India, hingga Maladewa. Maklum, ajang ini adalah turnamen bergengsi untuk level usia muda.

Pada laga perdana, ASIOP mengimbangi Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) atau Timnas Pelajar U-17, skor 1-1.

Baca Juga

Laga kedua, ASIOP akhirnya bisa meraih poin penuh, mengandaskan Visutharangsi Sport Academy Thailand dengan skor 2-0.

Laga ketiga, skuat ASIOP Class of 2005 berpesta pora saat berhasil menaklukkan wakil tuan rumah Thailand, Satit Burapha dengan skor telak 10-0 tanpa balas.

Memasuki babak semifinal, ASIOP kembali mengukir kemenangan berharga atas tim tuan rumah, yakni Bangkok FC Academy Thailand dengan skor meyakinkan 5-0.

Baca Juga

Partai final, ASIOP menghadapi penantang asal Singapura, Lion City FC. Kedua tim ini sama-sama memberikan perlawanan, tetapi akhirnya wakil Indonesia bisa menjadi juara.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, ASIOP akhirnya memastikan gelar juara setelah Azhari dan Dicki mencetak gol di babak kedua. Skor akhir 2-0 di laga final.

Baca Juga

1. Kandas di Thailand, BLiSPI Punya Fokus Lain

Perhelatan NYXS BLiSPI Cup 2022 seri nasional resmi digelar. (Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT)

Selain membahas ASIOP sebagai juara Thailand International Cup 2022, menarik pula untuk membahas kontestan lainnya, Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia.

Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) merupakan tim yang dibentuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga lewat proses seleksi kepada pelajar di Tanah Air.

Sebelum bertolak ke Thailand, BLiSPI juga sudah mengikuti ajang Garuda International Cup II U-17 2022. Namun di pentas Thailand International Cup, mereka belum beruntung.

Sejarahnya, BLiSPI dibentuk lewat proses seleksi panjang, mencakup peserta dari 34 provinsi di Indonesia, total ada 120 peserta.

Mereka melakukan seleksi tahap 1 di Solo, Jawa Tengah. Dari seleksi ini, dikreucutkan menjadi 80 peserta yang mengikuti seleksi tahap 2 di Serang, Banten, Maret 2021 lalu.

Baca Juga

Sebanyak 40 peserta lolos seleksi ke tahap 3. Mereka inilah cikal bakal pemain yang dikirim ke Thailand International Cup 2022.

Selain kelompok usia U-17, BLiSPI juga sempat melakukan seleksi pemain U-12 yang akan dikirim ke Barcelona, Spanyol.

Baca Juga

Seleksi tersebut diikuti tim yang tergabung dalam pembinaan Sekolah Sepak Bola(SSB) di seluruh Indonesia, bertempat di lapangan Asiop Sentul Bogor, 10 November 2022 lalu.

Sebanyak 32 tim yang berisikan 384 pemain muda bersaing hingga 12 November 2022, untuk memperebutkan tiket ke Spanyol.

Sebab, hanya ada 12 pemain yang berhak dikirim ke Spanyol dan menimba ilmu sepak bola di Barcelona. Nama-nama pemain akan diumumkan kemudian oleh penyelenggara.

Baca Juga
ThailandBola InternasionalASIOP ApacintiBakat Muda IndonesiaSekolah SepakbolaTimnas PelajarPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini