x

Piala Dunia 2022: Jelmaan Benzema-Kante-Pogba dalam Tubuh Antoine Griezmann di Timnas Prancis

Jumat, 16 Desember 2022 14:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Antoine Griezmann menjelma sebagai tiga sosok penting di Timnas Prancis yang absen di Piala Dunia 2022, yakni N’Golo Kante, Paul Pogba dan Karim Benzema. (Foto: REUTERS/Bernadett Szabo)

INDOSPORT.COM – Antoine Griezmann menjelma sebagai tiga sosok penting di Timnas Prancis yang absen di Piala Dunia 2022, yakni N’Golo Kante, Paul Pogba dan Karim Benzema. Mengapa demikian?

Timnas Prancis berhasil memastikan langkahnya ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar setelah menumbangkan tim kuda hitam Maroko dengan skor 2-0 di babak sebelumnya.

Dua gol kemenangan tanpa balas Les Bleus tersebut lahir berkat sepakan kaki Theo Hernandez pada babak pertama disusul gol pemain pengganti Randal Kolo Muani pada babak kedua.

Bagi Prancis, ini merupakan final Piala Dunia kedua mereka secara beruntun setelah kemenangan mereka di Rusia 2018 lalu.

Sementara di final Piala Dunia 2022 kali ini, Prancis akan menantang Argentina untuk mempertahankan gelar juara yang akan dilangsungkan hari Minggu (18/12/22).

Baca Juga

Jika Kylian Mbappe dan kawan-kawan bisa mengalahkan Argentina, Les Bleus bakal menyamai pencapaian Brasil sebagai juara back-to-back Piala Dunia 1958 dan 1962.

Pencapaian Les Bleus ini memang sangatlah mengejutkan mengingat skuad Didier Deschamps tidak diperkuat sejumlah pemain yang memenangkan trofi edisi 2018.

Baca Juga

Paul Pogba, N’Golo Kante dan Karim Benzema termasuk di antara pemain yang tidak bisa mentas di Qatar karena mengalami cedera dan masih dalam tahap pemulihan.

Namun siapa sangka jika ada pemain lain yang mampu memainkan peran integral di skuad Prancis. Dia adalah Antoine Griezmann yang mengalami perubahan posisi dari striker ke gelandang.

INDOSPORT pun tertarik untuk membedah peran Antoine Griezmann di Timnas Prancis selama Piala Dunia 2022 yang digadang-gadang mirip seperti Benzema, Kante dan Pogba. 

Baca Juga

1. 1. Karim Benzema

Striker Timnas Prancis, Karim Benzema saat pertama kali tiba di Qatar untuk bermain di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

Absennya penyerang Real Madrid, Karim Benzema, di Piala Dunia 2022 awalnya diprediksi akan menjadi bencana besar bagi Prancis. Namun, Didier Deschamps tak kehilangan akal dengan memasukkan sejumlah pemain depan di kompetisi ini.

Deschamps tetap mengandalkan Kylian Mbappe sebagai striker utama. Selain itu, ada Olivier Giroud, Ousmane Dembele, Kingsley Coman, Marcus Thuran, Randal Kolo Muani, hingga Antoinne Griezmann.

Untuk nama terahir, Antoine Griezmann sejauh ini memang belum menyumbang satu pun gol untuk Prancis. Namun demikian, Griezmann memiliki peran yang lebih mendalam.

Dia benar-benar menggantikan posisi Karim Benzema sebagai penyerang bayangan. Bintang Atletico Madrid itu berperan menarik lawan dan memantulkan bola untuk membuka ruang bagi striker Prancis.

Baca Juga

Griezmann memainkan peran tersebut dengan cukup apik. Hasilnya, dia bisa membantu Olivier Giroud dan Kylian Mbappe bebas mencetak gol ke gawang lawan.

Peran ini juga pernah dilakukan Karim Benzema ketika masih duet bareng Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Griezmann juga melakukan peran serupa di Atletico Madrid.

Baca Juga

Melansir dari Sofascore, Griezmann yang menjadi man of the match pada babak semifinal antara Prancis vs Maroko kemarin termasuk di antara pemain terbaik.

Griezmann mencatatkan skor 7.80, belakang megabintang Argentina Lionel Messi (8.12) untuk kategori sama penyerang.

Namun, Griezmann mampu menciptakan tujuh peluang emas untuk Prancis sedangkan Messi hanya mencatat enam di Argentina di sepanjang penampilan mereka Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. 2. N’Golo Kante

NGolo Kante dan Blaise Matuidi bersama trofi Piala Dunia 2018.

Tanda disadari, Antoine Griezmann juga memainkan peran yang sama dengan N’Golo Kante ketika gelandang Chelsea itu  menjadi kunci saat tmnas Prancis memenangkan Piala Dunia 2018.

Dari lini belakang yang solid, Les Blues mampu membangun serangan, mengandalkan kecepatan pemain-pemain depannya. Permainan bertahan Prancis disempurnakan oleh keberadaan Kante.

Kante bermain di seluruh pertandingan Prancis di Piala Dunia 2018. Seberapa peran besar yang dia punya untuk sukses Les Bleus bisa terlihat dari dua kali dia terpilih jadi man of the match.

Demikian halnya dengan Griezmann. Di pertandingan melawan Maroko, misalnya, Griezmann benar-benar ada di mana-mana, dan dia menjaga Les Bleus tetap hidup di semua lini meski Maroko menggempur habis-habisan.

Melansir dari Squawka, Griezmann yang bermain selama 90 menit melakukan 9 penyelamatan, 2 intersep, 3 sapuan, memenangkan 7 dari 12 duel udara, serta melakukan 4 umpan kunci.

Baca Juga

3. Paul Pogba

Paul Pogba adalah sosok pemain Timnas Prancis lainnya yang ditampilkan oleh Antoine Griezmann selama Piala Dunia 2022.

Paul Pogba juga memiliki peran penting ketika mengantarkan Prancis memenangkan Piala Dunia 2018 Perannya terlihat jelas di lini tengah skuad Didier Deschamps.

Baca Juga

Menurut data Sofascore, Pogba memang hanya menciptakan satu peluang emas di Piala Dunia 2018. Namun dia melakukan pekerjaannya dengan baik  baik di lini tengah maupun saat bertahan.

Bahkan, Paul Pogba turut mencetak gol saat Perancis menang 4-2 atas Kroasia pada laga final Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Luzhniki.

Nah, seperti Paul Pogba, akankah Antoine Griezmann punya kesempatan mencetak gol saat final Prancis vs Argentina untuk mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia 2022 dengan manis? Menarik untuk dinantikan ya sob!

Baca Juga
PrancisArgentinaAntoine GriezmannLionel MessiKarim BenzemaPaul PogbaPiala Dunia 2022N'Golo KanteProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini