x

Sahabat Kental, Thailand Ajak Indonesia Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Minggu, 1 Januari 2023 09:04 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
Memang sahabat kental, Thailand mengajak Indonesia untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia.

INDOSPORT.COM – Memang sahabat kental, Thailand mengajak Indonesia untuk maju menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia menjadi ajang terakbar sepak bola internasional empat tahunan yang ditunggu-tunggu para penggemar sepak bola.

Piala Dunia ini awalnya sempat menggunakan sistem tuan rumah bergantian dari setiap benua yang mana Afrika Selatan (2010) menjadi host pertama dari kebijakan tersebut.

FIFA kemudian melanjutkan sistem tersebut pada 2014 yang mana Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia dari benua Amerika Selatan.

Namun, pada 29 Oktober 2007 lalu, FIFA mengumumkan tidak akan melanjutkan sistem rotasi tuan rumah Piala Dunia bergantian dari setiap benua.

Baca Juga

Sebagai gantinya, FIFA menerapkan setiap negara bisa mengajukan tawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia asalkan konfederasi benua mereka belum menjadi tuan rumah salah satu dari dua Piala Dunia terakhir.

Maka dari itu, negara dari benua Afrika dan Amerika Selatan tidak boleh mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada saat itu.

Baca Juga

Sementara itu, Piala Dunia 2022 sudah jatuh pada negara Asia, Qatar, sehingga benua tersebut tentu belum bisa menjadi tuan rumah dalam waktu dekat.

Kendatipun demikian, Thailand sudah mengajak Indonesia maju menjadi tuan rumah Piala Dunia ke depan.

Baca Juga

1. Thailand Ajak Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Thailand pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/22).

Dilansir dari akun Twitter GOAL Indonesia, sang admin mengunggah video ajakan manajer tim Thailand, Nualphan Lamsam alias Madam Pang, untuk mengajak Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Madam Pang sendiri berkaca dari Piala Dunia 2002 lalu yang mana Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah sehingga dia berpikir menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah hal yang bagus bagi Thailand dan Indonesia.

Terlebih lagi, Madam Pang menekankan bahwa Indonesia mempunyai populasi 200 juta dan Thailand 70 juta yang tentunya mempunyai gairah sepak bola yang luar biasa.

Hal itu pastinya bisa menjadi alasan baginya mengapa Thailand dan Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia ke depan.

Harapan Thailand dan Indonesia menjadi tuan rumah bisa terjadi di Piala Dunia 2034 mendatang mengingat negara Asia baru bisa mencalonkan diri sebagai host setelah dua edisi ke depan.

Baca Juga

Tawaran pertama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 telah diajukan sebagai tawaran kolektif oleh anggota ASEAN.

Pada 1 Juli 2017 lalu, mantan Plt Ketua PSSI, Joko Driyono, mengatakan Indonesia dan Thailand akan memimpin konsorsium negara Asia Tenggara dalam penawaran tersebut.

Baca Juga

Driyono menambahkan, karena pertimbangan geografis dan infrastruktur serta format yang diperluas (48 tim), setidaknya gabungan dua atau tiga negara ASEAN bakal diperlukan menjadi tuan rumah pertandingan.

Wakil CEO Liga 1 Thailand, Benjamin Tan, pada pertemuan Dewan AFF, menegaskan bahwa Asosiasinya telah "berminat untuk menawar dan menjadi tuan rumah" Piala Dunia 2034 bersama Indonesia pada September 2017 lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen AFF, Dato Sri Azzuddin Ahmad, memastikan Indonesia dan Thailand akan mengajukan tawaran bersama sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Baca Juga

Sumber: Instagram, Wikipedia

Piala DuniaIndonesiaThailandTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini