x

Bantu Liverpool, Wout Faes Gabung Grup 'Elite' Pencetak Dua Gol Bunuh Diri dalam Satu Laga Ini

Sabtu, 31 Desember 2022 15:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wout Faes, pemain Leicester City yang menghadiahkan dua gol bunuh diri untuk Liverpool. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Nama Wout Faes mendadak jadi perbincangan publik setelah pertandingan Liga Inggris (Premier League) antara Liverpool vs Leicester City, Sabtu (31/12/22) dini hari WIB.

Bagaimana tidak? Dua gol bunuh dirinya jadi penyelamat Liverpool dari kekalahan di hadapan publik sendiri di Anfield.

Tanpa Wout Faes, anak-anak asuh Jurgen Klopp saat ini mungkin sedang kecewa lantaran gagal meraih poin di laga semalam.

Pasalnya, tidak ada satu pun gol yang berhasil disarangkan Darwin Nunez dkk ke gawang Danny Ward, ketika The Foxes berhasil mencemplungkan satu melalui playmaker mereka, Kiernan Dewsbury-Hall.

Namun siapa sangka kalau dewi keberuntungan lebih berpihak kepada Liverpool dengan memberi mereka dua gol cuma-cuma lewat Wout Faes.

Baca Juga

Bek tengah Timnas Belgia tersebut memasukkan bola ke gawang sendiri masing-masing pada menit ke-38 dan 45.

Ia pun membuat Leicester City yang sudah memimpin laga sejak menit keempat harus gigit jari dan pada akhirnya kalah dengan skor akhir 1-2.

Baca Juga

Membawa mimpi buruk untuk timnya sendiri di pertandingan Liverpool vs Leicester City, Wout Faes pun ‘sah’ menjadi anggota grup elite yang mencetak dua gol bunuh diri dalam satu laga.

Grup elite yang berisi para pemain kurang beruntung ini, sebelumnya sudah dihuni beberapa sosok seperti Jamie Carragher dan Jonathan Walters.

Seperti apa kisahnya?

Baca Juga

1. Jamie Carragher

Jamie Carragher juga pernah bikin dua gol bunuh diri dalam satu laga yang rugikan Liverpool. Foto: Ross Parker/SNS Group via Getty Images.

Menyandang status legenda di Liverpool, Jamie Carragher bukannya tidak pernah luput dari nasib apes selama berseragam The Reds.

Mencetak dua gol bunuh diri dalam satu laga pun pernah menghiasi hari-hari Carra, sapaan akrabnya, saat masih membela klub asal Merseyside ini.

Bahkan, ia menjadi pemain pertama yang mengukir catatan apes ini di kancah Liga Inggris, tepatnya pada musim 1999-2000 silam.

Yang lebih menyakitkannya lagi, dua gol tersebut tercipta di pertandingan melawan rival sepanjang masa Liverpool, Manchester United.

Liverpool bermain di Anfield pada 11 September 1999, ketika tim mereka masih berisi pemain-pemain seperti Patrik Berger, Steven Gerrard, Jamie Redknapp, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

Jamie Carragher ‘membuka’ keunggulan Manchester United pada menit ke-3 sebelum skor berhasil digandakan Andrew Cole pada menit ke-18.

Sami Hyppia pada menit ke-23 berhasil menceploskan bola ke gawang MassimoTaibi, memperkecil selisih skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Manchester United.

Baca Juga

Akan tetapi, Carra membuat situasi Liverpool pelik lagi setelah mencatatkan gol kedua jelang akhir babak pertama.

Hingga akhirnya, Patrik Berger mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-68. Pertandingan berakhir dengan skor 3-2.

Tanpa dua gol bunuh diri Jamie Carragher di laga tersebut, Liverpool mungkin akan memenangkan laga dengan skor 2-1. 

Baca Juga
 

2. Pemain-Pemain Apes Lainnya

Wout Faes, pemain Leicester City yang menghadiahkan dua gol bunuh diri untuk Liverpool. Foto: REUTERS/Carl Recine.

Selain Wout Faes dan Jamie Carragher, pemain selanjutnya yang pernah mencetak dua gol bunuh diri dalam satu laga di Liga Inggris adalah Jonathan Walters.

Kejadian nahas tersebut terjadi di pertandingan Stoke City vs Chelsea pada 12 Januari 2013, yang berakhir dengan kemenangan The Blues 4-0.

Ya, Jonathan Walters pun menjadi salah satu pemain yang turut dalam ‘pembantaian’ tererbut walau ia sendiri berseragam Stoke City.

Golnya pada menit ke-45 dan 62 itu pun membuat The Potters gigit jari dan harus ikhlas menerima kekalahan dengan margin skor yang cukup besar dari Chelsea.

Dua gol The Blues lainnya diciptakan oleh Eden Hazard dan Frank Lampard melalui tendangan titik putih.

Baca Juga

Michael Proctor

Charlton Athletic juga menjadi tim yang apes gara-gara dua gol bunuh dalam satu laga yang makin memperparah kekalahan mereka dari Sunderland pada musim 2003-2004.

Bahkan, mereka nampak apes seapes-apesnya lantaran tiga bola yang bersarang di gawang Dean Kiely saat itu berasal dari pemain mereka sendiri.

Baca Juga

Bermain di Stadium of Light, Charlton Athletic yang berstatus tim tamu terlebih dulu kebobolan oleh gol bunuh diri Stephen Wright.

Nah, Michael Proctor setelah itu turut mencatatkan dua gol bunuh diri masing-masing pada menit ke-28 dan 31, menjadikan tulisan di papan skor tampak begitu mengerikan bagi Charlton Athletic, 3-0.

Namun Kevin Phillips berhasil menyelamatkan sedikit muka mereka dengan satu gol hiburan dari titik putih jelang berakhirnya babak kedua. Laga itu pun ditutup dengan skor akhir 1-3.

Baca Juga

Sumber: premierleague.com

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisOne FootballWout Faes

Berita Terkini