x

Josep Ferre Ybarz, Pelatih Timnas Filipina di Piala AFF 2022 dengan Aroma Barcelona

Kamis, 15 Desember 2022 18:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih anyar Timnas Filipina jelang Piala AFF 2022, Josep Maria Ferre Ybarz. Foto: Instagram@theazkalsph.

INDOSPORT.COM - Josep Maria Ferre Ybarz merupakan pelatih anyar Timnas Filipina yang ditunjuk jelang Piala AFF 2022 dan pernah bekerja di akademi Barcelona.

Perhelatan Piala AFF 2022 hanya tinggal menghitung hari. Para kontestan yang sudah dibagi menjadi dua grup saling berlomba menyiapkan tim terbaik jelang kick-off turnamen pada 20 Desember nanti.

Tidak terkecuali Timnas Filipina, yang belum lama ini kedatangan juru taktik baru. Penunjukan Josep Ferre Ybarz sudah diumumkan melalui lakun resmi The Azkals di media sosial.

“Maligayang pagdating sa pilipinas, Coach Coco!” demikian bunyi sambutan untuk Josep Ferre Ybarz, dilansir dari akun @theazkalsph.

Josep Ferre Ybarz ditunjuk menggantikan Thomas Dooley yang kontrak kerja samanya dengan Timnas Filipina tidak diperpanjang beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Sebagai informasi, Josep Ferre Ybarz adalah pelatih berkebangsaan Spanyol kesekian yang merapat ke Timnas Filipina sepanjang tim sepak bola ini berdiri.

Pelatih terakhir asal Negeri Matador yang menangani The Azkals sebelum ini adalah Juan Cutillas Espana, yang menjabat pada periode 2008-2009 silam.

Baca Juga

Ditunjuknya Josep Ferre Ybarz pun membawa harapan besar bagi The Azkals dan para suporternya untuk melaju jauh di Piala AFF 2022.

Meski tidak memiliki rekam jejak yang mentereng sebagai pelatih, ia pernah menangani Barcelona di level akademi.

Josep Ferre Ybarz pernah membesut FC Barcelona Escola setelah mengawali karier kepelatihannya di akademi klub Spanyol, CE Europa dan CE Premia.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Josep Ferre Ybarz

Pelatih anyar Timnas Filipina jelang Piala AFF 2022, Josep Maria Ferre Ybarz. Foto: Instagram@theazkalsph.

Sebelum merapat ke Timnas Filipina, Josep Ferre Ybarz sempat berkecimpung menangani sejumlah tim dari Thailand dan Puerto Rico.

Meski belum mencatat popularitas dan ketenaran yang signifikan sebagai pelatih, Josep Ferre Ybarz sudah cukup berpengalaman menangani pemain-pemain muda.

Bagaimana tidak? Hampir sebagian kariernya dihabiskan di level akademi termasuk Barcelona Escola di Spanyol.

Secara materi pemain, Filipina mungkin masih kalah dengan Thailand atau Vietnam, namun mereka punya kesempatan yang sama besar untuk bersinar di Piala AFF 2022.

Di samping itu, Kekuatan pemain muda The Azkals pun tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja di Piala AFF edisi kali ini.

Baca Juga

Apalagi, Josep Ferre Ybarz sudah mengungkapkan optimismenya sebagai pelatih yang berpengalaman menangani tim-tim muda.

Ia berharap Piala AFF 2022 bisa jadi ‘ladangnya’ membina talenta-talenta muda, termasuk melihat seperti apa perkembangan mereka di pertandingan-pertandigan uji coba jelang turnamen.

Baca Juga

“Kami kesulitan mengumpulkan para pemain karena banyak dari mereka yang bermain di luar negeri,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi AFF.

“Akan tetapi, ini adalah kesempatan untuk membina para pemain muda,” tambah pelatih yang kini berusia 39 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Josep Ferre Ybarz juga mengaku ingin fokus dengan skuad yang ada saat ini, terlepas dari fakta bahwa Timnas Filipina yang kekurangan pemain. 

Baca Juga

2. Sosok yang Dianggap Tepat

Pelatih anyar Timnas Filipina jelang Piala AFF 2022, Josep Maria Ferre Ybarz. Foto: Instagram@theazkalsph.

Bicara soal penunjukan Josep Ferre Ybarz, manajer Timnas Filipina pun mengaku optimistis dengan pilihan federasi pada eks pelatih akademi Barcelona tersebut.

Seperti diwartakan abs-cbn.com, manajer tim The Azkals yakni Dan Palami meyakini Josep Ferre Ybarz adalah sosok yang tepat.

Menurutnya, sang pelatih cocok berada di skuad yang kebanyakan berisi pemain muda dan dinamis, lantaran didukung CV-nya yang berbau Barcelona dan tim-tim lainnya.

Persiapan Menuju Piala AFF 2022

Jelang Piala AFF 2022, Timnas Filipina baru saja menyelesaikan laga uji coba melawan Vietnam, tapi sayang mereka takluk dengan skor 0-1.

Meski hasil ini terbilang kurang impresif, keberadaan Josep Ferre Ybarz tetap sebuah angin segar bagi Timnas Filipina di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Sepanjang kariernya, Josep Ferre Ybarz sudah pernah bekerja di sejumlah klub, termasuk jadi direktur akademi FC Barcelona Escola, lalu ke Kitchee SC (Hong Kong), dan Buriram United (Thailand).

Selain itu, ia juga tercatat sebagai pelatih kepala di Ratchaburi FC dan juga Bangkok Glass FC, sebelum pindah ke FC Bayamon di Puerto Rico.

Baca Juga

Di Asia, pelatih kelahiran 26 November 1983 tersebut sempat membesut East Bengal di India.

Timnas Filipina akan mengawali perjuangan di Piala AFF 2022 di Grup A bersama Timnas Indonesia, Brunei, Kamboja, dan Thailand.

Sementara itu, Grup B berisikan Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Vietnam.

Baca Juga

Sumber: news.abs-cbn.com, aseanfootball.org

BarcelonaFilipinaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini