x

3 Alasan Griezmann Bakal Lebih Bersinar dari Messi di Final Piala Dunia Argentina vs Prancis

Minggu, 18 Desember 2022 12:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Antoine Griezmann berpeluang menjadi pemain yang lebih bersinar dibandingkan Lionel Messi di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

INDOSPORT.COM – Antoine Griezmann berpeluang menjadi pemain yang lebih bersinar dibandingkan Lionel Messi di final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Partai final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan antara Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu (18/12/22) mulai pukul 22.00 WIB.

Pertemuan malam nanti tentunya akan berlangsung sengit. Sebab, kedua tim sama-sama mendambakan gelar ketiga di sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Argentina dan Prancis memang pernah dua kali menjadi juara di Piala Dunia. Argentina jadi kampiun pada 1978 dan 1986 sementara Prancis meraih gelar pada 1998 dan 2018.

Bukan hanya itu, akan ada duel antara dua playmaker masing-masing tim yang sama-sama menjalani turnamen dengan catatan impresif, yakni Lionel Messi dan Antoine Griezmann.

Baca Juga

Di atas kertas, Lionel Messi memang lebih unggul dibandingkan Griezmann. Pemain yang juga bermain di Paris Saint-Germain ini mencetak 5 gol dari enam penampilannya di Piala Dunia.

Untuk bisa menandingi Messi, Griezmann menyatakan bahwa hal itu memang sebuah pekerjaan yang sulit dan bahkan mustahil dilakukan.

"Tim mana pun yang punya Messi akan jadi persoalan yang berbeda," ujar Griezmann yang pernah satu tim dengan Messi di Barcelona itu, seperti dilansir Sky Sports.

Baca Juga

"Kami sudah melihat hampir semua pertandingan di Piala Dunia ini, kami sudah menonton bagaimana Argentina main, kami tahu bagaimana mereka bermain, mereka tim yang sulit untuk dilawan dan tim yang sedang dalam performa terbaik."

"Tentu saja bukan cuma ada Messi, dia dikelilingi tim yang kuat, jadi kami tahu ini akan jadi pertandingan berat. Kami tahu mereka akan dapat banyak dukungan dari penonton."

Namun demikian, Antoine Griezmann memiliki modal apik yang diprediksi bakal menjadikan final Piala Dunia 2022 sebagai panggung unguk dirinya sendiri di kancach internasional. Apa sajakah itu?

Baca Juga

1. 1. Lagi Tajam-tajamnya

Selebrasi Antoine Griezmann pasca Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 (11/12/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Antoine Griezmann menunjukkan perannya sebagai sosok integral di kubu Prancis hingga mencapai babak final Piala Dunia 2022.

Bahkan pakar transfermarkt, Stefan Bienkowski, lewat cuitan di akun Twitter @SBienkowski mengklaim bahwa Antoine Griezmann menjelma N’Golo Kante, Paul Pogba dan Karim Benzema.

Bukan tanpa alasan, Griezman mampu menghadirkan sosok tersebut karena performanya yang tajam setelah mengalami perubahan posisi dari striker ke gelandang.

Griezmann memiliki peran mendalam meskipun dia belum menyumbang satu pun gol untuk Prancis. Peran tersebut terlihat saat dia menciptakan peluang.

Melansir dari Sofascore, Griezmann yang menjadi man of the match di babak semifinal antara Prancis vs Maroko kemarin cukup mahir dalam menciptakan peluang emas.

Baca Juga

Griezmann mencatatkan skor 7.80, belakang megabintang Argentina Lionel Messi (8.12) untuk kategori sama penyerang.

Namun, Griezmann mampu menciptakan 7 peluang emas untuk Prancis sedangkan Messi hanya mencatat 6 di Argeninta di sepanjang penampilan mereka Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Bantu Mbappe dan Giroud Cetak Gol

Dengan peluang yang dia ciptakan, tak mengherankan jika Griezmann juga menjadi andil di balik gol-gol yang dicetak dua penyerang Prancis, yakni Olivier Giroud dan Kylian Mbappe.

Berperan seperti Karim Benzema sebagai penyerang bayangan. Bintang Atletico Madrid itu mampu menarik lawan dan memantulkan bola untuk membuka ruang bagi kedua striker Prancis.

Hasilnya, Giroud dan Mbappe pun menempatkan diri mereka dalam daftar pencetak gol terbanyak di sepanjang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. Griezmann vs Messi, Bukan Sekedar Statistik

Lionel Messi dari Argentina merayakan setelah pertandingan saat Argentina melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS-Kai Pfaffenbach)

Mbappe saat ini bersaing dengan Lionel Messi untuk dapatkan Golden Boots berkat torehan 5 gol. Mbappe juga mencatat 2 assist sedangkan Messi 3 assist.

Ada pun Giroud menjadi pencetak gol terbanyak kedua Prancis dengan 4 gol. Giroud bahkan bersaing ketat dengan pemain muda Argentina, Julian Alvarez dengan torehan sama.

Nah dari total 9 gol yang dicetak Mbappe dan Girpud, Griezmann menyumabng 2 assist di antaranya dan 1 assist lagi untuk gol yang dicetak Aurelien Tchouameni.

Berkat tiga assist tersebut, Griezmann termasuk dalam daftar top assist Piala Dunia 2022. Dia bersaing dengan sosok creator serangan seperti Bruno Fernandes (Portugal), Harry Kane (Argentina), dan Lionel Messi.

Tentunya, Griezmann diharapkan bisa menambah catatan assist untuk timnas Prancis saat melawan Argentina, syukur-syukur mencetak gol untuk menyempurnakan penampilannya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

3. Pemain Tersibuk di Kubu Prancis, Messi Juga?

Tanda disadari, Antoine Griezmann juga memainkan peran yang sama dengan N’Golo Kante ketika gelandang Chelsea itu  menjadi kunci saat tmnas Prancis memenangkan Piala Dunia 2018.

Kante bermain di seluruh pertandingan Prancis di Piala Dunia 2018. Seberapa peran besar yang dia punya untuk sukses Les Bleus bisa terlihat dari dua kali dia terpilih jadi man of the match.

Demikian halnya dengan Griezmann. Di pertandingan melawan Maroko, misalnya, Griezmann benar-benar ada di mana-mana, dan dia menjaga Les Bleus tetap hidup di semua lini meski Maroko menggempur habis-habisan.

Baca Juga

Melansir dari Sofascore, Griezmann yang bermain selama 90 menit melakukan 9 penyelamatan, 2 intersep, 3 sapuan, memenangkan 7 dari 12 duel udara, serta melakukan 4 umpan kunci.

Jika dibandingkan dengan Griezmann, Lionel Messi secara pergerakan lebih banyak di lini serangan Argentina. Pemain 35 tahun ini jarang membantu secara defensive timnya sendiri.

Oleh karenanya, rasa optimistis tetap harus dijunjung tinggi oleh Griezmann jika ingi  mengungguli performa Lionel Messi di partai final Piala Dunia 2022 antara  Argentian vs Prancis. 

"Jadi, kami akan mulai bekerja besok, membicarakannya, melihat mana yang jadi fokus dan di mana kami bisa melukai mereka dan bertahan. Kami akan bersiap dengan baik," pungkas Griezmann. 

Baca Juga
PrancisArgentinaAntoine GriezmannLionel MessiPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini