x

Timnas Indonesia vs Kamboja: Penilaian Shin Tae-yong soal Penampilan Trio Naturalisasi

Sabtu, 24 Desember 2022 09:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Jordi Amat saat latihan jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku puas dengan debut tiga pemain naturalisasi yakni Marc Klok, Jordi Amat dan Ilija Spasojevic di laga perdana Grup A Piala AFF 2022 melawan Kamboja, Jumat (23/12/22) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. 

Jordi Amat dan Marc Klok dimainkan sebagai starter pada laga sore tadi. Sedangkan Spaso masuk di babak kedua, menggantikan Muhammad Rafli. Ketiga membantu skuad Garuda menang dengan skor 2-1 atas Kamboja.

Menurut Shin Tae-yong, ketiga pemain itu bermain cukup baik. Hanya saja, secara keseluruhan tim tak menunjukan level terbaik akibat para pemain terlalu lama tidak berkompetisi di liga domestik, jadi mempengaruhi sentuhan dan fisik.

"Pemain naturalisasi bermain baik, tapi ini laga pertama dan sudah lama tak ada pertandingan dan ini (selama persiapan ke AFF) memang tak ada uji coba juga jadi ada kekurangan," ujar Shin Tae-yong. 

"Tapi saya terima kasih karena mereka (pemain) sudah bertanding dengan baik," tambahnya.

Baca Juga

Jordi Amat dikatakan mengawal lini belakang dengan baik dan memberikan ketenangan. Pemain berdarah Spanyol itu berduet dengan kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto.

"Buat Jordi ini pertama kalinya, tapi sangat baik dan saya puas dengan performa di lini bertahan," tutur Shin Tae-yong.

Baca Juga

Pada laga kontra Kamboja, Jordi Amat melepaskan tiga umpan kunci tepat sasaran. Sayang, penyelesaian akhir striker Timnas tidak optimal sehingga tak jadi gol.

Aksi bertahan Jordi pun cukup apik. Pemain berdarah Sulawesi Selatan itu memblok beberapa sepakan pemain Kamboja dan menangi duel udara sehingga mendapat pujian dari suporter.

Baca Juga

1. Debut di Piala AFF

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Sementara untuk Spaso, Shin Tae-yong masih optimis striker Bali United itu menggila di laga selanjutnya. Spaso disebut punya kemampuan terbaik karena merupakan salah satu topskor Liga 1 2022 dan hanya butuh support.

"Spaso sudah lama tak main, ini laga pertama dan ada kekurangan. Tapi akan semakin jadi baik, apalagi dia juga pencetak gol terbanyak di liga, jadi saya percaya akan lebih baik," ucap juru taktik 52 tahun itu.

Baca Juga

Bagi Marc Klok, Jordi dan Spaso, Piala AFF tahun ini adalah laga debut mereka. Sebelumnya mereka belum pernah dipanggil. 

Jordi Amat baru saja resmi jadi WNI pada bulan lalu, Marc Klok absen dari AFF edisi sebelumnya karena terkendala izin, sedangkan Spaso tidak dipanggil tahun lalu. Dua nama terakhir memang pernah bela skuad Garuda tapi bukan di Piala AFF.

Baca Juga

Gol kemenangan Timnas Indonesia atas Kamboja pada laga sore tadi diciptakan oleh Egy Maulana Vikri ('7) dan Witan Sulaeman ('35). Sedangkan satu-satunya gol tim tamu dilesakan S. Krya ('15).

Usai lawan Kamboja, Indonesia harus segera berbenah karena sudah ditunggu lawan berikutnya yakni Brunei Darussalam. Pertandingan itu akan digelar 26 Desember di Malaysia.  

Baca Juga
KambojaIlija SpasojevicTimnas IndonesiaBola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini