x

Argentina vs Prancis: Kunci Les Bleus Juara Piala Dunia 2022 Ada di Tangan Antoine Griezmann

Sabtu, 17 Desember 2022 15:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kesempatan Les Bleus memenangi final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis justru ada di tangan Antoine Griezmann. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Di tengah meroketnya nama Kylian Mbappe, kesempatan Les Bleus memenangi final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis justru ada di tangan Antoine Griezmann.

Piala Dunia 2022 akan memasuki babak akhir, seiring keberhasilan Argentina dan Prancis menembus partai puncak ajang empat tahunan itu.

Argentina berhasil menembus final Piala Dunia 2022 usai menang atas Kroasia dengan skor 3-0 di babak semifinal, Rabu (14/12/22).

Sedangkan Prancis kembali mengulangi pencapaian di Piala Dunia 2018 dengan menembus final usai menang 2-0 atas Maroko, Kamis (15/12/22).

Duel Argentina vs Prancis ini pun begitu dinanti-nantikan mengingat kedua tim memiliki bintang-bintang papan atas di kancah sepak bola.

Baca Juga

Pertarungan di final ini akan menyorot bintang kedua tim, yakni Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Keduanya menjadi sorotan karena berstatus top skor di Piala Dunia 2022 ini dengan lima gol.

Baik Messi dan Mbappe diprediksi akan menjadi tumpuan bagi negaranya untuk menjuarai Piala Dunia 2022 dengan kemampuan keduanya.

Baca Juga

Keabsahan Messi sebagai juru selamat Argentina meraih titel ketiganya ini tak perlu diragukan lagi, mengingat kontribusinya sejauh ini.

Namun bagi Prancis, Mbappe bukanlah satu-satunya juru selamat di Piala Dunia 2022 ini. Justru harapan Les Bleus berada di tangan seorang Antoine Griezmann.

Mengapa nasib Prancis di final Piala Dunia 2022 kontra Argentina ini justru berada di tangan Antoine Griezmann dan bukan Kylian Mbappe?

Baca Juga

1. Griezman Kunci Permainan Prancis

Selebrasi Antoine Griezmann pasca Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 (11/12/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Di Piala Dunia 2022 ini, semua pendukung Prancis sepakat jika Kylian Mbappe dan Olivier Giroud adalah otak kesuksesan Les Bleus ke babak final.

Anggapan ini tak lepas dari kontribusi gol kedua pemain itu. Mbappe mampu jadi pencetak gol terbanyak Prancis dengan lima gol di Piala Dunia 2022.

Tak mau kalah dari juniornya, Giroud juga banyak berkontribusi lewat golnya dengan sumbangan empat gol atau di belakang Messi dan Mbappe di daftar top skor Piala Dunia 2022.

Melihat catatan keduanya, wajar jika banyak yang menganggap bahwa Mbappe ataupun Giroud akan jadi tumpuan Prancis di laga final Piala Dunia 2022 kontra Argentina.

Sayang seribu sayang, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Justru kunci Prancis agar bisa menjegal langkah Argentina dan juara Back to Back Piala Dunia ada di tanagn seorang Antoine Griezmann.

Baca Juga

Secara kontribusi, Griezmann masih kalah dari Mbappe dan Giroud. Ia belum sekalipun mencetak gol di Piala Dunia 2022 ini.

Namun perannya tak terlupakan begitu saja. Apalagi jika melihat catatannya yang telah mencetak tiga assist bagi Prancis, atau yang terbanyak di Piala Dunia 2022 ini.

Peran Griezmann yang tak pernah dilihat ini bisa dikatakan sama dengan Lionel Messi bagi Argentina, di mana ia menjadi kunci apiknya permainan Prancis.

Baca Juga

Tak percaya? Di semifinal kontra Maroko, Griezmann tak mencetak satu pun assist. Tapi ia mampu menciptakan empat peluang, jumlah yang banyak dibandingkan para pemain di laga tersebut.

Hebatnya, di Piala Dunia 2022 ini Griezmann telah menciptakan 21 peluang atau paling banyak, mengungguli seorang Messi yang berstatus Playmaker.

Hebatnya lagi, Griezmann menciptakan catatan itu di tengah peran ganda yang ia mainkan. Peran ganda apa yang dimaksud?

Baca Juga

2. Peran Ganda Griezmann

Azzedine Ounahi berduel dengan Antoine Griezmann (kanan) di laga Prancis vs Maroko (15/12/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Sebagai pemain dengan peran nomor 7, wajar jika Antoine Griezmann mampu menciptakan catatan-catatan yang bisa melebihi Messi tersebut.

Tapi, perannya sebagai pemain nomor 7 lebih kompleks ketimbang hanya menjadi kreator dan menciptakan serangan bagi Prancis.

Di Piala Dunia 2022 ini, Didier Deschamps memberi tugas ganda kepada Griezmann di peran sebagai pemain nomor 7 nya tersebut, yakni bermain lebih ke dalam untuk menutup area tengah.

Peran ini diberikan seiring absennya N’Golo Kante dan Paul Pogba. Hingga babak semifinal, Griezmann mampu memerankan peran ganda itu dengan baik.

Dalam memerankan peran di area tengah, Griezmann mampu menjadi penghalang pertama lawan sebelum mencapai Adrien Rabiot dan Aurelien Tchouameni.

Baca Juga

Karena perannya ini, di Piala Dunia 2022 ini Prancis hanya kebobolan 0,83 gol per laga, lebih banyak sedikit dibandingkan kiprah Les Bleus di 2018 lalu dengan kebobolan 0,66 gol per laga.

“Antoine Griezmann mengejutkan saya, tapi dia punya kecerdasan dan kualitas melakukannya. Dia terlihat seperti Kante ketimbang Griezmann,” ujar Drogba saat menjadi pundit BBC.

Baca Juga

“Dia (Griezmann) sangat bertalenta, sangat cerdas membaca permainan. Ketika Anda tahu pemain yang tak dibawa Prancis (Kante dan Pogba), dia dan Tchouameni fantastis dalam bertahan,” ucap Alan Shearer menimpali.

Dengan peran ganda ini, Griezmann akan diplot untuk menjadi tumpuan Prancis dalam menyerang dan menghentikan Messi di final Piala Dunia 2022.

Mampukah Griezmann memenuhi perannya itu di laga Argentina vs Prancis? Patut dinantikan aksinya kelak.

Baca Juga
ArgentinaAntoine GriezmannPiala Dunia 2022Tim Nasional PrancisOne FootballTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini