x

Piala AFF 2022: Jelang Timnas Indonesia vs Thailand, Shin Tae-yong Bongkar 'Borok' Skuadnya

Rabu, 28 Desember 2022 08:18 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Duel Timnas Indonesia vs Thailand pada fase Grup A Piala AFF 2022 segera dihelat. Shin Tae-yong membongkar borok pola permainan skuad Garuda.

INDOSPORT.COM - Duel Timnas Indonesia vs Thailand pada fase Grup A Piala AFF 2022 segera dihelat. Shin Tae-yong membongkar borok pola permainan skuad Garuda.

Timnas Indonesia vs Thailand menjadi partai akbar dalam gelaran Piala AFF 2022. Pasalnya, pertandingan ini akan memperebutkan tiket untuk melenggang ke babak semifinal.

Sesuai jadwal pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/22) pukul 16.30 WIB.

Menjelang pertandingan dihelat, Shin Tae-yong membeberkan sejumlah 'borok' pola permainan skuad Garuda. Tentunya, hal itu berdasarkan evaluasi dari laga-laga  sebelumnya.

Menurutnya, penyelesaian akhir Timnas Indonesia masih sangat buruk dan seringkali membuang peluang emas ketika berada di gawang lawan.

Baca Juga

"Saat mendapat peluang harus bisa cetak gol lebih," kata Shin Tae-yong pasca laga Indonesia vs Brunei Darussalam, dikutip dari media Malaysia, Harimau Malaya.

Pada laga kontra Kamboja, pelatih asal Korsel itu juga menyesalkan hal yang sama. Tak elak, selisih gol bisa menjadi faktor pembeda untuk lolos dari fase grup Piala AFF 2022.

Baca Juga

"Menurut saya para pemain (skuad Garuda) tak bisa menampilkan permainan menarik kepada para fans. Seharusnya kita bisa cetak lebih banyak gol, tetapi kita gagal memanfaatkan peluang yang ada" ujarnya kala itu, Jumat (23/12/22)

"Dan hal itu yang sedikit saya sesalkan," sambung Shin Tae-yong.

Sebelumnya, skuad Garuda berpesta gol saat melawan Brunei Darussalam pada babak penyisihan grup Piala AFF 2022.

Baca Juga

Pratama Arhan dan kawan-kawan berhasil menutup laga dengan skor mutlak 7-0 tanpa balas atas Brunei. Tujuh gol kemenangan Timnas Indonesia itu dibukukan oleh Syahrian Abimanyu (20'),

Lebih lanjut, Dendy Sulistyawan mencetak gol pada menit ke-41, Egy Maulana Vikri (59'), Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2'). Hasil ini menjadi modal apik dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand yang akan dilangsungkan pekan ini.


1. Strategi Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022

Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong rupanya sudah menyiapkan strategi kejutan dalam laga Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 mendatang.

Ia mengatakan mulai menganalisis bagaimana pola permainan tim Negeri Gajah Putih saat menghadapi Filipina beberapa waktu lalu.

Harapannya, strategi kejutan yang disiapkannya mampu berjalan efektif dan menghantarkan skuad Garuda bisa menjadi juara Piala AFF 2022.

"Nanti akan kami jelaskan ke pemain bagaimananya," kata Shin Tae-yong saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pasca laga kontra Brunei Darussalam.

Duel Timnas Indonesia vs Thailand sejatinya sudah dimulai sejak tahun 1998. Tercatat keduanya sudah 14 kali bertemu di seluruh kompetisi.

Baca Juga

Kumulasi total pertemuan, harus diakui bahwa Tim Garuda cukup kewalahan untuk mengalahkan The War Elephants.

Timnas Indonesia hanya mampu meraih dua kemenangan atas Thailand, yakni pada tahun 2010 dan 2016, dalam pertandingan waktu normal.

Baca Juga

Ditambah, sampai saat ini Indonesia belum satu kalipun meraih gelar juara Piala AFF, paling mentok finish sebagai runner-up.

Thailand selalu menjadi momok bagi tren Timnas Indonesia untuk menjadi juara gelaran kompetisi se-Asia. Oleh karena itu, hal ini akan menjadi pr besar bagi Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu diprediksi bakal menurunkan formasi terbaiknya saat melawan Thailand.

Baca Juga

Mengingat saat melawan Brunei banyak pemain yang diistirahatkan Shin Tae-yong atau tetap dimainkan meski tidak selama pertandingan berlangsung. "Kita akan mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk lawan Thailand nanti," kata pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Saat melawan Brunei ada beberapa pemain yang diistirahatkan dan bahkan tidak bermain yang diantaranya adalah pemain naturalisasi Jordi Amat, Pratama Arhan, Marcelino Ferdinan hingga Fachruddin Aryanto namun keempatnya akan bugar di laga Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Thailand.

ThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini