x

4 Kiper Top Hanya Menghangatkan Bangku Cadangan di Piala Dunia 2022, Ada Kiper Manchester City

Rabu, 14 Desember 2022 20:10 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Ederson dan Alisson Becker.

INDOSPORT.COM - Piala Dunia 2022 akan sedang melangsungkan semifinal dengan sederet drama menarik. Salah satunya, beberapa kiper top ini hanya jadi penghangat bangku cadangan di turnamen ini. 

Namanya juga Piala Dunia 2022, turnamen akbar antarnegara, yang selalu dihadiri para pemain berlabel bintang dari seluruh muka bumi. 

Baca Juga

Para pemain berlabel bintang ini pun biasanya sudah membela klub-klub besar terutama yang berkarier di Eropa. 

Pemain disebut berlabel bintang karena kualitas yang mereka miliki dan konsisten ditunjukkan di timnya masing-masing. 

Jadi tidak heran jika para pelatih masing-masing negara memanggil para pemain terbaiknya dari berbagai klub top Eropa. 

Baca Juga

Tapi karena banyaknya pemain top dalam satu negara, membuat beberapa pemain tidak dipanggil. Atau mereka yang tetap dipanggil tapi tidak mendapat kesempatan bermain di Piala Dunia 2022. 

Atau lebih miris lagi seperti Andre Onana, tiba-tiba menghilang dari daftar pemain Kamerun saat menghadapi Serbia di laga Grup G Piala Dunia Qatar 2022.

Pelatih Kamerun, Rigobert Son, sebelumnya telah menyatakan alasannnya tidak melibatkan kiper Inter Milan di pertandingan tersebut karena masalah kedisiplinan.

Baca Juga

Seperti Onana, meski tidak coret, terdapat sederet kiper top yang hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama Piala Dunia 2022 berlangsung. 

Siapa sajakah 4 kiper top yang sudah dirangkum di bawah ini yang hanya menghangatkan bangku cadangan di Qatar? Simak selengkapnya. 


1. 1. Rui Patricio (Portugal)

Klub Liga Inggris, Arsenal, resmi menggaet kiper Timnas Inggris, Aaron Ramsdale, dari Sheffield United di bursa transfer.

Rui Patricio yang sebelumnya menjadi kiper pertama Portugal, harus menyaksikan penerusnya Diogo Costa lebih sering diberi kesempatan di Piala Dunia 2022. 

Diogo Costa memang selalu menjadi pilihan Fernando Santos hingga Portugal terhenti di babak perempatfinal dari Maroko. 

Baca Juga

Penampilannya yang solid membuat Rui Patricio hanya jadi penghangat bangku cadangan, padahal dia cukup krusial ketika negaranya menjuarai Euro 2016 lalu. 

2. Aaron Ramsdale (Inggris)

Gareth Southgate tampaknya belum sepenuhnya percaya kepada Aaron Ramsdale, meski klubnya, Arsenal, kini berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris. 

Jordan Pickford masih terus dipercaya untuk mengawal gawang The Three Lions sejak babak grup hingga perempatfinal kemarin. 

Baca Juga

Dengan kepercayaan penuh pada Pickford, Ramsdale pun harus menerima dirinya tidak memainkan satu laga pun di turnamen akbar antarnegara ini. 

Tentu saja ini sangat ironis, karena Ramsdale sejauh musim 2022/2023 ini, merupakan kiper dengan clean sheet terbanyak di Liga Inggris sebanyak tujuh pertandingan. 

3. Marc-Andre ter Stegen (Jerman)

Selanjutnya ada Marc-Andre ter Stegen, yang lagi-lagi harus menghangatkan bangku cadangan setiap Jerman bermain di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga

Pelatih Jerman Hansi Flick masih memberikan pos penjaga gawang kepada Manuel Neuer yang memang lebih berpengalaman di turnamen-turnamen besar. 

Ter Stegen pun tidak pernah mencatat satu penampilan pun di Qatar. Padahal, sejauh Liga Spanyol 2022/2023 ini, dia menjadi kiper terbanyak clean sheets sebanyak 11 kali. 


2. 4. Ederson (Brasil)

Raul Jimenez pemain Wolves berusaha membobol gawang Ederson.

Yang lebih miris lagi, ada kiper top yang bahkan menyabet penghargaan kiper terbaik Liga Inggris 2021/2022 lalu, yakni Ederson Moraes. 

Kiper Brasil yang membela Manchester City sejak musim panas 2017 ini bisa dibilang sangat jarang diturunkan sebagai starter di Piala Dunia 2022. 

Pengalaman tidak mengenakkan ini lantaran pelatih Brasil Tite lebih percaya kepada kiper Liverpool Alisson Becker untuk menjaga gawang timnya. 

Baca Juga

Tidak seperti tiga kiper lainnya di artikel ini, Ederson sempat diturunkan sebagai starter yakni saat Brasil tumbang 0-1 dari Kamerun di laga fase grup Piala Dunia 2022. 

Padahal di Manchester City sejauh musim 2022/2023 bergulir, dia masih terus diandalkan Pep Guardiola.

ArsenalManchester CityPiala Dunia 2022EdersonAaron Ramsdale

Berita Terkini