x

Bedah Formasi Inter Milan di Paruh Kedua Usai Tak Terkalahkan Selama Uji Coba: Mainkan 3 Striker?

Jumat, 30 Desember 2022 20:33 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Bedah formasi yang mungkin dipakai Inter Milan di lanjutan Liga Italia 22/23, usai hasil tak terkalahkan sepanjang laga uji coba. Siap mainkan tiga striker?

INDOSPORT.COM – Bedah formasi yang mungkin bakal dipakai Inter Milan di lanjutan Liga Italia 22/23, usai raih hasil tak terkalahkan sepanjang laga uji coba. Siap mainkan tiga striker?

Inter Milan sendiri baru saja kembali menorehkan catatan manis laga uji coba terbarunya kontra Sassuolo, Kamis (29/12/22) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Città del Tricolore tersebut, Inter Milan mampu raih kemenangan tipis dengan skor 0-1.

Gol tunggal dari Edin Dzeko pada menit ke-63’ berhasil membuat Inter Milan melanjutkan tren tak terkalahkan mereka sepanjang jeda kompetisi.

Tercatat, sebelum menghadapi Sassuolo skuad asuhan Simone Inzaghi tersebut sudah melakoni empat laga uji coba dengan berbagai klub.

Baca Juga

Hasilnya, Inter Milan tak pernah telah kekalahan dengan rincian empat kemenangan kontra Gzira (1-6), RB Salzburg (4-0), Reggina (0-2) dan Sassuolo (0-1). Serta sekali imbang melawan Real Betis (1-1).

Berkaca dari hasil tersebut, Inter Milan pun kini punya modal positif jelang menjalani laga lanjutan Liga Italia musim 22/23 yang mulai bergulir bulan Januari mendatang.

Baca Juga

Dari sekian banyak laga uji coba yang dilakoni Inter Milan, terdapat satu hal menarik terutama dari segi taktikal yang diterapkan Simone Inzaghi.

Di mana dalam dua laga terakhir, Inter Milan kerap memainkan Lukaku dan Dzeko sebagai penyerang utama, serta menambahkan satu gelandang serang di belakang mereka.

Jika melihat dari trek rekor Inter Milan musim lalu, formasi tersebut terbilang baru dan mungkin bakal jadi senjata alternatif La Beneamata di paruh kedua kompetisi.

Melihat dari komposisi pemain saat ini serta gaya permainan Inter Milan selama uji coba, berikut INDOSPORT coba ulas potensi formasi yang mungkin digunakan Inter kala kompetisi bergulir tahun depan:

Baca Juga

1. Inter Milan Tak Lagi Pakai 3 Bek?

Hakan Calhanoglu menjaga bola dari Maycon di laga Inter Milan vs Shkahtar Donetsk (25/11/21).

Melihat dari skema permainan Inter Milan selama uji coba yang sangat bertumpu pada lini tengah serta ketangguhan para striker sebagai pemantul dan pengeksekusi peluang, maka Inter mungkin akan melakukan perubahan di sisi pertahanan mereka.

Jika dalam beberapa musim sebelumnya Inter Milan sangat kental dengan tiga bek, namun dengan kebiasaan Inzaghi yang sering memainkan dua striker plus satu striker bayangan atau second striker di belakang saat uji coba kemarin, maka mau tak mau jumlah bek harus dikurangi agar bisa mengakomodasi skema tiga striker yang diinginkan sang pelatih.

Untuk itu, formasi baru Inter Milan nanti mungkin akan bisa berganti dari 3-5-2 menjadi 4-3-3.

Dalam taktik ini, empat pemain bertahan Inter sangat cocok ditempati oleh Milan Skriniar dan Alessandro Bastoni sebagai center back, serta Denzel Dumfries dan Federico Dimarco di posisi wing back.

Keempat pemain tersebut akan menjadi tembok kokoh di lini pertahanan Inter Milan, sekaligus membantu tugas Andre Onana yang masih jadi pilihan utama di posisi kiper.

Baca Juga

Beralih ke lini tengah, ada trio Marcelo Brozovic, Nicolo Barella dan Hakan Calhanoglu. Peran Calhanoglu bakal jadi tumpuan Inter untuk membangun serangan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Inzaghi sering bereksperimen selama uji coba dengan memainkan satu penyerang lubang atau gelandang serang di belakang dua striker utama.

Baca Juga

Oleh sebab itu, Hakan Calhanoglu akan mengembang tugas sebagai gelandang serang untuk menopang para striker utama.

Sementara Marcelo Brozovic dan Nicolo Barella akan bertugas sebagai deep lying playmaker. Tak hanya membantu serangan, kedunya juga ikut mem backup lini pertahanan.

Baca Juga

2. Revolusi Lini Serang Inter Milan

Romelu Lukaku, pemain Inter Milan. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo

Terakhir adalah pos lini serang, di mana perubahan akan kembali terjadi dengan tiga striker jadi opsi baru Inter Milan setelah dalam beberapa musim kerap menggunakan dua pemain depan.

Selama uji coba, Inzaghi sering memainkan Dzeko dan Lukaku secara bersamaan. Secara hasil, keduanya terbilang sangat apik dan berhasil membantu Nerazzurri terhindar dari kekalahan.

Namun, Inter Milan akan sangat rugi jika harus terus memainkan duet tersebut atau menggantinya dengan yang lain.

Pasalnya jika merotasi duet Dzeko dan Lukaku yang lumayan ampuh selama masa uji coba, kemungkinan bakal membuat salah satu dari dua pemain tersebut kehilangan momen untuk temukan peak performance.

Sedangkan jika terus memainkan mereka berdua, maka ada satu striker potensial lain yakni Lautaro Martinez yang bakal dikorbankan Inter Milan dan hal itu jelas jadi kerugian besar klub.

Baca Juga

Untuk itulah, opsi terbaik bagi Simone Inzaghi adalah dengan memainkan tiga strikernya secara bersamaan dalam formasi 4-3-3.

Lautaro Martinez dengan kemampuan dribblingnya, serta Edin Dzeko dengan kualitas menjaga bola yang luar biasa, membuat keduanya layak ditempatkan sebagai penyerang sayap di sisi kiri dan kanan.

Sementara Lukaku bakal jadi ujung tombak, serta jadi pemantul yang memungkinkan dua tandemnya di sisi sayap masuk ke kotak penalti dan mencetak gol.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkum potensi formasi yang mungkin bisa digunakan Inter Milan pada paruh kedua Liga Italia 22/23 nanti:

Inter MilanRomelu LukakuSimone InzaghiLiga Italia

Berita Terkini