x

5 Bintang yang Gagal Didapatkan Barcelona, dan Siapa yang Direkrut Sebagai Gantinya

Kamis, 12 Januari 2023 13:23 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Ekspresi Ronaldo pasca gagal mencetak gol ke gawang Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona selalu memiliki pemain bertabur bintang. Namun, tidak selamanya pemain berkualitas bisa mereka dapatkan.

Sebagaimana diketahui, La Masia adalah akademi sepak bola Barcelona yang sukses melahirkan talenta luar biasa. Tetapi, tidak semua pemainnya berasal dari La Masia.

Baca Juga

Banyak juga pemain top yang dimiliki Barcelona adalah pemain rekrutan dari klub lain. Untuk mendapatkannya, pihak klub harus berjuang ekstra.

Usaha saja belum cukup karena ada faktor sang pemain itu sendiri dalam keputusannya. Maka dari itu, tidak semua pemain kelas dunia berhasil didaratkan ke Camp Nou.

Gagal mendapatkan pemain incaran bukan berarti Barcelona menghentikan langkahnya. Mereka terus bergerak untuk mencari penggantinya.

Baca Juga

Untuk itu, berikut lima bintang yang gagal didapatkannya, serta siapa yang jadi penggantinya.

Cristiano Ronaldo

Barcelona memang tidak bertarung dengan Real Madrid untuk mendapatkan Cristiano Ronaldo ketika dia membuat rekor pindah ke Santiago Bernabeu.

Tetapi, Barcelona sempat menaruh perhatian kepada megabintang asal Portugal tersebut ketika dia memutuskan pindah dari Sporting Lisbon ke Manchester United pada Agustus 2003.

Baca Juga

Gagal mendatangkan Ronaldo membuat Blaugrana mendatangkan bintang Portugal lainnya, Deco, pada Juli 2004. Hal ini disebut langsung oleh Joan Laporta, presiden Barcelona.

"Dia berada di Sporting saat itu sebelum ke Manchester United dan kami sedang berbicara dengan agennya yang ingin menjual Deco kepada kami," kata Laporta.


1. Mesut Ozil

Mesut Ozil di Fenerbahce. Foto: REUTERS/Murad Sezer/File Photo.

Penampilan apik Mesut Ozil di Piala Dunia 2010 membuat banyak klub tertarik, termasuk Barcelona. Tetapi, dia memilih Real Madrid karena perilaku kontras dari pelatih kedua klub pada saat itu.

"Karena perilaku (Pep) Guardiola, saya tidak ingin pergi ke Barcelona. Terutama karena (Jose) Mourinho banyak bertarung di waktu yang bersamaan," tulis Ozil dalam autobiografinya.

Baca Juga

Gagal mendapatkan gelandang asal Jerman tersebut membuat Blaugrana harus merekrut Ibrahim Afellay pada Januari 2011.

Tetapi di Camp Nou, gelandang serang asal Belanda tersebut hanya bermain 35 kali saja sebelum hengkang pada lima tahun kemudian.

Gianluigi Buffon

Pada 2001, Gianluigi Buffon adalah kiper paling diminati di dunia. Ada banyak klub besar yang tertarik dengannya, tetapi dia memilih bergabung ke Juventus.

Saat itu, Barcelona juga masuk dalam daftar klub yang berminat dengan kiper legendaris Italia tersebut. Tetapi, ayahnya menyuruh untuk tetap berkarier di Italia saja.

Baca Juga

Usai mendapat penolakan dari kiper 44 tahun tersebut, Barcelona mengalihkan perhatiannya kepada Pepe Reina. 

Tetapi karena usia Reina yang saat itu masih terlalu muda, dia tidak bisa menjaid kiper nomor satu klub. Barcelona pun merekrut Roberto Bonano sebagai pilihan utamanya.


2. Zinedine Zidane

Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, berduel dengan Zinedine Zidane dalam pertandingan LaLiga Spanyol kontra Real Madrid, 16 Maret 2002.

Di saat Barcelona membutuhkan sosok gelandang kreatif, mereka menaruh perhatiannya terhadap Zinedine Zidane pada 1996.

Hal ini juga merupakan saran dari Johan Cruyff, pemain legendaris sekaligus pelatih Barcelona pada saat itu.

Baca Juga

Namun, Zidane malah terbang ke Italia untuk bergabung bersama Juventus. Sebagai gantinya, Blaugrana merekrut Luis Enrique dari Real Madrid.

David Beckham

Menurut The New York Times, Manchester United dikabarkan sudah menyetujui sejumlah biaya untuk menjual David Beckham ke Barcelona pada 2003.

Tetapi, satu-satunya masalah yang terjadi adalah ketidak inginan Beckham untuk menjadi pion politik dalam pemilihan presiden klub Joan Laporta.

Baca Juga

"Itu antara Beckham, Ronaldinho atau (Thierry) Henry. United memberi tahu bahwa mereka akan menjualnya jika kami memenangkan pemilihan (presiden)," ujar Laporta.

"Kami tidak berhasil melakukan itu. Kami muak menunggu jawaban. Jadi, kami malah merekrut Ronaldinho."

Cristiano RonaldoLaLiga SpanyolLiga SpanyolTRIVIABerita Liga Spanyol

Berita Terkini