x

Masih di Bawah Timnas Indonesia, Media Vietnam Bangga Skuad Piala AFF 2022 Lebih Mahal dari Thailand

Rabu, 21 Desember 2022 21:40 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Media Vietnam bahagia timnya memiliki skuad yang lebih mahal dari Thailand meski di bawah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM – Media Vietnam bahagia timnya memiliki skuad yang lebih mahal dari Thailand meski di bawah Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Piala AFF 2022 merupakan turnamen sepak bola bergengsi di Asia Tenggara yang resmi digelar pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023.

Timnas Indonesia turut serta mengikuti Piala AFF 2022 serta tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja serta Brunei Darussalam.

Sementara itu, rival berat timnas Indonesia yakni Vietnam tergabung di Grup B bersama dengan Malaysia, Myanmar, Singapura dan Laos.

Menariknya, di ajang Piala AFF 2022, timnas Indonesia menjadi tim yang memiliki daftar skuad termahan di hajatan Asia Tenggara empat tahun sekali ini.

Baca Juga

Namun, salah satu media Vietnam, Soha mengungkapkan timnas Vietnam merupakan tim dengan pemain termahal kedua setelah Indonesia dan melampaui Thailand.

“Vietnam telah melampaui Thailand dengan jarak yang cukup jauh. Tapi kami masih harus berada di urutan kedua, di belakang Indonesia,” tulis media Vietnam.

Baca Juga

Thailand sendiri membawa pemain dengan total harga mencapai 6,35 juta euro (data Transfermarkt) atau setara dengan Rp103,3 miliar. Kemunduran dari Piala AFF edisi sebelumnya, sebab pemain bintang Chanatip Songkrasin absen di ajang ini.

Sementara itu, skuad Vietnam disinyalir mencapai 7,6 juta euro atau setara dengan Rp123 miliar rupiah. Dengan angka ini, tim asuhan Park Hang-seo bertengger di posisi kedua skuad termahal Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama skuad termahal di Piala AFF 2022 dengan harga pasar 9,3 juta euro atau setara dengan Rp151,4 miliar.

Salah satu pemain naturalisasi Indonesia yang dibawa Shin Tae-yong, yakni Jordi Amat, memiliki harga pasar tertinggi senilai 1 juta euro atau setara dengan Rp16,2 miliar.

Baca Juga

1. Peluang Timnas Indonesia Bertemu Vietnam

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Timnas Indonesia kembali berlaga di Piala AFF 2022. Pertandingan perdana Garuda Nusantara melawan Kamboja akan berlangsung pada Jumat (23/12/22).

Tim asuhan Shin Tae-yong bersua dengan Kamboja yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Di atas kertas, Garuda Nusantara diunggulkan dalam laga kali ini.

Pasalnya, dalam tiga pertemuan terakhir, Indonesia berhasil melibas habis Kamboja. Serta pada laga terakhir, Witan Sulaeman cs berhasil menang di Piala AFF 2020 dengan skor 4-2.

Sementara itu, pada ajang Piala AFF 2022, lawan berat Timnas Indonesia yakni Thailand. Garuda Nusantara memiliki nasib buruk ketika bersua dengan The War Elephants di Piala AFF 2020.

Kala itu, timnas Indonesia gagal meraih kemenangan di partai final usai dikalahkan Thailand dengan agregat skor 6-2 dan mengandaskan mimpi Garuda Nusantara meraih gelar juara.

Baca Juga

Sementara itu, rival Indonesia, Vietnam turut harus melewati beberapa rintangan di Grup B di mana skuad Park Hang-seo melawan Laos di pertandingan perdana.

Sementara itu, beberapa rival berat Vietnam di Grup B adalah Malaysia dan Singapura. Namun, The Golden Star berpeluang besar lolos ke babak semifinal.

Baca Juga

Indonesia dan Vietnam berpeluang lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022, jika sistem yang digunakan adalah mempertemukan juara grup dan runner-up grup.

Sementara itu, Vietnam pernah memiliki catatan kelam ketika melawan Timnas Indonesia. Di Piala AFF 2020, Park Hang-seo ditahan imbang Garuda Nusantara dan melaju ke partai semifinal dengan predikat runner-up grup.

Sementara itu, Vietnam harus mengubur impian melaju ke babak final, usai Timnas Indonesia berhasil memenangakan laga melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Baca Juga

Sumber: Soha

IndonesiaVietnamThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini