x

Kontras! Rapor Elkan Baggott dan Sandy Walsh di Klub Usai Dicoret dari Timnas Indonesia

Rabu, 21 Desember 2022 10:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Elkan Baggott dan Sandy Walsh mengalami nasib yang kontras di klub masing-masing seusai dicoret dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. REUTERS/David Klein

INDOSPORT.COM – Elkan Baggott dan Sandy Walsh mengalami nasib yang kontras di klub masing-masing seusai dicoret dari Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akhirnya mengumumkan 23 pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2022 dari total 28 nama  yang jalani pemusatan latihan sejak beberpaa waktu lalu di Bali.

Dari beberapa pemain yang dicoret, ada nama Elkan Baggott dan Sandy Walsh yang tidak bisa tampil di Piala AFF 2022 karena harus menjalani tugas bersama klub masing-masing.

Absennya Elkan Baggott dan Sandy Walsh memang agak mengecewakan mengingat mereka sangat dibutuhkan untuk membantu lini pertahanan Timnas Garuda di ajang ini.

Namun demikian, situasi ini bisa sangat dipahami lantaran Elkan dan Sandy bermain di luar negeri sedangkan Piala AFF 2022 tidak termasuk dalam kalender FIFA.

Baca Juga

Elkan Baggott menjalani beberapa laga penting bersama Gillingham FC, sedangkan Sandy Walsh dibutuhkan tenaganya oleh KV Mechelen yang memiliki jadwal padat sepanjang Desember.

Nah, pekan ini, Elkan Baggott dan Sandy Walsh menjalani pertandingan pertama bersama klubnya setelah resmi dicoret dari skuad Timnas Indonesia.

Baca Juga

Elkan Baggott bersama Gillingham FC menghadapi Wolves perebutan tiket ke babak perempat final Piala Liga Inggris pada Rabu (21/12/22) dinihari WIB.

Di saat bersamaan, Sandy Walsh beraksi bersama KV Mechelen menghadapi RFC Seraing dalam pertandingan 16 besar Piala Belgia di Stadion AFAS.

Kedua pemain Timnas Indonesia ini sama-sama menampilkan permainan impresif meski akhirnya menelan hasil yang bertolak belakang.

Baca Juga

1. Elkan Baggott – Tersingkir dari Piala Liga Inggris

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Klub League Two, Gillingham FC yang diperkuat Elkan Baggott tersingkir dari babak 16 besar Piala Liga Inggris usai kalah 0-2 dari divisi teratas Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers.

Gillingham FC yang bertandang ke Molineux Stadium harus mengaku keunggulan Wolves yang akhirnya memenangkan laga tersebut dengan skor 2-0.

Kedua gol tanpa balas tersebut dicetak oleh penyerang timnas Meksiko, Raul Jimenez lewat titik penalti dan Rayan Ait-Nouri di menit pertama perpanjangan waktu babak kedua.

Menghadapi Wolves, Gillingham yang berada dua tingkat di bawah Wolves pada kompetisi Liga Inggris menurunkan skuat utama.

Tentu saja, ada nama pemain timnas Indonesia, Elkan Baggott yang turun sebagai starter bersama dengan Max Ehmer dan Will Wrght sebagai trio lini belakang Gillingham.

Baca Juga

Selain Elkan Baggott di lini belakang, sang pelatih, Neil Harris mengandalkan Stuart O’Keefe dan Mikael Mandron sebagai tumpuan lini serang.

Elkan Baggott bermain penuh 90 menit di pertandingan Wolves vs Gillingham. Bek berusia 20 tahun ini tampil cukup apik dan solid mengingat tim lawan beberapa kali gagal mengonversikan peluang.

Baca Juga

Elkan Baggott tercatat melakukan 10 sapuan dan sekali melakukan blok tembakan dari kubu Wolves yang tampil cukup dominan di laga semalam.

Dengan hasil 2-0 ini, Wolves berhak lolos ke babak berikutnya sedangkan Gillingham dan Elkan Baggott harus terhenti di babak 16 besar Piala Liga Inggris.

Selanjutnya, Elkan Baggott masih akan membantu Gillingham FC melanjutkan turnamen League Two dengan menghadapi Colchester (26 Desember 2022), Sutton United (30 Desember), Steveneage (2 Januari), sebelum menantang Leicester City (7 Januari).

Baca Juga

2. Sandy Walsh – Lolos Perempat final Piala Belgia

Sandy Walsh, bek naturalisasi Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Berbebeda dengan Elkan Baggott, Sandy Walsh membantu KV Mechelen meraih kemenangan tipis 1-0 atas RFC Seraing dalam pertandingan 16 besar Piala Belgia.

Bertanding di Stadion AFAS, Sandy Walsh mendapatkan kepercayaan dari pelatih Steven Defour untuk tampil sepanjang 90 menit.

Mampu tampil dominan, Mechelen masih menemui jalan buntu untuk menjebol gawang Timothy Martin di babak pertama.

Bahkan, Sandy Walsh sempat berduet dengan Mrabti membuahkan peluang emas di awal babak kedua meski gagal.

Mechelen baru memecah kebuntuan ketika laga memasuki menit ke-55 lewat sundulan Mrabti menyambut umpan Geoffy Hairemans. Skor 1-0 pun bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Sandy Walsh yang terpaksa tidak bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, mampu menunjukkan performa cukup apik di pertahanan Mechelen.

Sekedar catatan, ini merupakan pertandingan kompetitif pertama KV mechelen pasca break Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Setelah memastikan kemenangan di Piala Belgia, KV Mechelen yang diperkuat Sandy Walsh akan melanjutkan kompetisi Liga Belgia akhir pekan nanti.

KV Mechelen akan melakoni laga tandang kontra Cercle Brugge pada pekan ke-18 Liga Belgia pada Sabtu (24/12/22), selang sehari setelah Timnas Indonesia membuka Kampanye Piala AFF 2022 kontra Kamboja di Stadion Utara Gelora Bung Karno.

Absennya Elkan Baggott dan Sandy Walsh dari Piala AFF 2022 memang melemahkan kekuatan timnas Indonesia secara drastis namun dipercayanya mereka untuk tetap bersama klub masing-masing menunjukkan jika kualitas kedua pemain tersebut memang bukan sekedar isapan jempol belaka.

Baca Juga
Piala Liga InggrisTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshElkan BaggottPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriBerita Timnas IndonesiaKV MechelenPiala AFF 2022Gillingham FC

Berita Terkini