x

Bikin Rekor Karena Penalti, Gelar Juara Piala Dunia 2022 Argentina dan Messi Berbau Kontroversi?

Senin, 19 Desember 2022 06:02 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Argentina dan Lionel Messi sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 namun kini isu tak sedap terkait penalti mengiringi pesta mereka. REUTERS-Dylan Martinez

INDOSPORT.COM - Argentina dan Lionel Messi sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 namun kini isu tak sedap terkait penalti mengiringi pesta mereka.

Publik beranggapan jika wasit terlalu sering berpihak pada La Albiceleste dengan memberikan begitu banyak tendangan penalti.

Tercatat sejak fase grup hingga babak final ada enam penalti yang dihadiahkan untuk Argentina dan empat diantaranya sukses dieksekusi oleh Messi.

Sebelumnya belum pernah ada tim dengan jumlah penalti sebanyak ini dalam satu edisi Piala Dunia.

Sebagai pembanding, Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018 lalu kebagian empat penalti dari fase grup sampai partai puncak.

Baca Juga

Wajar jika kemudian kecurigaan jika Argentina mendapat bantuan dari pengadil di lapangan serta penyelenggara pun bermunculan.

Terutama karena tiga dari enam penalti tersebut diberikan oleh wasit dalam keadaan skor masih 0-0 seolah korps baju hitam hendak memberikan Lionel Messi dan kolega memiliki advantage dalam hal mental di atas lawan mereka.

Baca Juga

Cara pemberian tendangan 12 pas pun tidak dirasa wajar karena sebagian kontak yang didapat oleh Argentina di kotak terlarang di mata publik tidak semuanya layak dianggap pelanggaran.

Ambil contoh saat Angel Di Maria jatuh pasca melakukan duel dengan Ousmane Dembele pada final Piala Dunia 2022 lalu.

Dalam tayangan ulang tampak Di Maria rupanya tersandung kaki sendiri meski memang pada awalnya Dembele melakukan sedikit dorongan pada sang winger.

Baca Juga

1. Resiko Bermain Menyerang

Lionel Messi dari Argentina merayakan trofi Piala Dunia 2022 dengan rekan setimnya REUTERS-Carl Recine

Argentina dan para pendukungnya namun tetap bisa membela diri untuk mempertahankan keabsahan titel Piala Dunia 2022 mereka.

Alasan kenapa Lionel Messi bisa mendapatkan kans menendang penalti begitu sering di Qatar adalah berkat skema racikan pelatih Lionel Scaloni yang begitu ofensif.

Pada dasarnya, sebuah penalti tidak akan diberikan wasit apabila sejak awal tidak ada aksi yang terjadi di kotak penalti.

Sedangkan Argentina adalah salah satu tim yang paling sering menusuk ke sepertiga akhir lapangan demi menciptakan peluang dan gol.

Statistik dari FBref menunjukkan jika Tim Tango masuk dalam enam besar tim dengan rataan penguasaan bola terbanyak di Piala Dunia 2022 dengan 57,4%.

Baca Juga

Sampel mereka diambil dari tujuh pertandingan babak grup hingga final sehingga Spanyol, Inggris, Portugal, Denmark, dan juga Jerman yang berada di atas Argentina belum tentu bisa mempertahankan posisi andai berkompetis lebih lama.

Akibatnya Argentina bisa mengumpulkan 1293 sentuhan di zona attacking 3rd alias yang terbanyak dari semua kontestan.

Baca Juga

Jika dikerucutkan pada sentuhan di kotak penalti lawan saja maka mereka punya 157 touch yang hanya kalah dari Prancis (174) dan Brasil (162).

Belum lagi memperhitungkan ada banyaknya penyerang lincah di skuat Argentina saat ini yang pastinya tidak cuma Lionel Messi.

Bukan hal aneh jika tekel akurat semakin sulit dilakukan pada pemain dengan tipe demikian sehingga wasit di Piala Dunia 2022 menjadi loyal untuk urusan penalti ke sang juara.

Baca Juga

Sumber: FBref

 
ArgentinaLionel MessiAdu PenaltiPiala Dunia 2022Penalti

Berita Terkini