x

Piala Dunia 2022: Deretan Rekor yang Bakal Dipecahkan Lionel Messi di Laga Argentina vs Kroasia

Selasa, 13 Desember 2022 15:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi Lionel Messi dan Rodrigo De Paul usai Argentina cetak gol pertama kontra Belanda di Piala Dunia 2022 REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Mega bintang Timnas Argentina yakni Lionel Messi bisa memecahkan sejumlah rekor dalam laga melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Lionel Messi siap tampil habis-habisan membela Argentina versus Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022. Duel ini akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Qatar pada Rabu (14/12/22) pukul 02.00 dini hari WIB.

Tinggal dua langkah lagi bagi Lionel Messi untuk memenuhi ambisinya meraih juara Piala Dunia untuk pertama kali dalam kariernya. Namun, untuk mencapai partai final, Argentina dihadang lawan kuat yaitu Kroasia.

Kroasia yang diperkuat oleh Luka Modric bisa menjadi momok menakutkan bagi Tim Tango. Pasalnya, Messi cs pernah dihajar dengan skor 0-3 saat bersua di fase grup Piala Dunia 2018 lalu.

Namun kini Argentina sudah berbeda. Mereka tampil apik meski sempat dipermalukan Arab Saudi dengan skor 1-2 di laga perdana.

Baca Juga

Sebelum lolos ke semifinal, pasukan Lionel Scaloni, sempat dihadang lawan kuat yakni Belanda di perempat final. Bermain imbang 2-2 di waktu normal, mereka akhirnya mampu lolos ke semifinal lewat drama adu penalti.

Di semifinal, Argentina bakal dihadang oleh Kroasia. Negara yang diperkuat Luka Modric ini bukanlah tim sembarangan, karena edisi empat tahun lalu di Rusia mampu menjadi runner up.

Di Piala Dunia 2022, Kroasia menjadi salah satu tim selain Maroko yang belum terkalahkan. Di babak 16 besar, mereka sukses mengalahkan Jepang lewat drama adu penalti dengan skor 3-1.

Baca Juga

Kemudian di perempat final, Kroasia berhasil membuat Brasil angkat koper. Lagi-lagi Luka Modric dkk menang setelah melewati drama adu penalti dengan skor 4-2.

Sementara itu, selain keseruan pertarungan Argentina vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022, ada sejumlah rekor yang bisa dipecahkan oleh Lionel Messi. Apa saja itu?

Baca Juga

1. Kapten dengan Jumlah Bermain Terbanyak

Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Rekor pertama yang bisa langsung dipecahkan Lionel Messi yakni menjadi kapten dengan jumlah bermain terbanyak di Piala Dunia. Ia kini memegang rekor bersama Marquez yang sudah tampil sebanyak 18 kali sepanjang ikut Piala Dunia.

Bila Lionel Messi tidak ada halangan dan bisa diturunkan sebagai kapten di laga melawan Kroasia, ia dipastikan memimpin rekor tersebut.

Rekor Menit Bermain Terbanyak

Rekor kedua yang bisa dipecahkan Lionel Messi yakni menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia.

Rekor ini masih dipegang oleh legenda Timnas Italia, Paolo Maldini dengan total 2217 menit. Lionel Messi sendiri tercatat baru 2104 menit.

Bila ingin memecahkan rekor tersebut, Lionel Messi harus bermain hingga babak perpanjangan waktu dalam laga Argentina vs Kroasia.

Baca Juga

Bisa Jadi Top Skor Sepanjang Masa Timnas Argentina

Legenda Timnas Argentina yakni Batistuta merupakan top skor sepanjang masa Tim Tango dengan torehan 10 gol dalam kiprahnya mengikuti ajang Piala Dunia.

Saat ini, Lionel Messi memiliki rekor sama dengan Batistuta. Bila ia mampu mencetak satu gol saja ke gawang Kroasia, maka dirinya bisa menjadi top skor sepanjang sama Argentina di Piala Dunia.

Jumlah Assist Terbanyak di Sistem Gugur

Selain itu, ada juga rekor lainnya yang kemungkinan berat bisa dipecahkan oleh Lionel Messi. Pemain dengan jumlah assist terbanyak di sistem gugur dengan enam assist kini masih dipegang oleh legenda Brasil, Pele.

Lionel Messi sendiri baru mengantongi lima assist di Piala Dunia 2022. Bila dirinya bisa menciptakan dua assist di laga melawan Kroasia, maka peraih tujuh kali Ballon d'Or tersebut bisa jadi raja assist.

Baca Juga

Bakal Menyamai Rekor Legenda Jerman

Dilansir dari Opta, Lionel Messi bisa menyamai rekor penampilan terbanyak di Piala Dunia yang selama ini dipegang legenda Timnas Jerman bernama Lothar Matthaeus.

Lothar Matthaeus tercatat pernah tampil sebanyak 25 kali. Sampai saat ini Lionel Messi sudah bermain dalam 24 bersama Timnas Argentina di lima Piala Dunia yakni 2006, 2010, 2014, 2018, 2022.

Baca Juga
KroasiaArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini