x

Profil Daniele Orsato Wasit Laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2022, Bakal Ada Kontroversial?

Selasa, 13 Desember 2022 14:34 WIB
Editor: Juni Adi
Wasit Daniele Orsato saat menunjukkan kartu kuning kepada Danilo dari Juventus dalam pertandingan di Serie A Italia.

INDOSPORT.COM - Daniele Orsato ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi wasit di laga pembuka semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Kroasia.

Argentina akan mealdeni Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2022, Selasa malam atau Rabu (14/12/22) dini hari mulai pukul 02:00 WIB, di Lusail Iconic Stadium, Qatar.

Lionel Messi Cs sampai di babak ini setelah lolos sebagai juara Grup C, mengalahkan Australia 2-1 di babak 16 besar dan melibas Belanda lewat adu penalti di perempat final.

Sementara itu, Kroasia adalah runner-up Grup F yang sukses mengeliminasi Jepang, serta tim favorit juara, Brasil, pada 16 besar dan perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Faktanya, runner-up Piala Dunia 2018 itu menyingkirkan Jepang dan Brasil lewat adu penalti. Pada pertandingan di waktu normal, Kroasia hanya bisa mengimbangi lawannya.

Baca Juga

Jika duel Argentina vs Kroasia berlanjut ke babak adu penalti, pemenangnya bakal sulit ditebak. Mereka punya Emiliano Martinez dan Dominik Livakovic, dua kiper brilian saat ini.

Selain kekuatan tim, faktor penting dari pertandingan Argentina vs Kroasia adalah sang wasit.

Baca Juga

Seperti diketahui, Argentina sempat mengeluhkan kepemimpinan wasit di laga sebelumnya melawan Belanda pada 16 besar Piala Dunia 2022.

Kala itu wasit Antonio Mateu Lahoz dikritik lantaran banyak mengeluarkan kartu kuning.

Dalam laga yang berlangsung sengit itu, Argentina berhasil memulangkan Belanda lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2. 

Baca Juga

"Setelah mereka menyamakan kedudukan, saya merasa sangat marah.

"Saya tidak mau berbicara mengenai wasit karena saya akan dihukum atau disanksi namun semua orang bisa melihat apa yang terjadi," seru Messi usai pertandingan seperti dikutip AFP. 

Karena tindakan hakim yang dinilai semena-mena, mantan bintang Barcelona itu pun mengecam dan mendesak FIFA agar mengevaluasi wasit.

"FIFA harus mengevaluasi apa yang terjadi. Mereka tidak bisa memberikan wasit seperti itu di laga sepenting ini," bebernya.

Tampaknya FIFA merespons keluhan Messi, dan langsung menunjuk wasit terbaik di laga Argentina vs Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022. Dia adalah Daniele Orsato, seperti apa profilnya?


1. Profil Daniele Orsato, Wasit Argentina vs Kroasia

Prediksi pertandingan antara Argentina vs Kroasia (Piala Dunia Qatar 2022).

FIFA telah memberikan mandat tugas kepada Daniele Orsato untuk memimpin pertandingan antara Argentina vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Qatar, Rabu (14/12/22).

Badan tertinggi sepak bola dunia itu tidak asal menunjuk wasit, Daniele Orsato dipilih karena faktor pengalamannya dalam mengadili laga-laga penting internasional.

Dalam partai Argentina vs Kroasia, Orsato akan dibantu dua asisten wasit yang sama-sama berasal dari Italia yakni Ciro Carbone (asisten wasit 1) dan Alessandro Giallatini (asisten wasit 2).

Daniele Orsato adalah wasit asal Italia, ia memulai kariernya di pertandingan Serie C pada tahun 2002.

Kinerjanya sebagai wasit sangat baik, sehingga lambat laun ia terus naik kasta dalam memimpin pertandingan hingga akhirnya berada di Serie A.

Tidak hanya kompetisi Serie A, Daniele Orsato rupanya sudah mengadili di banyak turnamen lokal, termasuk tiga kali final Coppa Italia.

Pada 2012 Orsato yang sudah mengantongi lisensi FIFA dan UEFA, menjalani debut memimpin pertandingan di Liga Champions.

Baca Juga

Pertandingan pertama yang ia pimpin adalah FC Porto vs Dinamo Zagreb.

Kinerjanya sangat baik, UEFA kemudian sering menggunakannya sebagai wasit untuk final salah satunya antara PSG vs Bayern Munchen di 2020 lalu.

Lalu, Orsato pertama kali mendapatkan kepercayaan memimpin laga internasional mayor terjadi di ajang Euro 2020 di mana ia memimpin tiga pertandingan, memberikan 14 kartu kuning dan satu kartu merah.

Baca Juga

2. Pernah Untungkan Lionel Messi

Nahuel Molina dari Argentina merayakan gol pertama bersama Lionel Messi di Piala Dunia 2022 REUTERS-Paul Childs

Daniele Orsato sendiri sejauh ini sudah dua kali memimpin pertandingan Piala Dunia 2022. Pertama antara Qatar vs Ekuador di laga pembuka, dan kedua antara Argentina vs Meksiko di fase grup.

Di laga yang krusial buat Argentina tersebut, Daniele Orsato keluarkan lima kartu kuning dengan empat diantaranya diberikan kepada pemain Meksiko.

Sebelum memimpin laga Argentina, Daniele Orsato lebih dulu jadi pengadil di pertandingan Qatar vs Ekuador. Di partai tersebut, Daniele Orsato mengeluarkan hingga 6 kuning.

Selain cukup ramah dengan minim berikan kartu kuning buat Argentina, kehadiran Daniele Orsato sebagai wasit juga seolah jadi jimat keberuntungan bagi skuad Lionel Scaloni.

Sebab, Argentina yang sedang terpuruk usai kalah di pertandingan perdana penyisihan grup, berhasil raih kemenangan atas Meksiko dengan skor telak 2-0.

Tak cuma menang, Messi pun seolah bersinar dengan cetak gol pembuka dan turut berkontribusi dalam gol kedua Argentina yang dilesakkan Enzo Fernandez.

Tidak hanya pernah memimpin Argentina, pria berusia 47 tahun itu juga pernah ambil bagian untuk pertandingan Kroasia, sebanyak tiga kali.

Ia menjadi pengadil lapangan ketika Kroasia bertemu Republik Ceko di partai persahabatan serta pada pertandingan kualifikasi Euro 2020 Hungaria menghadapi Vatreni.

Dalam dua pertandingan tersebut, Luka Modric dan kolega berhasil meraih kemenangan.

Namun, ada satu pertandingan Kroasia yang dipimpin oleh Orsato mengalami hasil pahit pada saat Vatreni melawan timnas Inggris di Euro 2020. Ketika itu The Three Lions menang 1-0.

KroasiaArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini