x

Pelatih Filipina Sebut Timnas Indonesia Akan Jumpa Malaysia di Semifinal Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022 14:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Sepak Bola Indonesia vs Malaysia pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/05). Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Timnas Filipina, Josep María Ferre Ybarz telah memprediksi timnas Indonesia dan Malaysia lolos semifinal Piala AFF 2022.

Kick off Piala AFF 2022 akan dimulai hari ini, Selasa (20/12/22), dimulai dengan laga Grup A yang mempertemukan Kamboja vs Filipina di Morodok Techno National Stadium.

Pelatih berkebangsaan Spanyol yang kini menukangi Timnas Filipina, Josep Ferre akan memulai debutnya hari ini, dengan misi membawa The Azkals lolos ke putaran akhir.

Namun, jauh dari lubuk hati yang paling dalam, Josep Ferre mengaku tak percaya diri bisa membawa Filipina ke semifinal AFF.

Pasalnya, Filipina tergabung di grup yang sengit, ada dua lawan kuat yang dihadapi, yakni Timnas Indonesia dan juga Thailand.

Baca Juga

Walau berstatus sebagai pelatih anyar, namun Josep Ferre juga sudah mengetahui kualitas sepak bola Asia Tenggara. Ia paham jika Vietnam dan Malaysia juga diunggulkan.

Maka dari itu, ketika ditanya tim mana yang akan melaju ke semifinal Piala AFF 2022, Josep Ferre enggan menyebut Filipina.

Baca Juga

"Saya kira empat tim, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia akan bersaing ketat untuk memperebutkan gelar juara," ungkap Ferre melalui Federasi Sepak Bola Vietnam.

"Jika harus saya tekankan, menurut saya Vietnam ialah tim terkuat di Asia Tenggara. Tapi di sepak bola, tidak ada yang mungkin. Di grup kami, Thailand dan Indonesia juga memiliki lineup yang kuat," cetusnya.

Baca Juga

1. Pelatih Filipina Waspada Kejutan Vietnam

Pelatih anyar Timnas Filipina, Josep Maria Ferre Ybarz. (Foto: Instagram@theazkalsph)

Pelatih anyar Filipina, Josep Ferre harus mengakui jika Vietnam adalah calon kuat juara Piala AFF 2022, sebagai pemilik juara bertahan di sepak bola SEA Games 2021.

Selain Vietnam, ada Thailand yang berhasil mengalahkan Timnas Indonesia, lalu keluar sebagai juara di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia yang berada di Grup A, jika lolos ke semifinal Piala AFF 2022 nanti, maka berpeluang menghadapi salah satu dari dua tim kuat, Vietnam atau Malaysia.

Namun, meski dibayangi oleh Indonesia dan Thailand di fase grup, pelatih anyar Filipina itu tetap menyoroti kualitas tim Vietnam.

"Tim Vietnam bersiap dengan sangat hati-hati untuk memenangkan Piala AFF, sementara saya hanya memimpin Filipina untuk waktu yang singkat, paling banyak lima hingga enam sesi latihan," ujarnya.

Baca Juga

"Tidak banyak waktu untuk mempersiapkan taktik, tapi kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk bermain melawan tim seperti Vietnam," ucap pelatih berusia 39 tahun itu.

"Kami harus bertahan di babak pertama, di babak kedua, saya akan masukkan banyak pemain muda agar mereka bisa berusaha keras," jelas Ferre kepada awak media.

Baca Juga

Walau baru ditunjuk menjadi pelatih Timnas Filipina pada 8 Desember lalu, namun Josep Ferre seolah sudah khatam Piala AFF 2022.

Rupanya, ada alasan khusus mengapa Ferre memahami sepak bola Asia Tenggara, mulai dari Indonesia hingga Malaysia, sebab ia cukup lama bermain di Liga Thailand.

Josep Ferre pernah bermain bersama klub Thailand Buriram United dan Bangkok Glass, sebelum ia menjabat jadi pelatih di Filipina.

Baca Juga
MalaysiaVietnamFilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini