x

Fenomena Sanrawat Dechmitr, Satu-satunya Pemain 'Abroad' Thailand di Piala AFF 2022

Kamis, 15 Desember 2022 13:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tidak ada satu pun pemain naturalisasi, Thailand memilih pemain yang berkarier di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Pemain tersebut adalah Sanrawat Dechmitr.

INDOSPORT.COM – Tidak ada satu pun naturalisasi, Thailand memilih pemain yang berkarier di luar negeri untuk menyongsong Piala AFF 2022. Pemain tersebut adalah Sanrawat  Dechmitr.

Ketika menjuarai Piala AFF 2020, pelatih Alexandre Polking memanggil sejumlah pemain berpengalaman yang berkarier di luar negeri.

Di antaranya, Thanawat Suengchitthawon yang bermain di Leicester City. Pemain berusia 21 tahun kini berada di skuat U-23 Leicester dan memainkan empat laga di Liga Inggris Reserve.

Di sektor belakang, Thailand mengandalkan kiper klub Belgia OH Leuven, Kawin Thamsatchanan, Jonathn Khemdee (Odense BK/Denmark).

Serta dua klub J-League Jepang, Chanathip Songkrasin (Hokkaido Consadole Sapporo) dan Teerathon Bunmathan (Yokohama Marinos).

Baca Juga

Namun, Alexandre "Mano" Polking tidak memakai skema yang sama saat dia mengumumkan 24 pemain yang akan tampil di Piala AFF 2022 kali ini.

Secara mengejutkan, sederet pemain senior yang berhasil menjuarai edisi sebelumnya, Piala AFF 2020, memastikan absen pada edisi kali ini.

Baca Juga

Sebut saja Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Supachai Jaided. Ketiganya harus absen karena alasan berbeda-beda.

Sebanyak 23 dari 24 pemain merupakan pemain yang bersaing di kompetisi lokal dan Mano Polking hanya memanggil Sanrawat  Dechmitr sebagai satu-satunya pemain ‘abroad’ di skuad Gajah Perang.

Tentu saja sosok Sanrawat jadi fenomena aneh di kubu Thailand, mengingat tim ini diunggulkan untuk mempertahankan gelar juara Piala AFF 2020.

Baca Juga

1. Sang 'Pembunuh' Thailand yang Mentas di Malaysia?

Gelandang Timnas Thailand, Sanrawat Dechmitr

Jika berhasil jadi satu-satunya pemain abroad yang dipanggil Timnas Thailand, performa Sanrawat Dechmitr bareng klubnya di luar negeri bukan kaleng-kaleng.

Sanrawat Dechmitr atau dulu dikenal Wichaya Dechmitr merupakan pemain Thailand yang kini berkarier di Liga Malaysia bersama Kedah Darul Aman sejak 10 Juni 2022.

Kedah Darul Aman meminjam jasa Sanrawat Dechmitr dari klub asalnya di Thailand, Bangkok United, dengan kontraknya akan berakhir pada Desember 2022.

Jauh sebelum bermain di Kedah FA, Sarawat juga pernah bermain di luar negeri yakni di Filipina bersama Tampines Rovers antara 2009 dan 2010.

Baca Juga

Setelah meninggalkan Tampines, Sarawat menghabiskan kariernya selama satu dekade di liga lokal. Di antaranya bersama Bangkok Glass, BEC Tero Sasana, Bangkok United, dan Ratchaburi FC.

Bermain untuk Kedah FA, Sarawat tercatat sudah bermain di 13 pertandingan Liga Super Malaysia dan menyumbang 1 gol dan 1 assist.

Baca Juga

Selain itu, Sarawat juga mencatatkan 2 penampilan di Piala Malaysia dan 4 kali tampil bersama Kedah di ajang Piala AFC  2022.

Terbaru, Sanrawat yang sudah bergabung dengan skuad Thailand dipasangkan sebagai starter saat menjalani uji coba jelang Piala AFF 2022 melawan China Taipei.

Sayangnya, pasukan Mano Polking tersebut menelan kekalahan tipis 0-1 dari Taipei, dengan Sanrawat sempat bermain selama 45 menit di babak pertama.

Baca Juga

2. Pemain Kidal yang Siap Ancam Timnas Indonesia

Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Kehadiran Sanrawat Dechmitr sebagai satu-satunya pemain abroad di Thailand untuk Piala AFF 2022 tentunya mengundang pertanyaan besar.

Pelatih Alexandre Polking dalam sebuah konferensi pers mengungkapkan alasannya menyertakan nama Sanrawat Dechmitr ke dalam skuadnya.

Menurut juru taktik asal Jerman itu, Dechmitr merupakan salah satu pemain kidal terbaik di skuad Gajah Perang.

Selain itu, pengalaman dan performanya di kompetisi luar negeri menjadi nilai plus bagi Sanrawat sebagai playmaker, menggantikan posisi Chanathip Songkrasin yang absen.

“Dalam daftar ada Dechmitr, dia salah satu pemain kidal terbaik yang dimiliki timnas Thailand," kata Alexandre Polking, dikutip dari akun Instagram resmi timnas Thailand.

"Dia sudah bekerja sama cukup lama dengan saya. Dia juga pemain yang berkarier di luar negeri, yang mana dia melakukannya dengan baik. Itu sebabnya saya meletakkan namanya dalam tim," sang pelatih menambahkan.

Baca Juga

Pemain kelahiran 3 Agustus 1989 ini sejatinya sudah lama menjadi andalan Thailand karena kualitas bermainnya. Bahkan dia sudah jadi langganan tampil sejak Piala AFF 2018.

Kala itu Sanrawat jadi sosok yang sangat berpotensi membahayakan timnas Indonesia  dan para tim lainnya. Meski jarang mencetak gol, namun Sanrawat rajin mengoleksi assist.

Baca Juga

Debut internasional pada Desember 2010, Sanrawat sejauh ini sudah mengoleksi 29 caps bersama Thailand di level senior dan 3 kali di kelompok umur.

Sanrawat Dechmitr jelas akan jadi salah saatu pemain Thailand yang mengancam di turnamen Piala AFF 2022 pada 26 Desember hingga 16 Januari mendatang.

Thailand sendiri tergabung dengan timnas Indonesia di Grup A. Selain itu ada juga Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga
ThailandBola InternasionalLiga MalaysiaTimnas ThailandAlexandre PolkingKedah Darul AmanPiala AFF 2022Sanrawat Dechmitr

Berita Terkini