x

Profil Tim Piala AFF 2022: Thailand, Sang Juara Bertahan Kembali 'Hantui' Timnas Indonesia?

Jumat, 16 Desember 2022 14:55 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Thailand Piala AFF.

INDOSPORT.COM - Sebagai negara paling sukses dan berstatus juara bertahan, Thailand akan kembali menjadi hantu bagi tim peserta Piala AFF 2022, termasuk Timnas Indonesia.

Gajah Perang atau julukan Timnas Thailand merupakan salah satu tim unggulan di event sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara atau Piala AFF 2022.

Pada ajang Piala AFF 2022, Thailand tergabung ke dalam Grup A bersama Timnas Indonesia, Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina.

Melihat peta kekuatan Grup A, Timnas Indonesia bakal menjadi lawan terberat Thailand. Namun pasukan Alexandre Polking sepertinya tidak khawatir dengan keberadaan Skuat Garuda,

Pasalnya, pada edisi 2020 lalu kedua tim sempat bertemu di partai puncak atau final. Kala itu pasukan Mano Polking sukses menghajar Timnas Indonesia dengan skor 4-0 pada leg pertama dan imbang 2-2 di leg kedua.

Baca Juga

Selain itu, skuat Gajah Perang juga merupakan tim paling sukses digelaran Piala AFF. Sebelum juara di 2020 lalu, mereka pernah lima kali juara sejak turnamen digelar pertama kali pada 1996 silam.

Dengan hal tersebut, Timnas Thailand kini total sudah mengumpulkan enam trofi dari 13 kali ikut meramainakan Piala AFF. Mereka menjadi satu-satunya tim dari negara ASEAN yang meraih juara terbanyak.

Baca Juga

Sedangkan Timnas Indonesia sendiri belum pernah meraih juara, termasuk mimpi mereka pernah dipatahkan oleh Gajah Perang di laga final edisi 2000, 2002 dan 2022.

Meski begitu, sepertinya tahun ini Timnas Indonesia tidak perlu terlalu panik. Pasalnya, ada beberapa kabar buruk yang sedang menimpa Thailand.

Berikut INDOSPORT telah mengupas mengenai kekuatan Thailand di Piala AFF 2022, di mana pasukan Alexandre Polking tidak akan diperkuat oleh beberapa pemain bintang.

Baca Juga

1. Skuat Thailand untuk Piala AFF 2022

Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking

Berkat keberhasilan meraih juara di Piala AFF 2020 lalu, PSSI-nya Thailand atau FAT masih mengandalkan jasa pelatih Alexandre Polking.

Pelatih asal Brasil ini telah menentukan 24 nama yang didaftarkan untuk gelaran Piala AFF edisi 2022 ini. Alexandre Polking sepertinya bakal tampil tanpa mengandalkan beberapa pemain andalannya.

Beberapa nama top seperti Chanathip Songkrasin tidak disertakan pada edisi tahun ini. Kemudian ada nama Supachok Sarachat yang absen karena tidak mendapat izin dari klubnya, Hokkaido Consadole Sapporo.

Manajer cantik Timnas Thailand bernama Madam Pang sempat mengungkapkan, kalau skuatnya pada tahun ini akan mengandalkan beberapa pemain muda dengan kombinasi nama-nama veteran.

“Tahun ini kami datang ke Piala AFF 2022 sebagai juara bertahan, tentu saja kami bakal mendapat tekanan,” kata Madam Pang dilansir dari TheThao247.

Baca Juga

“Dibandingkan dengan tim yang memenangkan kejuaraan tahun lalu, Thailand hanya memiliki delapan pemain tersisa. Namun, para pemain yang baru dipanggil harus berusaha untuk mempertahankan gelar juara,” tuturnya menambahkab.

Berikut Daftar 24 Pemain Thailand untuk Piala AFF 2022:

Penhaga Gawang: Kampol Pathomakkakul, Kittipong Phuthawchueak, Saranon Anuin.

Lini Belakang: Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Sasalak Haiprakhon, Kritsada Kaman, Suphanan Bureerat, Jakkapan Praisuwan, Chalermsak Aukkee, Chatmongkol Rueangthanarot.

Baca Juga

Lini Tengah: Sarach Yooyen, Sanrawat Dechmitr, Sumanya Purisai, Bordin Phala, Sivakorn Tiatrakul, Weerathep Pomphan, Ekanit Panya, Peeradon Chamratsamee, Channarong Promsrikaew, Jaroensak Wonggorn.

Lini Depan: Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn, Poramet Arjvirai.

Baca Juga

2. Pemain Bintang: Teerasil Dangda

Teerasil Dangda mengontrol bola dalam sesi latihan.

Meski tidak diperkuat oleh Chanathip Songkrasin, Thailand masih menjadi tim berbahaya dengan keberadaan sosok Teerasil Dangda.

Pemain yang sudah berusia 34 tahun ini harus mendapatkan penjagaan ketat dari barisan belakang Timnas Indonesia. Pasalnya, ia memiliki jam terbang tinggi sebagai striker.

Teerasil Dangda merupakan top skor sepanjang masa Piala AFF dengan torehan 19 gol yang dicetak pada periode 2014, 2016, dan 2020 lalu. Ia memegang rekor gol terbanyak dengan unggul dua gol atas legenda Singapura, Noh Alam Shah.

Pada edisi 2022 ini, Teerasil Dangda sepertinya belum habis dan tetap menjadi andalan lini depan Thiland. Timnas Indonesia harus menaruh waspada dengan striker milik BG Pathum United ini bila tidak ingin kembali menjadi korban keganasan skuat Gajah Perang.

Jadwal Thailand di Piala AFF 2022:

Selasa, 20 Desember 2022, pukul 19.30 WIB

Brunei Darussalam vs Thailand

Senin, 26 Desember 2022, pukul 19.30 WIB

Thailand vs Filipina

Kamis, 29 Desember 2022, pukul 19.30 WIB

Timnas Indonesia vs Thailand

Senin, 2 Januari 2023, pukul 19.30 WIB

Thailand vs Kamboja.

ThailandTeerasil DangdaTimnas IndonesiaBola InternasionalAlexandre PolkingPiala AFF 2022

Berita Terkini