x

Respons Spaso Usai Diberi Kepercayaan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Jumat, 2 Desember 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Ilija Spasojevic saat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bali. (Foto: Bali United)

INDOSPORT.COM - Striker naturalisasi Ilija Spasojevic menjadi nama baru yang dipanggil timnas Indonesia untuk menyambut Piala AFF 2022. Pemain kelahiran Montenegro itu bertekad membayar kepercayaan pelatih Shin Tae-yong dengan torehan gol.

Spaso dipanggil untuk menggantikan Dimas Drajad yang mengalami cedera. Dia pun sudah melakoni latihan bersama Skuad Garuda di Lapangan Training Center Bali United, Bali sejak Selasa (30/11/22).

Pemain berusia 35 tahun tersebut mengaku bangga kembali dipercaya membela SkuaT Garuda. Terakhir Spaso dipanggil ke pemusatan latihan pada 2021 lalu.

"Saya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari timnas lagi setelah cukup lama tak dipanggil. Saya mendapat kesempatan lagi dan saya percaya saya bisa menjawab kepercayaan coach Shin Tae-yong," kata Ilija Spasojevic.

Lebih lanjut, pemain Bali United itu menegaskan dalam keadaan oke. Meski Liga 1 2022-2023 tengah distop sementara, Spaso tetap latihan rutin dengan klubnya. 

Baca Juga

"Kondisi fisik saya bagus karena Bali United tetap latihan enam kali dalam seminggu walau pun liga lagi tidak jalan. Jadi saya datang ke TC timnas sudah siap untuk main," jelas pemain kelahiran 11 September 1987 tersebut.

Dari 11 laga yang telah dimainkan di Liga 1 musim ini, Spaso sudah mencetak tujuh gol dan satu assist. Dia menjadi salah satu pemain 'lokal' tersubur.

Baca Juga

Ilija Spasojevic merupakan satu di antara empat pemain naturalisasi yang dipanggil pada TC timnas kali ini. Tiga nama lain adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Marc Klok.

Spaso sejauh ini baru memainkan lima pertandingan bersama timnas Indonesia dan cetak empat gol. Dia menjalani debut pada 2017 lalu.

Baca Juga

1. Piala AFF 2022

Ilija Spasojevic, striker Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Piala AFF 2022 akan dimainkan mulai 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Indonesia akan dua kali tampil sebagai tuan rumah pada fase grup Piala AFF 2022, yakni melawan Kamboja (23 Desember) dan menjamu Thailand (29 Desembe). 

Baca Juga

Kamboja menjadi lawan pertama Sandy Walsh dkk. pada 23 Desember, kemudian Timnas Indonesia tandang melawan Brunei Darussalam (26 Desember), menjamu Thailand (29 Desember) dan away ke Filipina (2 Januari).

Pada Piala AFF sebelumnya, timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya menempati peringkat kedua. Skuat Garuda gagal juara setelah kalah agregat dari Thailand (2-6).

Baca Juga

Timnas Indonesia sudah enam kali masuk final Piala AFF, tapi tak sekali pun juara. Tim Merah Putih mentok jadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

ThailandKambojaIlija SpasojevicTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini