x

Detik-detik Hansamu Yama Gagal Cetak Gol untuk Timnas Indonesia, Disamakan Seperti Darwin Nunez

Selasa, 27 Desember 2022 01:03 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Pemain Persis Solo, Althaf Indie Alrizky (kiri) mencoba melewati hadangan bek Persija Jakarta, Hansamu Yama pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM – Momen kegagalan bek tengah timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata  gagal mencetak gol melawan Brunei di Piala AFF 2022 memicu perhatian dunia internasional.

Hal ini terjadi manakala salah satu akun sepak bola mancanegara @troll_football, memberikan konteks lain terhadap video kegagalan Hansamu Yama Pranata untuk mencetak gol.

Kondisi ini terjadi manakala pemain andalan Persija Jakarta ini mendapatkan peluang matang di depan gawang Brunei Darussalam kala timnas Indonesia bermain di Piala AFF 2022.

Laga ini merupakan yang kedua bagi Piala AFF 2022 manakala timnas Indonesia memenangi pertandingan dengan skor 7-0 melawan Brunei Darussalam.

Gol-gol timnas Indonesia sendiri dicetak oleh Syahrian Abimanyu (28’) dan Dendy Sulistyawan (41’) di babak pertama.

Baca Juga

Sementara, tim Garuda kemudian meledak di babak kedua dengan mengemas lima gol tambahan yang membawa mereka ke puncak klasemen grup A Piala AFF 2022.

Egy Maulana  Vikri mengawali pesta gol timnas Indonesia di menit ke-59 sebelum menambah empat gol lainnya melalui Ilija Spasojevic (60’), Ramadhan Sananta (68’), Marc Klok (86’), dan Yakob Sayuri (90+2’).

Baca Juga

Di sisi lain, timnas Indonesia yang dibesut Shin Tae-yong menurunkan beberapa pemain yang tak turun di laga perdana Piala AFF 2022 melawan Kamboja.

Hanya tiga pemain inti, yaitu Nadeo Argawinata, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Egy Maulana Vikri pemain starter yang turun dalam laga babak pertama antara Brunei Darussalam vs timnas Indonesia.

Sementara itu, duet Hansamu Yama Pranata dan Rizky Ridho di lini belakang cenderung solid, meskipun beberapa kali ditekan serangan balik Brunei Darussalam.

Baca Juga

1. Sorotan Dunia Internasional Pada Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama Pranata

Pertandingan antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur Football (Malaysia), Senin (26/12/22). (Foto: PSSI)

Namun demikian, serangan Hansamu Yama Pranata lah yang kemudian menjadi perbincangan warganet di dunia maya.

Kejadian ini terjadi manakala bek 28 tahun ini ikut menyerang di menit ke-51 dan mendapatkan posisi kosong di tengah pertahanan Brunei.

Posisi kosong inipun dimanfaatkan Asnawi Mangkualam Bahar untuk memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti Brunei.

Peluang ini gagal dimanfaatkan oleh Hansamu Yama yang tendangannya kemudian melayang ke atas mistar gawang tim asuhan Mario Rivera.

Sontak, kegagalan Hansamu Yama Pranata mencetak gol untuk timnas Indonesia disambut rasa lega dari kiper Brunei, Hamie Abdullah Nyaring.

Baca Juga

Namun demikian, unggahan @troll_football diberikan konteks lain manakala mereka menyamakan Hansamu dengan penyerang Liverpool, Darwin Nunez.

Kegagalan seperti ini sempat dilakukan oleh Darwin Nunez manakala gagal mencetak gol untuk Liverpool di Liga Inggris dan Uruguay di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Hanya saja, apa yang dilakukan Hansamu kemudian dibela oleh warganet Indonesia yang memberikan komentar bahwa pemain ini adalah bek tengah.

Tentu saja, warganet kemudian membela Hansamu Yama Pranata dengan menyebut bahwa apa yang dilakukan pemain timnas Indonesia ini wajar sebagai seorang bek tengah.

Selepas menang melawan Brunei Darussalam, Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga lanjutan Piala AFF 2022 pada hari Kamis (29/12/22)

Baca Juga
Brunei DarussalamHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini