x

Piala AFF 2022 Kian Dekat, Menakar Peluang 4 Pemain Naturalisasi Bisa Bela Timnas Indonesia

Minggu, 11 Desember 2022 16:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Menakar peluang empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia bisa tampil di Piala AFF 2022 dilihat dari faktor perizinan klub. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Semakin dekatnya gelaran Piala AFF 2022, empat pemain naturalisasi Timnas Indonesia masih belum bisa dipastikan bisa tampil di turnamen antarnegara Asia Tenggara karena faktor perizinan klub.

Selang sepekan setelah Piala Dunia 2022 tuntas, jagat sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan dengan ajang dua tahunan terakbar bertajuk Piala AFF 2022.

Ajang dua tahunan ini sendiri rencananya akan digelar mulai dari 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi di dalamnya dan akan bersaing dengan sembilan negara ASEAN lainnya untuk merengkuh trofi.

Pada Piala AFF 2022 ini, skuad Garuda tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan tim debutan yang baru comeback, yakni Brunei Darussalam.

Baca Juga

Sandy Walsh dan Jordi Amat merupakan dua bintang naturalisasi terbaru Timnas Indonesia karena mereka belum lama diambil sumpahnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Selain itu, ada juga gelandang naturalisasi milik Persib Bandung yakni Marc Klok. Kemudian yang terbaru Shin Tae-yog memutuskan memanggil bomber Bali United yakni Ilija Spasojevic alias Spaso.

Baca Juga

Meski keempat pemain tersebut punya peluang tampil di Piala AFF 2022 secara kualitas performa, bukan tidak mungkin mereka batal tampil membela Timnas Indonesia karena satu alasan khusus.

Alasan tersebut adalah masalah perizinan yang diberikan oleh klub masing-masing pemain naturalisasi tersebut.

Pasalnya, turnamen Piala AFF 2020 sendiri tidak termasuk dalam kalender resmi FIFA sehingga akan sulit klub melepas pemainnya.

Baca Juga

1. 1. Marc Klok (Persib Bandung)

Marc Klok akan jadi pemain termahal di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Sebagaimana diketahui, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, merencanakan perhelatan Liga 1 2022-2023 bisa diliburkan selama Piala AFF 2022 berlangsung.

Dengan tidak adanya pertandingan Liga 1 ini, maka klub-klub di Liga Indonesia dipersilakan untuk mengirimkan pemainnya memenuhi panggilan Shin Tae-yong membela Timnas Garuda.

Marc Klok sendiri merupakan andalan Persib Bandung di sepanjang kompetisi Liga  1 2022-2023. Perannya di lini tengah telah membantu tim besutan Luis Milla tersebut tampil impresif sejauh ini.

Namun, pemain keturunan Belanda tersebut tidak bisa memperkuat Bandung saat Liga 1 dilanjutkan karena dirinya telah dipanggil mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama skuad Shin Tae-yong.

Marc Klok punya kesempatan besar untuk membela Timnas Indonesia, terlepas dari izin yang diberikan Persib Bandung untuk gelaran Piala AFF 2022.

Baca Juga

Pasalnya, Klok selama ini selalu dipercaya oleh Shin Tae-yong menjadi roda penggerak lini tengah Skuad Garuda dalam sejumlah pertandingan uji coba.

2. Ilija Spasojevic (Bali United)

Sama halnya dengan Marc Klok, Ilija Spasojevic juga berpeluang besar dijadikan starter Shin Tae-yong dalam skuad final Timnas Indonesia Piala AFF 2022.

Pasalnya, Bali United juga bersaing di kompetisi Liga 1 yang akan diliburkan selama Piala AFF 2022 digulirkan pada Desember 2022 hingga Januari 2023 mendatang.

Spasojevc sendiri awalnya tidak termasuk dalam daftar 28 pemain awal yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Baca Juga

Hanya empat pemain yang dipanggil untuk lini depan yakni Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, dan Ramadhan Sananta. 

Namun, menjelang TC, Dimas Drajad dikabarkan mengalami cedera sehingga tidak bisa memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Spaso sudah cukup lama tak dipanggil ke Timnas Indonesia. Terakhir kali dia membela timnas Indonesia pada 2019 di mana dia baru mencatatkan dua caps sejak dinaturalisasi pada 2017.

Meski Shin Tae-yong sempat menyatakan bahwa Spaso tidak cocok untuk skemanya ditambah faktor usia, Spaso bisa dijadikan opsi lini depan timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Hal ini berkaca dari performanya di Bali United. Sebanyak tujuh gol dibukukan penyerang naturalisasi asal Montenegro itu di sebagian putaran pertama Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

2. 3. Jordi Amat (Johor Darul Takzim)

Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kemenhukam didampingi oleh Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Raksasa Liga Malaysia, Johor Darul Takzim, sejatinya melepaskan 14 pemain ke Piala AFF 2022, yaitu 13 pemain ke timnas Malaysia dan satu pemain ke timnas Indonesia.

Adapun dari 13 pemain yang diharapkan membela Harimau Malaya, hanya dua pemain yang tetap berkomitmen yakni Safawi Rassid dan Ramadhan Saifullah.

Menurut keterangan resmi FAM, 11 pemain JDT plus 1 pemain Pahang FA absen memebla Timnas Malaysia karena "urusan pribadi, komitmen keluarga, atau masalah cedera".

Muncul rumor tak sedap bahwa pemilik JDT, Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim (TMJ) melarang pemainnya dilepas untuk tampil di Piala AFF.

Intervensi TMJ ini rupanya bersandar pada regulasi FIFA yang menyatakan klub memiliki hak dan tidak berkewajiban melepas pemain ke turnamen di luar kalender FIFA.

Baca Juga

“Piala AFF adalah piala yang mengacaukan jadwal pertadingan, misal Januari report game, Piala AFF berakhir tanggal 5 Januari, mau liburan kapan?” tulis TMJ di akun Instagram pribadinya (30/11/22)

Untungnya, Jordi Amat sendiri tidak termasuk dalam daftar pemain JDT yang ‘dilarang’. Jordi Amat bahkan sudah bergabung ke TC Timnas Indonesia di Bali sejak bulan lalu.

Jordi Amat bertekad membawa Timnas Indonesa juara Piala AFF 2022. Namun demikian keputusan final dia masuk skuad Garuda tetap ada di tangan Shin Tae-yong.

4. Sandy Walsh (KV Mechelen)

Sandy Walsh sebelumnya masuk dalam daftar 28 pemain Timnas Indonesia yang disiapkan jelang berlaga di Piala AFF 2022. Ia sejatinya telah melakoni TC di Bali sejak 29 November 2022 lalu.

Namun setelah sepekan berlatih, Sandy Walsh terpaksa meninggalkan rekan-rekannya untuk kembali ke klubnya di Belgia, KV Mechelen.

Baca Juga

Sandy Walsh dipanggil klubnya karena tenaganya dibutuhkan untuk melanjutkan kompetisi resmi di Liga Belgia yang dimulai sejak 23 Juli 2022 itu baru akan berakhir pada 22 Mei 2023.

Sejauh ini, Sandy Walsh cukup diandalkan Mechelen dan sudah mencetak dua gol serta 2 assist dari 17 pertandingan.

Sejak dipanggil TC Timnas Indonesia, Sandy terpaksa melewatkan laga tandang pada 4 Desember 2022. Saat itu KV Mechelen berhasil meraih kemenangan 2-0 kontra NAC Breda.

Tentunya kabar ini sangat mengejutkan. Padahal, Sandy Walsh merupakan salah satu pemain yang akan diorbitkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022.

Kendati demikian, Sandy Walsh masih memiliki peluang debut di Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia. Kesempatan ini datang saat Timnas Garuda menghadapi Brunei Darussalam pada 26 Desember 2022.

Itu artinya, Sandy Walsh akan melewatkan laga pembuka Timnas Indonesia melawan Kamboja di kandang sendiri pada Piala AFF 2022.

Baca Juga
Ilija SpasojevicNaturalisasiTimnas IndonesiaBali UnitedBola InternasionalSandy WalshMarc KlokBerita Timnas IndonesiaKV MechelenJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini