x

Starting XI Termahal Piala AFF 2022, Bintang Timnas Indonesia dan Thailand Mendominasi

Rabu, 28 Desember 2022 15:24 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Sebagai dua tim favorit juara Piala AFF 2022, wajar timnas Indonesia dan Thailand diberkati dengan pemain-pemain berkualitas.

INDOSPORT.COM - Sebagai dua tim favorit juara Piala AFF 2022, wajar timnas Indonesia dan Thailand diberkati dengan pemain-pemain berkualitas.

Tidak heran pula jika starting XI termahal ajang Asia Tenggara tersebut juga didominasi nama-nama dari Tim Garuda dan The War Elephants.

Menurut data dari Transfermarkt, line-up paling mewah dalam Piala AFF edisi tahun ini menampilan masing-masing tiga pemain dari dua tim yang akan berhadapan pada Kamis (30/12/22) mendatang.

Vietnam pun demikian. The Golden Stars Warriors juga dapat menyelipkan tiga wakilnya.

Masih menurut Transfermarkt, total starting XI termahal Piala AFF 2022 bernilai sekiyar 5,075 juta Euro atau sekitar 85 miliar Rupiah.

Baca Juga

Sebenarnya angka-angka tersebut masih bisa melambung tinggi andai sejumlah nama besar lain tidak absen. Sebut saja penggawa andalan Singapura, Ikhsan Fandi (400.000 Euro), dan Messi ASEAN asal Thailand, Chanathip Songkrasin (1,4 juta Euro).

Pemain naturalisasi baru timnas Indonesia yakni Sandy Walsh pun sebenarnya bisa jadi yang termahal karena dibanderol 2 juta Euro oleh Transfermarkt.

Baca Juga

Namun demikian starting XI termahal Piala AFF 2022 masih tetap menarik untuk dikulik. Siapa saja bintang timnas Indonesia yang masuk dalam daftar elite ini? Berikut ulasannya dalam formasi 4-3-1-2

Penjaga Gawang - Nadeo Argawinata (Indonesia, 275.000 Euro)

Di usia yang masih relatif muda untuk posisinya, 25 tahun, Nadeo Argawinata sudah menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di Asia Tenggara.

Meski belum bisa reiah gelar juara Piala AFF untuk timnas Indonesia namun stopper Bali United itu tetap punya momen apik seperti saat menepis penalti krusial dari Singapura pada edisi 2020 silam yang loloskan negaranya ke final.


1. Jordi Amat Tembus 1 Juta Euro

Jordi Amat.

Bek Kanan - Ho Tan Tai (Vietnam, 350.000 Euro)

Asnawi Mangkualam harusnya bisa masuk dalam line-up ini apabila tidak ada Ho Tan Tai namun fullback milik Vietnam ini memang berkualitas.

Ia sudah mengemas satu gol dalam dua penampilan di Piala AFF 2022 saat Vietnam menghadapi Laos di partai pembuka.

Bek Tengah - Irfan Fandi (Singapura, 500.000 Euro)

Singapura beruntung karena meski kehilangan Ikhsan Fandi karena cedera namun Irfan Fandi, sang abang, masih fit untuk dipanggil ke Piala AFF 2022.

Berkat bek sentral milik klub raksasa Thailand, BG Pathum, tersebut The Lions masih menjaga kans untuk lolos ke semifinal setelah memenagi dua laga grup pertama dengan satu nirbobol.

Bek Tengah - Jordi Amat (Indonesia, 1 juta Euro)

Meski sudah tidak berkarier ke Eropa usai bergabung bersama Johor Darul Ta'zim di Malaysia, Jordi Amat masih punya nilai pasar yang tinggi di mata Transfermarkt.

Baca Juga

Pengalamannya bermain di kasta tertinggi Spanyol dan Inggris membuat defender naturalisasi timnas Indonesia itu layak menembus nominal 1 juta Euro.

Bek Kiri - Theerathon Bunmathan (Thailand, 600.000 Euro)

Sepertinya untuk sekarang masih belum ada fullback kiri yang sebaik Theerathon Bunmathan. Standar yang dipasang oleh kapten Thailand itu memang sangat tinggi.

Baca Juga

Empat tahun merumput di Liga Jepang dan mengangkat trofi Piala AFF dua kali jadi sejumkah capaian terbaik atlet 32 tahun itu.

Gelandang Bertahan - Sarach Yooyen (Thailand, 400.000 Euro)

Skuat Thailand di Piala AFF 2022 memang hanya mengandalkan pemain liga domestik namun masing sangat kuat dan berpengalaman. Salah satunya adalah Sarach Yooyen.

Yooyen pemain yang bermandikan gelar di negeri hajah putih dengan sembilan trofi. Namanya juga sudah masuk dalam daftar penggawa Thailand yang memenangi tiga edisi Piala AFF.

Baca Juga

2. Marc Klok Kuatkan Aroma Merah-Putih

Marc Klok. Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa

Gelandang Tengah - Nguyen Hoang Duc (Vietnam, 400.000 Euro)

Vietnam punya banyak pemain dengan kualitas yang harusnya mengizinkan mereka bermain di kompetisi Eropa maupun elite Asia dan Nguyen Hoang Duc adalah salah satunya.

Usianya baru 24 tahun namun sudah menjuarai dua liga domestik bersama Viettel FC. Ia juga sudah membawa Vietnam U-23 dua kali menjadi kampiun dua SEA Games.

Gelandang Tengah - Marc Klok (Indonesia, 450.000 Euro)

Setelah menanti sekian lama untuk bisa bermain untuk timnas Indonesia di Piala AFF, keinginan Marc Klok akhirnya kesampaian juga di Piala AFF 2022 dan ia pun masuk dalam starting XI termahal.

Playmaker kelahiran Belanda itu baru menikmati masa naturalisasinya sekitar setahun dan Klok punya kans untuk menjadi pemain besar bagi Merah-Putih ke depannya.

Gelandang Serang - Nguyen Quang Hai (Vietnam, 400.000 Euro)

Tidak banyak pemain Asia Tenggara yang bisa pamer punya karier di Eropa namun Nguyen Quang Hai berbeda. Sebagai bintang terbaik Vietnam, ia kini berkostum Pau FC yang berkompetisi di divisi dua Prancis.

Baca Juga

Walau begitu ia masih bisa ikut ke Piala AFF 2022 dan memenuhi panggilan pelatih Park Hang-seo meski banyak pemain ASEAN yang berbasis di benua biru terhalang izin dari klub mereka.

Penyerang Tengah - Teerasil Dangda (Thailand, 350.000 Euro)

Jika ada pemain yang cocok disebut sebagai Mr. AFF maka Teerasil Dangda layak dinominasikan. Ia memegang status top skor sepanjang masa Piala AFF sekaligus mengalungi empat medali juara.

Baca Juga

Kini di usia 34 tahun Dangda masih setia mendampingi skuat Gajah Perang serta siap memperpanjang rekor gol dan trofinya.

Penyerang Tengah - Billy Ketkeophomphone (Laos, 350.000)

Tidak cuma karena mewakili Laos, namun masuknya nama Billy Ketkeophomphone dalam daftar ini juga mengandung unsur unik lain. Sang striker rupanya berstatus free agent saat ini.

Sudah enam bulan lamanya bomber 32 tahun itu tidak punya klub usai dilepas oleh Sri Pahang. Mengingat ia punya CV bermain di Swiss dan juga Prancis, kemungkinan besar akan ada klub Asia Tenggara yang tengan menggodok proposal merekrutnya.

Baca Juga
VietnamThailandTeerasil DangdaLaosTheerathon BunmathanTimnas IndonesiaPiala AFFNadeo ArgawinataBola InternasionalIrfan FandiMarc KlokNguyen Quang HaiJordi AmatPiala AFF 2022

Berita Terkini