x

Jadi Investasi Bodong, 5 Pemain Rekrutan Arsenal Ini Gagal Bersinar

Senin, 12 Desember 2022 18:24 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Shkodran Mustafi dan Mohamed Elneny merayakan gol Pierre-Emerick Aubameyang.

INDOSPORT.COM - Arsenal dikenal sebagai klub Liga Inggris (Premier League) yang pintar berbisnis. Tetapi, mereka juga kerap salah mendatangkan pemain.

Arsenal memang suka mencari pemain berstatus bebas transfer alias pemain yang kontraknya sudah berakhir di klub asalnya.

Baca Juga

Jika berhasil direkrut dan bermain maksimal, Arsenal tidak segan menjualnya dengan harga tinggi. Namun, hal ini tidak terjadi dengan beberapa pemainnya.

Meski ada yang didatangkan secara gratis dan bahkan harga fantastis, pemain-pemain ini justru terbilang flop bermain untuk The Gunners.

Pada akhirnya, mereka harus dilepas Arsenal agar performa klub bisa membaik dan kondisi keuangannya juga turut membaik.

Baca Juga

Berikut lima pemain rekrutan Arsenal yang gagal bersinar.

Shkodran Mustafi

Shkodran Mustafi direkrut Arsenal saat masih di bawah kepelatihan Arsene Wenger, yakni pada Agustus 2016. Saat itu, Arsenal mengeluarkan dana hingga 41 juta euro untuk seorang Mustafi.

Harga tinggi itu disebabkan sang bek tengah pernah menjuarai Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman.

Baca Juga

Dengan harga tinggi itu, Mustafi diharapkan bisa menjadi pemain andalan untuk menutup celah lawan menciptakan peluang. Sayangnya, dia tampil tidak sesuai harapan.

Bek 30 tahun ini akhirnya dijual ke Schalke 04, klub asal Jerman, pada Februari 2021 dan kini sedang berseragam Levante, klub divisi dua Spanyol.


1. Andrey Arshavin

Andrey Arshavin saat berseragam Arsenal

Andrey Arshavin datang ke Emirates Stadium pada Januari 2009. Di musim 2009-2010 itulah dia menjalani musim terbaiknya bersama di sana.

Pasalnya, dia tidak lagi menjadi pemain penting The Gunners. Bahkan, striker asal Rusia ini terus dipinjamkan ke Zenit S-Pb.

Baca Juga

Pada Juli 2013, Arshavin benar-benar menjadi milik klub negara asalnya tersebut dengan status bebas transfer.

Setelah masa senjanya yang kurang mulus, Arshavin memutuskan pensiun pada Januari 2019 di Kairat Almaty, klub asal Kazakhstan.

Stephan Lichtsteiner

Dengan pengalamannya bermain tujuh musim di klub raksasa Italia, Juventus, Arsenal pun mendatangkan Stephan Lichtsteiner pada Juli 2018.

Meski didatangkan secara gratis, Arsenal tetap berharap sang bek kanan bisa membagi pengalaman bermainnya dengan rekan setimnya yang baru.

Baca Juga

Akan tetapi, Lichtsteiner rupanya tidak cocok bermain di Liga Inggris dan pada akhirnya dia hanya semusim bermain di Emirates.

Pada Agustus 2019, Lichststeiner dilepas ke FC Augsburg, klub asal Jerman, secara gratis dan berakhir pensiun di sana.


2. Willian

Willian saat masih di Arsenal.

Willian pernah menjadi pemain berharga Chelsea. Selama tujuh musim berseragam The Blues, dia telah meraih dua gelar Liga Inggris dan mencetak 37 gol serta 39 assists.

Statistik ini membuat Arsenal tertarik dan akhirnya sepakat pada Agustus 2020. Di awal-awal debutnya, Willian cukup berhasil tampil bagus.

Baca Juga

Tetapi, performa winger asal Brasil ini semakin menurun dan pihak klub memutuskan melepasnya ke Corinthians, klub negara asalnya, pada Agustus 2021.

Setelah semusim di Brasil, winger 34 tahun ini kembali ke tanah Inggris untuk bergabung dengan  Fulham.

Nicolas Pepe

Arsenal dengan gilanya merekrut Nicolas Pepe dari LOSC Lille seharga 80 juta euro pada Agustus 2019 lalu.

Baca Juga

Hal ini disebabkan Pepe punya prospek menarik lewat 22 gol dan 11 assistsnya untuk Lille di pentas Ligue 1 2018-2019 lalu.

Sayangnya, winger asal Pantai Gading ini tiadk bisa beradaptasi di Arsenal dan pada Agustus 2022 kemarin dia kembali ke Prancis untuk dipinjam semusim di OGC Nice.

WillianArsenalLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini