x

Gagal Kalahkan Persebaya di Liga 1, Leonardo Bicara Gaya Bermain Persis Solo

Kamis, 22 Desember 2022 11:07 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tetap memuji performa timnya meski gagal mengalahkan Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/2023. Laskar Sambernyawa mendominasi permainan namun belum beruntung dalam gol.

Laga pekan ke-16 Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (21/12/22), sangat didominasi Persis Solo. Mereka tetap tampil stabil meski mencadangkan Sutanto Tan.

Persis Solo tak memberi waktu bagi Persebaya untuk menguasai bola. Dominasi penguasaan bola ini membuat Laskar Sambernyawa punya banyak peluang untuk melakukan serangan.

Tercatat dari statistik Liga 1, Persis Solo memiliki 60 persen penguasaan bola dan melepaskan 21 tembakan. Sementara Persebaya hanya memiliki 40 persen penguasaan bola dengan melepaskan 14 tembakan.

Sayangnya, usaha bertubi-tubi itu tak membuahkan hasil. Selain mayoritas pemain Persebaya ada di pertahanannya sendiri, kiper Ernando Ari juga tampil bagus di bawah mistar.

Baca Juga

Satu gol sebenarnya bisa didapat Persis Solo lewat Ferdinan Sinaga pada penghujung laga. Ferdinan sendiri masuk pada pertengahan babak kedua menggantikan Fernando Rodriguez.

Sayangnya, Ferdinan sudah dalam posisi offside saat Alexis Messidoro melepaskan umpan. Sebelum itu, sundulan Ferdinan juga hanya membentur mistar gawang.

Baca Juga

Usai laga, Leonardo Medina berbicara jalannya laga ini. Menurut pelatih asal Meksiko ini, Persis Solo sebenarnya sudah tampil sesuai harapan.

"Ini pertandingan yang sulit untuk mencetak gol karena lawan bermain defensive. Ada delapan sampai sembilan pemain yang bermain lebih bertahan," kata Leonardo usai laga.

"Tapi setidaknya Persis Solo bermain cukup bagus. Keunggulan kita dalam laga ini adalah penguasaan bola. Kita sempat mencetak gol, tapi dinyatakan offside. Kita harus fokus lagi. Kita sudah bermain bagus, hanya sayangnya belum mencetak gol," lanjut Leonardo.

Baca Juga

1. Masalah Persis Solo

Selebrasi winger Persis Solo, Ryo Matsumura usai mencetak gol ke gawang Arema FC, BRI Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Minggu (11/12/22). (Foto: Persis Solo)

Fernando Rodriguez menjadi sosok yang dikritik atas kegagalan Persis Solo dalam mencetak gol. Bomber asal Spanyol itu memiliki setidaknya tiga kesempatan emas untuk mencetak gol.

Namun, bila melihat jalannya laga, sebenarnya bukan Fernando saja yang membuang peluang. Ryo Matsumura dan Alexis Messidoro juga punya peluang yang gagal dikonversikan menjadi gol.

Leonardo kemudian memberikan pembelaan terhadap barisan depan. Menurutnya, Persis Solo sudah ada dalam jalur yang benar untuk meraih prestasi.

Maka, Leonardo tak terlalu berambisi mendatangkan penyerang baru ketika bursa transfer sudah dibuka. Hanya soal waktu bagi Persis Solo untuk lebih sering mencetak gol, seperti saat menebas Rans Nusantara FC 6-1.

"Ini bukan perkara siapa yang akan jadi striker atau siapa yang akan datang. Dari lima pertandingan, kita menang sekali, imbang dua kali dan kalah dua kali, namun kita selalu mendominasi penguasaan bola dan menciptakan peluang," tutur Leonardo.

Baca Juga

"Kita harus fokus dan percaya dengan proses karena tim ini sudah menuju sesuatu yang lebih baik," imbuh Leonardo.

Tambahan satu poin membuat Persis Solo belum beranjak dari urutan ke-13 pada klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Persis Solo mengoleksi 16 poin dari 16 pertandingan. Koleksi poin ini sama dengan PSS Sleman yang ada di urutan ke-12, namun Persis Solo kalah head to head.

Setelah ini, Persis Solo akan menjalani laga pamungkas putaran pertama Liga 1 dengan melawan Persik Kediri pada Sabtu (24/12/22).

Baca Juga
Persebaya SurabayaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini