x

Man United vs Everton: Momen Memalukan Sir Alex Ferguson saat Kalah 0-3 di Old Trafford

Jumat, 6 Januari 2023 11:33 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Duel sengit Piala FA Liga Inggris bakal terjadi malam nanti, Jumat (06/01/23) dini hari WIB, dengan mempertemukan Man United vs Everton di Stadion Old Trafford.

INDOSPORT.COM – Duel sengit Piala FA Liga Inggris bakal terjadi malam nanti, Jumat (06/01/23) dini hari WIB, dengan mempertemukan Man United vs Everton di Stadion Old Trafford.

Jelang partai sengit tersebut, mari kenang kembali salah satu momen memilukan Sir Alex Ferguson saat harus melihat skuad The Red Devils kalah telak 0-3 dari The Toffees di markas sendiri.

Berstatus sebagai tuan rumah, Manchester United punya modal sangat positif kala menyambut Everton dalam putaran ketiga Piala FA Liga Inggris musim ini.

Pasalnya dari 10 pertandingan terakhir di Premier League, Manchester United baru sekali telan kekalahan.

Sementara sisanya, skuad arahan Erik ten Hag tersebut berhasil torehkan tujuh kemenangan dan hanya dua kali imbang.

Baca Juga

Catatan itu membuat Manchester United kini bertengger di urutan empat klasemen Liga Inggris dengan raihan 35 poin, berjarak 9 angka dari Arsenal sebagai pemuncak.

Berbanding terbalik dengan Manchester United, sang tamu yakni Everton justru berada dalam tren negatif lantaran belum pernah lagi menang dalam enam pertandingan terakhir Premier League.

Baca Juga

Total dari enam laga, Everton hanya bisa torehkan dua hasil imbang dan sisanya berakhir dengan kekalahan, termasuk kalah telak 1-4 dari Brighton di pekan sebelumnya.

Selain statistik pertandingan yang lebih unggul, secara rekor pertemuan juga Manchester United juga berada di atas Everton.

Terbukti dari 150 kali pertemuan, Manchester United berhasil meraih 71 kali kemenangan. Sementara Everton cuma bisa catatkan 43 kemenangan.

Meski kalah saing secara head to head, namun Everton sempat beberapa kali mempermalukan Manchester United, termasuk saat The Red Devils masih dilatih Alex Ferguson.

Baca Juga

1. Manchester United Dikalahkan Everton 0-3

Sir Alex Ferguson di laga Manchester United vs Southampton

Seperti diketahui, Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih ternama Liga Inggris dan sempat membawa Manchester United capai prestasi tertinggi di kompetisi Eropa.

Selama menukangi Manchester United, Sir Alex berhasil membawa Setan Merah menjuarai 13 gelar Premier League, 5 trofi FA Cup, dua kali memenangi Liga Champions, serta satu kali memenangkan European Super Cup, Intercontinental Cup serta FIFA Club World Cup.

Berbekal statistik impresif tersebut, tak heran jika nama Alex Ferguson masuk dalam salah satu daftar pelatih terbaik di dunia.

Menariknya, meski punya sederet prestasi gemilang namun Alex Ferguson pernah rasakan momen pahit dalam karier kepelatihannya, salah satunya adalah menelan kekalahan dari tim-tim papan tengah Liga Inggris.

Seperti yang terjadi pada musim 1992/93 silam, di mana Manchester United yang merupakan runner up Liga Inggris edisi sebelumnya serta berstatus juara European Super Cup 1991, dibuat tak berdaya saat menghadapi Everton.

Baca Juga

Padahal jika melihat dari rapor musim lalu, Everton bukanlah tim yang disegani lantaran hanya bisa finish di peringkat 12 klasemen.

Namun fakta diatas kertas tersebut berhasil dibungkam Everton yang saat itu dilatih Howard Kendall.

Baca Juga

Dalam kunjungan ke Old Trafford pada pekan kedua Liga Inggris 92/93, Everton yang bertumpu pada trio Robert Warzycha, Peter Beardsley dan Paul Rideout berhasil menumbangkan Manchester United yang diperkuat Peter Schmeichel, Steve Bruce, Ryan Giggs serta duet Brian McClair dan Mark Hughes.

Tanpa ampun, Everton menggilas Manchester United dengan skor telak 0-3 melalui gol Peter Beardsley menit 45’, Robert Warzycha (80’) serta Mo Johnston (90’).

Bagi Manchester United, itu merupakan kekalahan kandang terbesar yang pernah mereka rasakan saat bertemu Everton sepanjang sejarah dan masih bertahan sampai saat ini.

Baca Juga

2. Manchester United Juara

Selebrasi Manchester United saat menjuarai final Piala FA

Meski telan kekalahan dari Everton di pekan kedua, namun Manchester United mampu bangkit pada pekan-pekan berikutnya.

Terbukti, Manchester United berhasil torehkan 11 pertandingan tanpa terkalahkan, mulai dari pekan ketiga hingga pekan 13. Hasil yang membuat The Red Devils merangkak ke urutan 6 klasemen.

Baca Juga

Kemudian pada pekan 16 hingga 25, Manchester United mampu meraih 8 kemenangan dan menghantarkan mereka memuncaki klasemen Liga Inggris.

Puncaknya adalah laga pekan 33 hingga 42, dimana Setan Merah tak tersentuh kekalahan yang membuat mereka berhasil raih gelar juara Liga Inggris perdana di era Premier League.

Total dari 42 pertandingan, Manchester United mampu mengumpulkan 84 poin atau unggul 10 angka dari Aston Villa sebagai runner up.

Sementara itu, nasib Everton yang berhasil beri kekalahan telak kepada Manchester United di pekan awal Liga Inggris, harus puas finish di peringkat 13 dengan raihan 53 poin.

Manchester UnitedSir Alex FergusonEvertonPiala FALiga Inggris

Berita Terkini