x

5 Bintang Asal Portugal yang Pernah Direkrut Chelsea, Siapa Paling Sukses?

Jumat, 13 Januari 2023 20:13 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Joao Felix di laga Liga Inggris Fulham vs Chelsea (13/01/23). (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Chelsea baru saja mendatangkan Joao Felix dari Atletico Madrid. Otomatis, Felix menjadi bintang asal Portugal kesekian yang pernah direkrut Chelsea.

Di bursa transfer Januari 2023 ini, Chelsea membuat langkah mengejutkan dengan mendaratkan Felix meski hanya berstatus pemain pinjaman selama enam bulan.

Baca Juga

Namun, penyerang 23 tahun tersebut bisa jadi pemecah kebuntuan di kala Chelsea yang sangat butuh kembali ke jalur kemenangan.

Dengan bergabungnya Joao Felix, dia menjadi pemain Portugal kesekian yang berhasil direkrut Chelsea.

Sebelum Felix, ada lima bintang Portugal lainnya yang lebih dulu direkrut Chelsea. Berikut daftarnya.

Baca Juga

Ricardo Quaresma

Meski waktunya di Stamford Bridge tidak berjalan sukses, Ricardo Quaresma bisa dibilang adalah salah satu pemain asal Portugal paling menonjol yang bermain untuk Chelsea.

Baca Juga

Quaresma bergabung ke Chelsea pada Februari 2009 sebagai pemain pinjaman dari Inter Milan. Dia pun hanya dikontrak selama enam bulan saja.

Dalam waktu singkat tersebut, Quaresma gagal memenuhi potensinya. Total, dia hanya membuat lima penampilan dan memberikan sebuah assist.


1. Ricardo Carvalho

Bek legendaris Chelsea, John Terry dan Ricardo Carvalho.

Ricardo Carvalho dianggap sebagai salah satu bek terbaik Chelsea di era modern, di mana dia didatangkan dari FC Porto pada Juli 2004.

Ketertarikannya dengan Carvalho bermula setelah dia menjuarai Liga Champions 2003-2004 bersama Porto, di mana saat itu pelatihnya adalah Jose Mourinho, pelatih ikonik asal Portugal.

Baca Juga

Kesuksesan ini pun berlanjut di Chelsea. Meski tidak menjuarai Liga Champions, tetapi setidaknya dia meraih tiga gelar Liga Inggris, tiga gelar Piala FA, dua gelar Carabao Cup, dan satu gelar Community Shield.

Dengan catatan 210 penampilan dan mencetak 11 gol selama empat tahun menetap bersama The Blues, Carvalho melanjutkan petualangannya ke Real Madrid pada Agustus 2010.

Jose Bosingwa

Sama seperti Carvalho, Jose Bosingwa juga menghabiskan empat musim di Chelsea, yakni sejak direkrut dari FC Porto pada Juli 2008.

Bek kanan asal Portugal ini dikenal dengan kecepatannya, kekuatan, dan kemampuan menyerangnya sehingga menjadi andalan The Blues.

Baca Juga

Jumlah trofi Bosingwa di Chelsea memang tidak sebanyak Carvalho. Tetapi, setidaknya Bosingwa mampu meraih gelar Liga Champions di musim 2011-2012.

Itu adalah gelar terakhirnya di Chelsea karena di musim berikutnya, tepatnya pada Agustus 2012, Bosingwa dilepas ke Queens Park Rangers secara gratis.


2. Raul Meireles

Ashley Cole, Billy McCulloch, John Terry, Jose Bosingwa, Raul Meireles, Salomon Kalou, Frank Lampard, John Mikel Obi parade kemenangan Chelsea setelah memenangi Liga Champions.

Tidak seperti bintang Portugal lainnya, Raul Meireles direkrut Chelsea dari Liverpool pada Agustus 2011.

Meski hanya bermain selama semusim, Meireles berhasil meraih satu trofi Liga Champions dan satu trofi Piala FA.

Baca Juga

Sang gelandang agresif ini pun dilepas ke Fenerbahce, klub asal Turki, setelah mencatatkan enam gol dan enam assist dalam 48 penampilannya bersama The Blues.

Deco 

Mendapatkan Carvalho dan Bosingwa rupanya tidak membuat Chelsea merasa puas. Pihak klub kemudian merekrut Deco untuk reuni dengan kedua rekannya tersebut pada Juli 2008.

Baca Juga

Pemain legendaris Portugal ini dianggap sebagai salah satu gelandang paling berbakat secara teknis di generasinya. Hal ini juga dibuktikannya selama waktunya di Porto dan Barcelona.

Meski hanya bertahan selama dua musim di Chelsea, Deco telah meraih sebuah gelar Liga Inggris dan dua Piala FA.

ChelseaLiga Primer InggrisJoao FilipeLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini