x

5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Kamis, 5 Januari 2023 10:55 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Christian Pulisic, pemain Chelsea. Foto: REUTERS/Andrew Boyers

INDOSPORT.COM - Bursa transfer musim dingin yang berlangsung selama Januari setiap tahunnya, dikenal sebagai pembelian yang panik. Ada sejumlah transfer pemain yang bernilai tinggi.

Beberapa tim berhasil mengidentifikasi kelemahan mereka di paruh pertama musim dan melakukan pembelian strategis di bursa transfer musim dingin.

Baca Juga

Ada juga beberapa klub yang putus asa dengan mencoba merekrut pemain besar lewat transaksi gila-gilaan dalam upaya menyelamatkan musim mereka.

Kali ini, ada lima transfer terbesar yang terjadi di bursa transfer musim dingin. Berikut daftarnya.

Baca Juga

Christian Pulisic (Borussia Dortmund ke Chelsea) - 64 juta euro

Pada Januari 2019, Chelsea membeli Christian Pulisic dari Borussia Dortmund seharga 64 juta euro. Tetapi, Pulisic tetap bermain di Dortmund hingga musim 2018-2019 berakhir.

Baca Juga

Di musim debutnya di Chelsea, Pulisic mencatatkan 11 gol dan 10 assist dalam 34 pertandingan di seluruh kompetisi musim 2019-2020.

Kini, winger asal Amerika Serikat tersebut sudah menorehkan total 26 gol dan 21 assist dalam 135 pertandingan untuk The Blues.


1. Aymeric Laporte (Athletic Bilbao ke Manchester City) - 65 juta euro

Blunder Aymeric Laporte yang gagalkan Manchester City ke semifinal Liga Champions. (Laurence Griffiths/Getty Images)

Kekuatan finansial Manchester City memang sangat kencang. Pihaknya pun merekrut Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao pada Januari 2018 senilai 65 juta euro.

Sayangnya, nilai tinggi tersebut tidak selalu menjaminnya bermain sebagai starter. Sebab, pelatih Pep Guardiola lebih menyukai Ruben Dias, Nathaniel Ake, dan John Stones.

Baca Juga

Laporte, yang telah memenangi empat gelar Liga Inggris sejak gabung ke Man City, sejauh ini telah memainkan 164 pertandingan dengan raihan 12 gol.

Dusan Vlahovic (Fiorentina ke Juventus) - 82 juta euro

Kepergian Cristiano Ronaldo pada musim panas 2021 membuat Juventus mendatangkan Dusan Vlahovic dari Fiorentina pada Januari 2022 di angka 82 juta euro.

Baca Juga

Di Fiorentina, Vlahovic telah mencetak 17 gol dan empat assist dalam 21 pertandingan di Serie A. Sedangkan, dia mencetak tujuh gol dalam 15 laga Juventus di Serie A musim lalu.

Kini, raihan striker asal Serbia tersebut mulai membaik dengan mengantongi enam gol dan satu assist dalam 10 laga di Serie A 2022-2023.


2. Virgil van Dijk (Southampton ke Liverpool) - 85 juta euro

Virgil van Dijk, pemain Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

Liverpool secara mengejutkan rela membayar 85 juta euro untuk Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018. Transfer ini menjadikannya sebagai bek termahal sedunia saat itu.

Rupanya, nilai tersebut dibayar tuntas oleh Van Dijk, di mana dia berhasil membuktikan kualitasnya mampu bersaing sebagai salah satu bek terbaik saat ini.

Baca Juga

Van Dijk pun mempersembahkan gelar yang diidam-idamkan Liverpool sejak lama, yakni trofi Liga Inggris pada 2019-2020 dan gelar Liga Champions 2018-2019.

Sejak bergabung di Anfield, bek jangkung asal Belanda ini telah memainkan 205 pertandingan di seluruh kompetisi dengan mencetak 18 gol dan 11 assist.

Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona) - 135 juta euro

Enam bulan setelah kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain dengan rekor 222 juta euro, Barcelona merekrut Philippe Coutinho dari Liverpool dengan nilai 135 juta euro.

Itu adalah rekor penjualan termahal Liverpool dan sekaligus rekor pembelian termahal kedua Barcelona di bawah pembelian Ousmane Dembele senilai 140 juta euro.

Baca Juga

Dengan harga fantastis, performa Coutinho ternyata melempem. Satu setengah musim kemudian, dia dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Ini adalah langkah yang salah karena gelandang Brasil tersebut mencetak dua gol saat Munchen menang 8-2 atas Barcelona di semifinal Liga Champions 2019-2020.

Bursa TransferPhilippe CoutinhoLiga InggrisChristian PulisicTRIVIABerita Bursa Transfer

Berita Terkini