x

3 Pemain Andalan Shin Tae-yong yang Mungkin Absen di Laga Timnas Indonesia vs Thailand

Selasa, 27 Desember 2022 17:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM – Tiga pemain andalan Shin Tae-yong kemungkinan akan absen di laga Timnas Indonesia vs Thailand pada matchday ketiga fase grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan menjalani ujian super berat di babak penyisiha grup Piala AFF 2022. Mereka akan menantang juara bertahan Thailand pada Kamis (29/12/22) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pertandingan ini terbilang cukup berat bagi kedua tim. Pasalnya, Indonesia dan Thailand sama-sama memperebutkan posisi puncak klasemen Grup A.

Timnas Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen Piala AFF 2022, setelah meraih kemenangan besar 7-0 atas Brunei Darussalam pada Senin sore kemarin.

Gol berhasil dicetak Syahrian Abimanyu (20’), Dendy Sulistyawan (41’), Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2).

Baca Juga

Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia berhasil mengoleksi enam poin dengan torehan sembilan gol serta satu kebobolan di sepanjang laga Piala AFF 2022.

Mengantongi 6 poin, skuad Garuda hanya kalah unggul dalam selisih gol dari Thailand yang meraih kemenangan 4-0 atas Filipina pada laga Senin malam WIB.

Baca Juga

Shin Tae-yong diharapkan bakal menurunkan pemain terbaiknya untuk menjalani laga rasa ‘final kepagian’ tersebut, termasuk para pemain andalan.

Namun, bukan tidak mungkin Shin Tae-yong terpaksa melewatkan beberapa pemain pilarnya karena faktor cedera dan alasan taktis.

INDOSPORT memaparkan tiga pemain yang kemungkinan akan disimpan Shin Tae-yong di pertandingan ketiga Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand:

Baca Juga

1. Syahrian Abimanyu

Persija kembali datangkan pemain, Syahrian Abimanyu. Foto: Persija

Saat Indonesia mengalahkan Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022, Syahrian Abimanyu memang tidak dimainkan sama sekali oleh Shin tae-yong. Dia menghuni bangku cadangan selama 90 menit pertandingan.

Namun, Shin Tae-yong mempercayakan posisi starter kepada bintang Persija Jakarta tersebut di pertandingn kedua, yakni saat Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam 7-0.

Pemain yang pernah bermain di Malaysia bersama Johor Darul Takzim tersebut mencetak gol pembuka untuk Timnas Indonesia ke gawang Brunei yang dikawal Haimie Abdullah Nyaring.

Gol tersebut tercipta lewat tendangan roket setelah dia mendapatkan umpan matang dari bomber naturalisasi, Ilija Spasojevic.

Sayangnya, laju pemain berusia 23 tahun itu tidak berjalan mulus setelah dia dihantam cedera usai dilanggar pemain Brunei di babak kedua.

Baca Juga

Syahrian mengerang kesakitan sehingga harus mendapat perawatan medis. Dia bahkan sempat dipapah keluar lapangan sambil memegangi pinggangnya.

Usai menjalani perawatan, Syahrian masih bisa melanjutkan permainan hingga tuntas. Namun Shin Tae-yong memberi kabar tak terduga mengenai kondisi pemain yang berposisi gelandang tengah.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengungkapkan dirinya belum bisa membeberkan kondisi Syahrian Abimanyu sebelum hasil pemeriksaan yang dijalani Syahrian.

"Abimanyu tidak bisa saya jawab dulu, belum ada laporan detail seperti apa, pastinya seperti ada cedera, tapi malam ini baru akan diketahui jelasnya kayak gimana," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers pasca laga.

Jika kondisi cedera Syahrian Abimanyu tidak memungkinkan untuk bermain, maka Shin Tae-yong harus tanpa jasa sang pelatih ketika Timnas Indonesia menghadapi Thailand di laga nanti.

Baca Juga

2. Rizky Ridho

Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI)

Rizky Ridho dimainkan sebagai starter dalam laga Brunei vs Indonesia setelah sebelumnya juga menjadi cadangan saat laga melawan Kamboja.

Di pertandingan kontra Kamboja sebelumnya, nama Rizky Ridho kalah dalam pilihan utama Shin Tae-yong yang memberikan kesempatan naturalisasi baru Jordi Amat menjalani debutnya.

Rizky Ridho sejatinya mampu tampil bagus dalam mengawal barisan pertahanan skuad Garuda. Dia membantu timnas Indonesia meraih cleansheet hingga jelang akhir laga.

Sayangnya di menit ke-80, Shin Tae-yong menarik Rizky Ridho keluar dan memasukkan gelandang Marc Klok untuk menambah daya serang lini tengah.

Ditariknya Rizky Ridho sendiri juga karena sang pemain mengalami cedera dan sempat menjalani perawatan medis.

Belum ada kabar terbaru mengenai kondisi cedera Rizky Ridho. Namun jika bek kiri tersebut masih dbekat cedera maka dia kemungkinan akan absen saat Timnas Indonesia menjamu Thailand.

Baca Juga

Hansamu Yama

Setelah absen di laga melawan Kamboja, Hansamu Yama akhirnya mendapatkan kesempatan comeback membela Timnas Indonesia saat mengalahkan Brunei.

Dimainkan sebagai starter, Hansamu Yama berpesan sebagai bek tengah. Dia ditemani oleh Rizky Ridho, Edo Febriansyah dan Asnawi Mangkualam.

Bermain selama 90 menit, dia melakukan tugasnya dengan baik untuk mengawal lini pertahanan. Namun satu dosa besar dilakukan saat dia menyia-nyiakan peluang emas mencetak gol.

Baca Juga

Kejadian bermula dari penetrasi Asnawi Mangkualam ke kotak penalti Brunei Darussalam. Kapten Timnas Indonesia itu lalu melepaskan umpan ke tiang dua yang mengarah ke Hansamu Yama.

Kiper Brunei Darussalam sejatinya sudah pasrah dengan operan dari Asnawi Mangkualam kepada Hansamu Yama lantaran bola hanya berjarak satu meter dari gawangnya.

Hansamu Yama lantas menyontek bola dengan kaki kanannya. Akan tetapi, bola justru melambung tinggi ke atas gawang Brunei Darussalam.

Melihat performanya yang kurang maksimal, Hansamu Yama mungkin akan disimpan Shin Tae-yong mengingat pentingnya laga melawan Thailand lusa.

Shin Tae-yong mungkin akan kembali mempercayakan posisi bek tengah kepada Jordi Amat yang memiliki pengalaman dan kemampuan bertahan sekelas Eropa dalam menghadapi sang juara bertahan. 

Baca Juga
ThailandHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaBola InternasionalSyahrian AbimanyuBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongRizky RidhoPiala AFF 2022

Berita Terkini