x

Gacor di Debut, Dua Bintang Naturalisasi Baru Malaysia Siap Jegal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Senin, 12 Desember 2022 03:35 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Kehadiran Lee Tuck (34) di skuat mereka membuat Malaysia kian terlihat siap menyaingi timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 mendatang.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Lee Tuck (34) di skuat mereka membuat Malaysia kian terlihat siap menyaingi timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 mendatang.

Sang pemain naturalisasi baru saja mendapatkan debut bersama Harimau Malaya pada Jumat (09/12/22) lalu melawan Kamboja dan bahkan memberikan dampak signifikan.

Tuck yang berposisi sebagai gelandang serang pada awalnya adalah pemegang paspor Inggris namun pada 2022 ini akhirnya ia resmi menjadi warga negara Malaysia.

Meski sudah tidak lagi muda namun ambisinya untuk membela Malaysia di kancah internasional masih menggebu-gebu.

Akhirnya ia pun dipanggil oleh pelatih Kim Pan-gon yang menjadwalkan sejumlah uji coba di tengah jeda Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Lee Tuck tidak sendirian sebagai bintang naturalisasi anyar karena Malaysia juga memanggil Stuart Wilkin, David Rowley, serta Sergio Aguero untuk mendapatkan caps perdana mereka.

Namun Tuck jadi yang paling impresif penampilannya saat menghadapi Kamboja di Bukit Jalil Stadium. Penggawa Sri Pahang tersebut mengemas satu gol yang membantu Malaysia menang besar 4-0.

Baca Juga

Tentunya gol debut itu membuat moral Malaysia naik jelang dimulainya Piala AFF 2022 pada bulan ini.

Meski masih belum tahu apakah ia akan menembus skuat final turnamen dua tahunan tersebut namun Tuck percaya jika Malaysia bisa bicara banyak di kancah Asia Tenggara.

Ia berharap jika saat Piala AFF 2022 dimulai, dirinya berada dalam kondisi fit dan dapat mengharumkan nama Malaysia yang harus bersaing dengan para rival kuat seperti timnas Indonesia, Thailand, dan juga Vietnam.

Baca Juga

1. Berusaha Fit Demi AFF

Malaysia vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

“Debut yang sempurna. Empat gol tanpa kebobolan, dan saya mencetak gol debut bersama Malaysia,” ujar Lee Tuck seperti dikutip dari Harian Metro.

“Kami harus melanjutkan momentum ini untuk laga-laga selanjutnya. Saya hanya bermain 90 menit musim ini di Piala Malaysia,”

“(Bermain di Piala AFF 2022) adalah tantangan yang berat secara mental, fisik, dan kebugaran tapi saya rasa saya melakukannya dengan baik untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran saya,”

“Kami perlu melakukan hal yang sama dan meningkatkan level tim. Jika kami meneruskannya, pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik,” pungkasnya kemudian.

Malaysia dan timnas Indonesia baru akan bisa berjumpa di fase knockout Piala AFF 2022 karena terbagi dalam dua grup yang berbeda.

Baca Juga

Pada edisi Piala AFF 2020 silam, Harimau Malaya dan Tim Garuda sempat sekali berduel dalam fase grup dimana Merah-Putih keluar sebagai pemenang.

Brace dari Irfan Jaya plus sumbangan satu gol dari Pratama Arhan dan Elkan Baggott membuat timnas Indonesia unggul 4-1 sekaligus membuat Malaysia gagal lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga

Pertemuan kedua negara selalu jadi sesuatu yang dinanti tiap Piala AFF digelar karena aroma rivalitas. Kedatangan para pemain naturalisasi seperti halnya Lee Tuck akan semakin menambah bumbu yang bisa membuat derby Nusantara semakin seru.

Lee Tuck, Sergio Aguero, Stuart Wilkin, dan David Rowley akan merasakan debut bersama Malaysia di turnamen kompetitif dan begitu pula Sandy Walsh dan Jordi Amat di kubu timnas Indonesia.

Piala AFF 2022 masih menjadikan Thailand dan Vietnam sebagai favorit teratas untuk menjadi juara namun potensi dua negara Melayu untuk menyundul sangatlah besar.

Baca Juga

Sumber: Harian Metro, Vocket FC

MalaysiaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaPiala AFF 2022

Berita Terkini