x

Tak Pernah Absen Bikin Gol untuk Argentina di Fase Gugur Piala Dunia 2022, Messi Semen Status GOAT!

Senin, 19 Desember 2022 01:34 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Lionel Messi sukses mengantarkan Argentina mengalahkan Prancis dan menjadi juara Piala Dunia 2022 pada Minggu (18/12/22) malam di Lusail Stadium, Qatar. REUTERS-Carl Recine

INDOSPORT.COM - Lionel Messi sukses mengantarkan Argentina mengalahkan Prancis dan menjadi juara Piala Dunia 2022 pada Minggu (18/12/22) malam di Lusail Stadium, Qatar.

Dalam laga yang harus diselesaikan dengan adu penalti usai skor imbang 3-3 bertahan hingga 120 menit, La Pulga mengemas dua gol yang mana melahirkan rekor luar biasa.

Messi tidak pernah berhenti mencetak gol setelah Argentina memasuki babak knockout dan membuktikan jika ia memang pemain dengan gen clutch yang tinggi.

Hebatnya lagi, penyerang kidal 35 tahun itu sebenarnya belum pernah sama sekali mencatatkan gol lewat dari babak grup Piala Dunia sebelum edisi 2022.

Rentetan lesakan fase gugur dari Lionel Messi di Piala Dunia 2022 dimulai sejak Argentina berjumpa dengan Australia pada ronde 16 besar dimana ia menyumbang satu angka untuk kemenangan 2-1 timnya.

Baca Juga

Tambahan satu gol kembali dikantongi megabintang milik Paris Saint-Germain itu saat Argentina melumat Belanda di perempat final.

Magis Messi terus berlanjut hingga semifinal dimana Kroasia jadi penghalang. Sebiji gol dengan tambahan assist pun dapat ditorehkannya.

Baca Juga

Di final antara Argentina vs Prancis, Messi kian menggila dengan mengemas brace ke gawang Les Bleus yang dikawal Hugo Lloris.

Ia juga tidak luput saat mengeksekusi penaltinya namun tentu saja gol dari titik putih setelah babak perpanjangan waktu tidak sah untuk dimasukkan dalam resume gol seorang pemain

Jika ditambahkan dengan dua gol dari fase grup, maka total pria kelahiran Buenos Aires, Argentina, itu sudah mencetak tujuh gol sepanjang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Paling Produktif di Piala Dunia

Lionel Messi di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Walau demikian sayangnya predikat top skor Piala Dunia 2022 tidak bisa Lionel Messi bawa pulang bersamaan dengan trofi juara.

Titel pemain tersubur direbut oleh striker Prancis, Kylian Mbappe, yang punya delapan gol sepanjang turnamen berkat hattrick di final.

Kendati begitu tidak ada alasan bagi Messi berkecil hati. Kini status sebagai pemain terbaik sepanjang masa alias The GOAT (Greatest of All Time) ada dalam genggamannya.

Catatan dari Opta menunjukkan jika mantan kapten Barcelona tersebut adalah pemain pertama yang bisa bikin gol di tiap ronde dalam satu edisi Piala Dunia.

Sepanjang kariernya, lima Piala Dunia sudah Messi ikuti dan total ia menorehkan 13 gol dan delapan assist.

Baca Juga

Opta mengklaim jika tidak ada satupun pesepakbola di kolong langit yang punya sumbangsih sebagus itu sejak 1966. Bukti jika ia memang yang terbaik.

Cukup menarik melihat perjalanan karier internasional Messi yang justru mengalami klimaks saat sudah memasuki akhirnya.

Baca Juga

Sebelum dua tahun terakhir ini, ia kerap dianggap melempem saat harus memikul Argentina usai sama sekali tidak punya trofi. Sampai-sampai pensiun dini dan comeback lagi sempat dilakukannya.

Kini Lionel Messi dipastikan bisa menggantung sepatu sepenuhnya usai memenangi Copa America 2021, Finalissima 2022, dan tentu saja Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sumber: Opta

 
ArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022

Berita Terkini