x

5 Pelatih dengan Raihan Poin Terbaik per Pertandingan di Liga Inggris

Sabtu, 31 Desember 2022 15:37 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pelatih Italia Roberto Mancini. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM - Liga Inggris telah menjadi rumah bagi beberapa pelatih hebat di dunia. Secara statistik, sejumlah pelatih bahkan mencatatkan poin yang tinggi per pertandingannya.

Pasalnya, barometer utama dalam kesuksesan pelatih adalah apakah mereka bisa konsisten meraih tiga poin di tiap pertandingannya.

Baca Juga

Memang tidak ada pelatih yang sempurna. Tetapi, setidaknya ada beberapa pelatih yang sanggup membawa timnya meraih banyak kemenangan.

Untuk itu, berikut lima pelatih dengan raihan poin terbaik per pertandingannya di Liga Inggris.

Baca Juga

Roberto Mancini - 2,05

Roberto Mancini adalah pelatih Manchester City pertama yang sukses meraih gelar Liga Inggris setelah format baru.

Baca Juga

Sejak direkrut pada Desember 2009, karier kepelatihan terakhirnya adalah pada Mei 2013 setelah Man City kalah di final Piala FA melawan Wigan Athletic.

Meski begitu, pelatih asal Italia ini masih mendapat 2,05 poin per pertandingannya. Ini menunjukkan bahwa racikan timnya cukup efektif.


1. Antonio Conte - 2,07

Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS/Paul Childs

Ada banyak pelatih yang menerapkan formasi tiga bek di Liga Inggris. Tetapi bisa dibilang, pelatih yang paling sukses menerapkan formasi ini adalah Antonio Conte.

Formasi ini diterapkannya saat masih melatih Chelsea pada Juli 2016 - Juli 2018 lalu. Setelahnya, dia pergi ke negara asalnya, Italia, untuk melatih Inter Milan.

Baca Juga

Saat ini, Conte kembali ke Inggris untuk melatih Tottenham Hotspur. Catatan poinnya pun mencapai 2,07 per pertandingannya di Liga Inggris.

Jurgen Klopp - 2,12

Jurgen Klopp adalah dalang di balik kesuksesan Liverpool sejauh ini. Salah satu yang paling besar adalah memutus rekor penantian 30 tahun juara Liga Inggris.

Baca Juga

Klopp juga sukses membawa timnya ke tiga final Liga Champions, di mana musim 2018-2019 adalah musim terbaiknya dengan menjadi kampiun.

Kini, performa The Reds memang sedang menurun di musim 2022-2023. Meski begitu, pelatih asal Jerman ini bisa meraih 2,12 poin per pertandingannya.


2. Sir Alex Ferguson - 2,16

Sir Alex Ferguson menggunakan masker dengan cara yang salah di laga Manchester United vs Southampton

Siapa yang tak kenal dengan Sir Alex Ferguson. Selama melatih Manchester United pada 1986-2013, di mengubah timnya menjadi tim yang sarat akan prestasi.

Berbagai gelar telah ia torehkan di Man United, salah satu yang paling terkenal adalah dengan meraih teble winner di musim 1998-1999. 

Baca Juga

Tak hanya itu, Sir Alex juga dikenal karena sanggup mempersembahkan 13 gelar Liga Inggris untuk The Red Devils.

Tercatat, pelatih asal Skotlandia ini memimpin 810 laga di Liga Inggris dengan meraih 2,16 poin per pertandingannya.

Pep Guardiola - 2,34

Jika sebelumnya Sir Alex Ferguson yang memimpin dalam daftar ini, maka dia sudah tergeser oleh Pep Guardiola, pelatih hebat asal Spanyol.

Sejak datang pada Juli 2016, Guardiola mengubah Manchester City menjadi tim yang menakutkan. Tidak hanya di Inggris, tetapi juga di Eropa.

Baca Juga

Guardiola juga sudah mempersembahkan empat gelar Liga Inggris dan berbagai gelar lainnya untuk The Citizens.

Kini, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen ini membawa Man City meraih 2,34 poinnya per pertandingan.

Roberto ManciniPep GuardiolaLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini