x

Copa Selatan 2022, Miniatur Piala Soeratin Penempa Bakat Muda Sepak bola Jaksel

Sabtu, 17 Desember 2022 19:35 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Askot PSSI Jakarta Selatan baru saja selesai menggelar turnamen usia muda bertajuk Copa Selatan 2022.

INDOSPORT.COM - Askot PSSI Jakarta Selatan baru saja selesai menggelar turnamen usia muda bertajuk Copa Selatan 2022. Kegiatan ini berlangsung di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Sabtu (17/12/22).

Ada pun Copa Selatan dirancang sedemikian rupa agar menyerupai Piala Soeratin. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak SSB untuk mencicipi atmosfer turnamen bersejarah tersebut.

Diketahui, Piala Soeratin merupakan turnamen rutin yang diadakan PSSI setiap tahun dalam rangka pembinaan sepak bola usia dini karena terdiri dari kelompok usia U-13, U-15, dan U-17 (format baru sejak 2021).

Namun, peserta Piala Soeratin harus berbentuk klub yang terdaftar sebagai anggota  PSSI, sedangkan SSB tidak memenuhi syarat untuk berpartisipasi di sana.

Berangkat dari sini lah Askot PSSI Jaksel menggulirkan turnamen yang formatnya menyerupai Piala Soeratin, mulai dari aturan dan regulasi hingga kelompok umur yang dipertandingkan, yakni U-13, U-15, dan U-17.

Baca Juga

Copa Selatan 2022 mencapai klimaksnya pada Sabtu (17/12/22). Dua SSB muncul sebagai jawara, satu di antaranya memborong dua trofi kategori U-13 dan U-15, yakni SSB Sparta, sedangkan kelompok umur U-17 dijuarai SSB Intan Soccer.

"Alhamdulillah kami telah selesai menjalankan kegiatan Copa Selatan 2022 sebagai penutup program tahun ini," kata Ketua Askot PSSI Jaksel, Try Joko Sulilo. 

Baca Juga

"Terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat, terutama Wali kota Jakarta Selatan, Pak Munjirin. Selamat kepada para juara, Sparta di U-13 dan U-15 dan Intan Soccer di U-17. Insha Allah kita ketemu lagi tahun depan," cetusnya. 

Di sisi lain, Wali kota Jakarta Selatan, Munjirin, yang turut hadir dan menyerahkan trofi juara kepada para pemenang mengapreasiasi penyelenggaraan Copa Selatan 2022

"Angkat top kepada Askot PSSI Jaksel yang terus konsisten menghidupkan sepak bola di Jaksel. Kalah menang soal biasa yang paling penting tetap semangat. Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi," tandasnya.

Baca Juga

1. Copa Selatan 2022

Askot PSSI Jakarta Selatan baru saja selesai menggelar turnamen usia muda bertajuk Copa Selatan 2022.

Rekapitulasi Juara Copa Selatan 2022

Kategori U-13
Juara: SSB Sparta
Runner-up: SSB T-Eleven

Kategori U-15
Juara: SSB Sparta
Runner-up: Bhayangkara Muda Jakarta

Kategori U-17
Juara: Intan Soccer School
Runner-up: SSB Tibi FC 

PSSIFestival Olahraga Usia DiniLiga IndonesiaPiala SoeratinBola IndonesiaPembinaan Usia Dini

Berita Terkini