x

Momen Timnas Indonesia Gulung Brunei di Malaysia, Bakal Terulang di Piala AFF 2022?

Senin, 26 Desember 2022 10:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM – Mengenang momen Timnas Indonesia menggulung Brunei Darussalam di Malaysia. Akankah terulang di Piala AFF 2022?

Timnas Indonesia akan melakoni laga keduanya di Piala AFF 2022 dengan menghadapi Brunei Darussalam, Senin (26/12/22) sore WIB.

Dalam duel ini, skuad Garuda berambisi mencari poin penuh untuk memudahkan jalannya lolos ke semifinal ajang dua tahuan tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi ketiga klasemen grup A dengan raihan tiga poin dan tertinggal tiga poin dari Thailand yang duduk di puncak.

Hanya saja, Thailand telah memainkan satu laga lebih banyak di grup A ketimbang anak asuh Shin Tae-yong sejauh ini.

Baca Juga

Alhasil, laga kontra Brunei Darussalam di pertandingan kedua grup A Piala AFF 2022 pun dijadikan laga wajib menang oleh Timnas Indonesia.

Jelang laga ini, Timnas Indonesia punya modal berharga dengan mengantongi kemenangan 2-1 atas Kamboja di laga perdana.

Baca Juga

Sebaliknya, Brunei Darussalam justru tengah terpuruk jelang laga ini, karena kalah di dua pertandingan awal dari Thailand (0-5) dan Filipina (1-5).

Jelang laga ini, Timnas Indonesia punya modal berharga dari masa silam yakni memori indah kala menggulung Brunei Darussalam di Malaysia.

Lalu, kapan Timnas Indonesia menghajar Brunei Darussalam di Malaysia? Akankah hal tersebut bisa terulang di Piala AFF 2022?

Baca Juga

1. Bantai Brunei di Malaysia

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Sebelum bersua di Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia pernah bertemu Brunei Darussalam di Malaysia, yakni pada ajang SEA Games 1989.

Pertemuan di SEA Games 1989 itu terjadi di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, yakni venue yang sama yang akan menyajikan laga Brunei vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 ini.

Hal tersebut terjadi pada 21 Agustus 1989. Saat itu, Timnas Indonesia berhadapan dengan Brunei di laga pertama grup B SEA Games 1989.

Baca Juga

Dalam duel tersebut, skuad Garuda arahan trio pelatih Muhammad Basri, Iswadi Idris, dan Abdul Khadir mampu membantai Brunei dengan skor 6-0.

Enam gol Indonesia ke gawang Brunei saat itu dicetak masing-masing lewat Hattrick Mustaqim dalam tempo 13 menit, dua gol I Made Pasek Wijaya, dan satu gol Jaya Hartono.

Berkat kemenangan besar 6-0 atas Brunei itu menjadikan Indonesia menjadi tim tersubur di SEA Games 1989 dengan koleksi 11 gol.

Baca Juga

Dengan kemenangan masif ini, Indonesia arahan trio pelatih lokal itu lolos ke babak semifinal SEA Games 1989 dengan status Runner Up.

Akankah skor serupa akan terulang di Piala AFF 2022 saat Brunei vs Indonesia tercipta di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia?


2. Peluang Indonesia vs Brunei

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Kamboja laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

Di laga kedua Piala AFF 2022 kontra Brunei Darussalam, Timnas Indonesia punya peluang cukup besar untuk mengulangi sejarahnya 33 tahun silam.

Pasalnya, Timnas Indonesia berada dalam motivasi tinggi untuk mencari kemenangan dan mencetak gol sebanyak-banyaknya agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga

Laga kontra Brunei pun akan dimanfaatkan Indonesia untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya, mengingat Piala AFF 2022 akan menggunakan format selisih gol.

Sejauh ini, Timnas Indonesia baru surplus satu gol, berbeda dengan Filipina yang surplus tiga gol, dan Thailand di puncak dengan surplus lima gol.

Baca Juga

Kebetulan Brunei Darussalam juga saat ini tengah terpuruk dan tampak hanya menjadi bulan-bulanan bagi tim grup A lainnya.

Dalam dual aga, Brunei telah kebobolan 10 gol dan hanya mencetak satu gol saja. Alhasil, peluang untuk Timnas Indonesia menang dan pesta gol terbuka lebar.

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini